3/12/2021

Kuliner Segar: Es Pisang Hijau Asli Makasar

Apero Fublic.- Banyuasin. Berbicara tentang minuman segar atau es, tentu tidak asing lagi bagi kita semua. Bermacam-macam jenis minuman segar es. Berikut ini, ada jenis minuman segar yang lezat, yaitu es pisang hijau, berikut infonya.

Bapak Abdul Hafis adalah seorang pendatang di Sumatera Selatan. Pada tahun 1974 dia pergi merantau ke Sumatera Selatan dari Sulawesi Selatan. Dia berjuang hidup dan menetap menjadi warga Provinsi Sumatera Selatan. Beberapa tahun lalu dia pulang kampung, di Sulawesi. Saat pulang kampung dia belajar meracik es pisang hijau asli Makasar. Setelah kembali dari Sulawesi dia membuka usaha Es Pisang Hijau.

Es pisang hijau, terdiri dari es dan pisang. Pisang yang dijadikan es adalah jenis pisang lilin atau pisang raja. Proses pembuatan, pisang lilin yang sudah masak kemudian direbus cukup lunak, jangan sampai menjadi lembek. Kemudian dibaluti dengan adonan tepung yang dimasak melebar dengan bumbu warna hijau. Lalu adonan tepung yang sudah dimasak dialutkan pada pisang lilin yang sudah direbus.

Saat penyajian, satu porsi satu pisang yang dipotong-potong. Lalu dicampurkan batu es, susu encer dan sirup manis. Kemudian diaduk sampai rata, es pisang hijau pun siap. Rasa es ini cukup menggoda selera lidah. Apalagi dibulan puasa, sangat cocok untuk menu buka puasa.

Menurut Bapak Abdul Hafis sebelum datang virus covid-19 dia memiliki usaha penjualan es pisang lilin dua gerobak. Tapi sejak datang covid-19 dia hanya dapat menjual satu gerobak saja. Saat bulan Ramadham omset penjualannya naik sepuluh kali lipat. Namun semua itu seperti tinggal kenangan saja ungkapnya, sejak dilanda pandemi virus covid-19 ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi segarnya es pisang hijau, dapat menjumpai di sisi jalan lintas Palembang-Jambi, di Kelurahan Sumbawa, Kecamatan Sumabawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Tepatnya di depan Sekolah Pendidikan Pertanian (SPP) di Sumbawa.

Oleh. Asdi Merka, S.Hum.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra
Banyuasin, 12 Maret 2021.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment