3/12/2021

Mengenal Ulam: Kuliner Tradisional Indonesia

Apero Fublic.- Indonesia yang kaya dengan kebudayaan memiliki bermacam-mmacam jenis kuliner tradisional. Salah satunya, kuliner tradisional yang terkenal dan disukai oleh seluruh orang indonesia adalah ulam. Ulam adalah makanan pelengkap saat memakan nasi yang dipadukan saat mengunya.

Ulam terdiri dari ulam mentah dan ulam masak. Sesungguhnya berbagai macam tumbuhan yang dijadikan ulam oleh masyarakat Indonesia. Tapi yang umum diketahui oleh masyarakat sebagai berikut.

1.Petai

Petai jenis ulam yang memiliki rasa pedas dan angit. Memiliki nama latin parkia speciosa. Dijadikan ulam makan adalah biji buahnya. Rasanya angit tajam dan meninggalkan bau di mulut. Petai, dapat juga dijadikan lalapan masak, dengan cara direbus atau digoreng berserta kulitnya. Apabila Anda ingin memakan petai dan ingin mengurangi rasa angit. Dapat mengkonsumsi petai bersamaan biji dan kulitnya bersamaan.

2.Jereng Atau Jengkol

Jengkol atau jering juga jenis ulam mentah. Jengkol memiliki nama latin archidendron pauciflorum. Jengkol atau jering yang dijadikan lalapan adalah daging buahnya. Jering memiliki rasa angit tajam yang juga meninggalkan bau di mulut saat mengkonsumsinya.

3.Kabau

Kabau masih dalam keluarga jengkol dan petai. Memiliki rasa angit yang sangat menusuk. Kabau memiliki nama latin archidendron microcarpum. Dijadikan ulam mentah dan dikonsumsi setelah bijih buah kabau masak di pohonnya. Kulit biji kabau berubah menjadi hitam. Maka saat itulah, kabau dijadikan lalapan makan nasi.

4.Adas

Adas adalah jenis sayuran yang tumbuh subur di kawasan tropis seperti di Indonesia. Sayuran ini tergolong jenis sayuran liar tapi ada juga masyarakat yang menanam atau membudidayakan adas. Adas dapat berkecambah seperti tumbuhan liar pada tempat dimana pernah tumbuh dan berbuah. Menjadikan pucuk daun adas ulam, cukup dipetik bagian pucuknya. Kemudian dicuci bersih dan siap dijadikan ulam makan nasi.

5.Ara

Pohon buah ara juga dapat dijadikan ulam mentah. Pohon ara memiliki nama latin, Ficus. Tapi tidak semua buah pohon ara yang dapat dijadikan ulam. Karena pohon ara memiliki banyak jenis-jenisnya. Biasanya perbedaan buah ara hanya pada warna buah saja. Jenis warna buah arah, merah, hijau, kuning, perpaduan dari warna-warna tersebut.

Namun, yang beredar di tengah masyarakat untuk membedakan buah ara yang tidak beracun. Dilihat dari getah buah, buah yang tidak beracun getah buah berwarna putih. Namun hal ini, belum dilakukan penelitian secara ilmiah.

 

6.Bekum

Bekum jenis adalah tumbuhan liar, masih keluarga pohon ara. Tapi bekum memiliki tekstur kulit yang lebih lembut dan rapu dari buah ara. Bauh bekum lebih besar dari buah arah, dengan rasa tawar dan pahit. Sehingga sangat enak dijadikan ulam. Bekum biasanya hanya dijadikan ulam mentah oleh masyarakat. Buah dan daun pohon bekum sering dijadikan umpan untuk menangkap keong di sungai oleh masyarakat.

7.Kacang Panjang
Kacang panjang memiliki nama latin vigna cylindrica, yang sering dijadikan ulam mentah oleh masyarakat saat makan nasi. Kacang termasuk jenis sayuran yang sudah lama tersebar di tengah masyarakat Indonesia. Berbagai macam jenis-jenis kacang yang dapat dijadikan ulam.


Kacang Panjang dijadikan ulam masak juga tidak kalah enaknya. Setelah direbus kacang panjang memiliki rasa manis berair. Sehingga menimbulkan rasa guri di lidah saat makan berulam. Siapkan sambal pedas lalu dicolek dan dikunya.

8.Kacang Botor

Kacang botor adalah jenis kacang-kacangan yang dapat disayur atau dijadikan ulam makan nasi. Kacang botor memiliki nama latin psophocarpus tetragnolobus. Kacang botor muda yang renya dan memiliki rasa manis tawar dijadikan ulam makan nasi.

9.Putat

Daun putat yang memiliki banyak manfaat adalah salah satu ulam tradisional. Tumbuhan yang hidup diperairan, seperti di sisi sungai dan rawa-rawa, benca dan bencani. Pucuk daun putat cukup dipetik dan dicuci bersih lalu siap dihidangkan.

10.Pucuk Daun Jambu Mete

Jambu mete memiliki nama latin anacardium occidentale daun mudanya atau pucuk daun dapat dijadikan ulam makan nasi. Daun yang memiliki rasa kelat dan sedikit rasa asam. Enak dijadikan ulam makan nasi.

11.Timun

Timun adalah tanaman sayur yang berbentuk buah. Memiliki rasa tawar dan sedikit manis, memiliki nama latin cucumis sativus. Sudah sangat dikenal kalau timun adalah ulam makan yang populer di tengah masyarakat Indonesia.

12.Kubis

Kubis dengan nama latin brassica oleracea juga dijadikan lalapan mentah dan lalapan masak. Lalapan mentah dengan cara diris atau dikupas dari bulatan daun kubis. Kemudian dicuci, kadang tidak dicuci lagi langsung disantap. Untuk ulan masak kubis direbus terlebih dahulu. Baru disantap bersamaan dengan nasi.

13.Jantung Pisang

Jantung buah pisang juga dapat dijadikan ulam. Caranya cukup dibelah-belah dan disajikan langsung. Tapi ulam mentah hanya sedikit bagian yang dapat dimakan. Biasanya jantung lebih sering dijadikan ulam masak. Dengan cara direbus dan langsung dihidangkan. Sangat cocok dengan colekan sambal pedas atau asam pedas.

14.Rebung

Rebung adalah tunas bambu yang masih muda. Rebung dengan nama latin dendrocalamus asper dapat dijadikan ulam masak. Rebung di kupas lalu diiris dan direbus dengan diberi sedikit gula pasir. Setelah masak rebung dapat disajikan sebagai ulam makan nasi.

15.Umbut Rotan

Nama latin tumbuhan jenis rotan adalah calamus axillaris. Rotan termasuk golongan tumbuhan merambat, yang juga beragam jenis-jenisnya. Jenis batang rotan kecil, besar dan sedang. Ada jenis rotan yang tumbuh di rawa-rawa dan tebing-tebing sungai. Masyarakat menamakannya rotan getah, rotan udang dan ada beberapa jenis lagi. Pada bagian pucuk rotan dapat diambil bagian muda pucuk. Untuk mengambil pucuk rotan dengan cara membersihkan kulit dan durinya.

16.Pucuk Daun Ubi Kayu (Singkong)

Pucuk daun ubi kayu adalah jenis ulam makan tradisional. Penduduk memetik pucuk-pucuk muda ubi kayu kemudian direbus. Tumbuhan yang memiliki nama latin Manihot esculenta itu. Memiliki rasa khas yang enak dijadikan ulam masak. Di warung-warung makan pucuk ubi kayu yang direbus dijadikan ulam makan.

17.Bunga dan Pucuk Kunyit

Kunyit memiliki nama latin

18. Labu

Tanaman jenis labu memiliki nama latin cucurbita. Yang memiliki banyak jenis dan bentuk. Cucurbita nama latin untuk semua tanaman jenis labu-labu. Seperti labu parang, labu ligug, kisik, piye, semangka yang masih muda, tule, labu sayur dan sejenisnya. Dapat dijadikan ulam masak, dengan cara direbus atau dikukus.

19.Terung

Terung memiliki nama latin solanum melongena. Hampir semua jenis terung dapat dijadikan ulam makan nasi. Baik itu ulam mentah atau ulam masak. Ulam masak biasanya penduduk memasak dengan cara direbus atau dikukus. Ulam terung rebus sangat cocok dengan sambal cabai pedas. Terung memiliki banyak jenis, seperti terung bentuk bundar, bundar besar, panjang dan kecil. Warna kulit buah juga beberapa macam warna, salah satunya warna ungu.

20.Patanang

Patanang adalah nama sejenis pohon yang tumbuh di dataran renah terutama di sisi sungai-sungai. Buah dari pohon patanang ini berbentuk bulat dan menyerupai kelopak daun. Buah patanang akan jatuh dengan sendirinya kemudian tumbuh. Berbuah sekali dalam setahun dan buahnya mengapung di air. Kemudian hanyut dan tumbuh di suatu tempat.

21. Terung Pipit
Terung pipit adalah jenis terung yang ukurannya paling kecil dalam keluarga terung-terungan. Terung pipit jenis sayur, yang dapat dijadikan ulam mentah, ulam masak dan sayur. Dinamakan terung pipit karena bentuknya kecil-kecil. Diumpamakan burung pipit yang kecil diantara jenis-jenis burung. Sebagaimana terung pipit terung terkecil diantara jenis buah terung lainnya.

*****

Ulam masak sangat cocok apabila disajikan dengan sambal. Biasnya ulam dicolekkan ke sambal dengan rasa pedas atau asam. Untuk ulam menta sangat baik untuk kesehatan dan mendapatkan vitamin. Karena ulam mentah kandungan mineralnya belum terkikis sebagaimana makanan yang masak. Ulam mentah sebaiknya dicuci dengan baik dan sampai bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri.

Mengkonsumsi ulam mentah juga jangan terlalu banyak, secukupnya saja. Sebab, ulam mentah apabila terlalu banyak akan menyebabkan nafas bau. Karena ulam mentah akan memusuk didalamperut kita terlebih dahulu. Terutama jenis lalapan daun mentah akan terasa sekali dampaknya pada nafas kita. Sesungguhnya, hampir semua jenis sayuran dapat dijadikan ulam.

Oleh. Tim Apero Fublic
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Sumber foto. Dari berbagai sumber.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment