Nasihat dan Motivasi


Motivasi adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan nasihat adalah ajaran atau pelajaran yang baik, seperti anjuran, petunjuk, peringatan, teguran yang bersifat baik. Motivasi dan Nasihat adalah dua hal yang memiliki kesamaan namun beda penerapan.

Kalu motivasi adalah dorongan untuk semangat hidup. Sedangkan nasihat adalah anjuran agar selalu berbuat baik dalam hal apapun. Nasihat dan motivasi  keluar dari orang-orang yang berbudi baik dan memiliki sedikit kelebihan dalam kehidupan, sehingga ia dapat memberikan pelajarannya, pengalamannya dan sebagainya. Nasihat hidup ini adalah hadia yang istimewa dari orang-orang hebat kepada kita.

Mereka telah menyelam dalam kehidupan di dunia ini, lalu mereka menuangkan pemahaman dan pengalaman hidup mereka untuk kita. Mereka adalah orang-orang baik yang ingin semua orang menjadi baik. Mereka orang hebat dan ingin kita yang membaca apa kata mereka, lalu kita menjadi lebih hebat dari mereka.

Nasihat Islamis

Hawa nafsu adalah medan perang pertama kita. Kalau kita menang perang, maka medang perang berikutnya akan lebih mudah.
Hasan Al-Banna.

Suatu musibah yang membuatmu, mendekat pada Allah SWT lebih baik, daripada suatu nikmat yang membuatmu menjauh dan lupa pada Allah.
Ibnu Taimiyah.

Jangan menganggap diamnya seseorang sebagai sikap sombong, bisa jadi dia sedang bertengkar dengan dirinya sendiri.
Ali bib Abi Thalib.

Istiqomah adalah meniti jalan yang lurus, yaitu agama (Islam) yang lurus, Tidak bengkok ke kanan dan ke kiri. Serta mencakup  pelaksanaan semua ketaatan, baik yang zhahir maupun batin, dan menghindari semua larangan-larangan-Nya (Allah SWT).
Ibnu Rajab rahimahullah dalam kitab Jami'ul 'Ulum wa Hikma.


Tim Apero Fublic.
Editor. Selita. S. Pd.
Palembang, 18 April 2020.
Catatan: Untuk semua sahabat Apero Fublic. Di tunggu partisivasinya dalam mendokumentasikan kata-kata nasihatnya. Sebagi jalan untuk memberikan semangat hidup atau semangat perjuangan manusia-manusia yang berjuang. Dengan mengirim nasihat dan motivasi Anda telah menjadi seorang yang berarti. Berarti bagi seseorang dan berarti dalam pandangan kemanusiaan. Kirim kata motivasi dan nasihat Anda melalui email redaksi. www.fublicapero@gmail.com. Jangan lupa sertai sumber dan nama orang yang anda kutif.

Sy. Apero Fublic