1/19/2022

Menghindari Berita Hoax

APERO FUBLIC.- Informasi merupakan suatu kumpulan data atau fakta yang telah diolah menjadi sesuatu yang  bermanfaat bagi penerima informasi. Saat ini sudah banyak media-media yang dapat dimanfaatkan dalam menelusuri infomasi. Semakin banyaknya media yang digunakan dan infromasi yang diberikan, maka kita sebagai masyarakat umum harus lebih berhati-hati dalam mencerna informasi.

Informasi yang telah didapatkan harus dicari kebenarannya terlebih dahulu untuk menghindari kepercayaan terhadap berita hoax. Seperti yang diketahui saat ini sudah banyak berita-berita hoax yang beredaran di media social. Sebagai contoh berita mengenai film Upin&Ipin yang beredar di media social Tiktok, banyak yang berspekulasi bahwa cerita Upin&Ipin diambil dari cerita seorang nenek yang kehilangan anak, menantu, serta kedua cucunya saat kecelakaan tragis pada tahu 1995.

Setelah diklarifikasi oleh pihak label Les’ Copaque yang menayangkan serial animasi Upin&Ipin  menyatakan bahwasanya cerita Upin&Ipin merupakan karya imajinasi seseorang dan tidak ada hubungan dengan kisah nyata. Dari sini dapat kita ketahui bahwasanya banyak sekali berita-berita yang muncul tanpa ada pertanggung jawaban apakah berita itu hoax atau tidak.

Dengan demikian, kita sebagai masyarakat yang hidup di era keterbukaan informasi, sebaiknya menyaring terlebih dahulu setiap informasi yang kita terima agar informasi yang kita dapatkan berupa fakta (benar) dan dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh. Muhammad Arief Nur Hayyat.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Rama Saputra.
Palembang, 19 Januari 2022.
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment