Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

9/25/2021

Penyanyi Belia Muba: Anjeli Bertarung Di 48 Besar KDI 2021.

APERO FUBLIC.- JAKARTA. Anjeli Aprilia binti Naziril (15) putri asli Kecamatan Plakat Tinggi, Musi Banyuasin sejak Jum'at, 24 September 2021 telah menjalani proses karantina di salah satu hotel di Jakarta Selatan dalam rangka seleksi 48 besar audisi nasional Penyanyi KDI 2021.

Putri bungsu dari lima bersaudara ini mengatakan, "Alhamdulillah, sebelumnya saya terpilih untuk masuk dalam 60 besar nasional, lalu lolos seleksi 48 besar dan bila tidak ada perubahan jadwal pada Rabu (29/09/2021) akan dilaksanakan penjurian oleh juri artis. Mohon do'anya seluruh masyarakat Muba agar saya bisa lolos ke panggung besar dengan membawa nama Kabupaten Musi Banyuasin tercinta ini."

Peraih juara 2 FLS2N tahun 2019 ini menambahkan bahwa masih ada dua tahap penjurian lagi untuk bisa tampil di pangggung TV yaitu penjurian artis dan penjurian ke panggung besar. Ketika ditanya apa yang akan ia lakukan bila seandainya belum berhasil lolos ke panggung televisi nasional. Dengan seukir senyum tipis, dara manis yag baru masuk SMA ini mengatakan, "Manusiawi bila kecewa, tapi dengan usia Anjeli yang masih 15 tahun, Anjeli berharap akan datang lagi kesempatan dan peluang emas untuk KDI maupun LIDA pada tahun mendatang. Apapun hasilnya, setiap kesempatan adalah pengalaman yang harus Anjeli syukuri. Sekali lagi mohon do'a dan dukungannya."

Sementara itu, terkait salah satu warganya yang berprestasi, Bapak Camat Plakat Tinggi Yugo Valentino, S.STP. M.Si, di tempat terpisah mengatakan bahwa dirinya dan khususnya masyarakat Kecamatan Plakat Tinggi merasa senang dan bangga dengan adanya potensi putri daerah yang bersaing di kancah nasional seperti Anjeli ini. "Saya, secara pribadi dan atas nama pemerintah Kecamatan Plakat Tinggi mengucapkan selamat berjuang untuk ananda Anjeli, tetap optimis dan semoga bisa menjadi kebanggaan daerah terkhususnya Kecamatan Plakat Tinggi," tutupnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 26 September 2021.


Sy. Apero Fublic

9/22/2021

Apresiasi Atlet Berprestasi, Direktur PT. Muba Link Gelar Coffe Morning.

APERO FUBLIC.- MUBA-SEKAYU. Pada  22 September 2021, Direktur PT. Muba Link MH. Yasser Arafat, SST. Par., MM menggelar Coffe Morning bersama Jajaran Dispopar Muba dalam hal ini dihadiri oleh Kepala Dispopar Kab. Muba melalui Sekretaris Dispopar, Kabid Olahraga beserta jajarannya dan juga para atlet yang telah berprestasi dalam ajang Motoprix pekan lalu serta atlet Muba yang akan berlaga dalam ajang PON XX Papua 2021.

Disampaikan oleh MH. Yasser, putra asli Desa Dawas, Keluang tersebut, bahwasanya pada prinsipnya PT. Muba link selalu siap berkontribusi dalam segala bentuk tujuan untuk memajukan pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin termasuk juga dalam bidang pemuda, olahraga dan pariwisata.

"Kami ucapkan selamat kepada Dispopar Muba dan juga kepada para atlet binaannya atas raihan prestasi-prestasi mereka utamanya dalam bidang olahraga, juga selamat bertanding kami ucapkan bagi atlet yang akan berlaga pada PON XX Papua 2021 Oktober mendatang, bawalah kembali keharuman nama Kabupaten Musi Banyuasin dalam kancah nasional, " tutupnya.

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 25 September 2021.

Sy. Apero Fublic

9/20/2021

Tim API Apresiasi Kesiapan Muba Jadi Tuan Rumah API Award 2021

APERO FUBLIC.- MUBA-SEKAYU. Ditunjuknya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi tuan rumah acara puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 pada Nopember mendatang, Tim API dikomandoi CEO Ayo Jalan-jalan Indonesia, Muhammad Syafa'at bersama anggota tim lainnya mendatangi langsung Kabupaten Muba.

"Kami datang dari Jakarta sejak kemarin dan sudah keliling langsung Kota Sekayu, melihat langsung objek wisata dan keunggulan yang ada di Muba, sungguh luar biasa. Selaku penyelenggara ajang API kami sangat mengapresiasi kesiapan Kabupaten Muba untuk menyelenggarakan malam puncak Anugerah Pesona Indonesia Ke-6 tahun 2021,"ucap CEO Ayo Jalan-jalan Indonesia, Muhammad Syafa'at saat beraudiensi langsung dengan Bupati Muba, Senin (20/9/2021).

Lanjutnya, penyelenggaraan API sejak tahun 2016 telah banyak memberikan dampak positif terhadap pengembangan pariwisata di Indonesia. Dengan keterlibatan Kabupaten Muba secara langsung dalam penyelenggaraan API 2021 menunjukkan pula bahwa Bupati Muba beserta jajarannya memberi perhatian khusus terhadap pentingnya pengembangan sektor pariwisata dan perekonomian daerah.

"Kami berharap melalui moment penyelenggaraan API 2021 nantinya dapat meningkatkan, juga mengangkat seluruh potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Musi Banyuasin," ucap Syafa'at.

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengatakan, bukan tanpa alasan Kabupaten Muba siap untuk ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan API Award 2021. 

"Kita maunya orang mengenal Kabupaten Muba jangan hanya dari sisi potensi hard nya saja seperti SDA yang melimpah Minyak, Bumi dan Gas tapi Kabupaten Muba juga punya potesi dari sisi soft nya seperti wisata alam, kuliner ikan khas Sungai Musi,otomotif dan wisata olahraga, serta potensi wisata lainnya juga ,"ucap Dodi.

Selain itu juga Kabupaten Muba punya inovasi Aspal Karet yang bisa menaikkan harga komoditas karet, yang selama ini harga nya terpuruk. Kemudian potensi dari sisi fashion punya Gambo Muba yang berasal dari limbah gambir, yang berhasil meningkatkan ekonomi kreatif warga. Hal-hal demikian lah diharapkan Kabupaten Muba lebih dikenal.

"Oleh karena itu kita mempersiapkan ini tidak main-main, bukan hanya tugas Dispopar saja tapi semua dinas instansi ikut allout, jadi silahkan saja di survey lebih lanjut dan dikoordinasikan apa saja yang dibutuhkan, intinya kita siap untuk jadi tuan rumah API Award 2021 ini,"pungkasnya.

Kepala Dispopar Kabupaten Muba, Muhammad Fariz SSTP MM mengatakan penyelenggaraan event ini juga bertujuan mendorong peran berbagai pihak. Khususnya, dalam mempromosikan pariwisata daerah masing-masing.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memajukan pariwisata daerah, tidak harus wisata alam, seperti halnya di Musi Banyuasin yang sangat dikenal dengan kelengkapan fasilitas olahraga dan wisata alam yang sarat dengan spot kegiatan olahraga.

Jadi, olahraga dan pariwisata bisa dipadukan, konsep seperti ini sangat bagus dan tentu tidak hanya mencuri perhatian wisatawan lokal tapi juga mancanegara," ungkapnya. (HS)

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 20 September 2021.


Sy. Apero Fublic

9/19/2021

MUSI BANYUASIN: Sukses Gelar Event Kejurnas Motoprix Piala Presiden 2021

Jadi Event Percontohan Pascapandemik.
Ribuan Penonton Antusias Saksikan Live Streaming Motoprix di Sirkuit Internasional Skyland.

APERO FUBLIC.- MUBA-SEKAYU. Sirkuit Internasional Skyland Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berhasil mencatat sejarah dan menjadi saksi yang telah andil berhasil menyukseskan event balap motor bergengsi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021 yang digelar 18-19 September 2021.

Event besutan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dan Wakil Bupati Beni Hernedi SIP melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata tersebut menjadi event percontohan  perdana di Indonesia yang berhasil digelar pasca pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah event Kejurnas Motoprix 2021 Piala Presiden RI di Sirkuit Internasional Skyland Kabupaten Muba berhasil digelar, dan event ini akan menjadi barometer event nasional yang sukses digelar di tengah pandemi COVID-19," ungkap Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang dalam kesempatan tersebut diwakili Wakil Bupati Beni Hernedi SIP saat secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix Piala Presiden 2021 di Sirkuit Internasional Skyland, Minggu (19/9/2021).

Beni menyebutkan, menyukseskan event Kejurnas Motoprix Piala Presiden bukan perkara mudah, terlebih saat ini meski pandemi COVID-19 terus melandai namun pada pelaksanaan protokol kesehatan harus benar-benar terlaksana dengan baik.

"Berkat kerja keras seluruh panitia yakni Dispopar Muba bersama INI Sumsel tentu event ini berjalan dengan baik dan sukses, ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Muba yang dipercaya bertindak sebagai tuan rumah," ujar Ketua PMI Muba tersebut.

Dikatakan, meski digelar tanpa penonton namun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Muba dapat memfasilitasi antusias penonton yang bisa menyaksikan event bergengsi tersebut secara live streaming di youtube.

"Lewat siaran streaming di youtube tersebut, tidak hanya penonton dari Muba saja, namun ribuan pecinta event balap motor dari seluruh Indonesia dapat menikmati event Motoprix Piala Presiden 2021 di Sirkuit Internasional Sekayu dapat menyaksikannya dengan antusias," tuturnya.

Beni berharap, pasca event Motoprix Piala Presiden RI 2021 itu dapat kembali menggelorakan event olahraga di Muba. "Sebagaimana kita ketahui, dengan semangat pak Bupati Dodi Reza Muba dapat kembali bangkit pasca pandemi menjadi destinasi wisata olahraga di Indonesia," harapnya.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumsel, Augie Bunyamin mengapresiasi fasilitas dan kesiapan Muba dalam menyukseskan event bergengsi Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021.

"Muba memang sangat luar biasa, tak hanya sekedar memiliki sarana prasarana berupa Sirkuit Berstandar Internasional, namun tantangan menyukseskan event ditengah pandemi pun berhasil dituntaskan dengan baik dan menjadi tuan rumah yang benar-benar sukses dan meriah," ucapnya.

Augie berkeyakinan, Muba akan menjadi barometer dan pilot project dengan telah berhasil menyukseskan event berskala nasional dengan memperebutkan Piala Presiden RI.

"Tentu apa yang sudah dilakukan Kabupaten Muba ini dapat menjadi rujukan daerah lain di Indonesia untuk dapat menyukseskan event besar saat pandemi dengan tidak mengenyampingkan Prokes COVID-19," ungkapnya.

Apresiasi terhadap suksesnya event Motoprix Piala Presiden RI 2021 di Sirkuit Internasional Skyland juga datang dari pembalap dari luar Provinsi Sumsel, salah satunya Pembalap dari Provinsi Lampung, Priyo Abadi dari Metro Lampung yang turun di klas 2 Tak 125 cc Underbone Open mengapresiasi kesiapan Muba dalam melaksanakan event level nasional ditengah pandemi.

"Semoga daerah-daerah lain di Indonesia dapat juga menggelar event dengan sukses seperti Kabupaten Muba. Event berjalan sukses dan meriah tentu dengan prokes COVID-19 yang ketat," tuturnya.

Senada dikatakan Ega Sipon, pembalap yang turun di klas 2 tak 155 cc Superpro ini menyebutkan, Muba tidak hanya punya fasilitas dan sarana prasarana olahraga yang hebat namun kesiapan lainnya untuk menyukseskan event besar semua dimiliki Kabupaten Muba.

"Event Motoprix Piala Presiden di Muba ini menunjukan kalau kita dibekali dengan kesiapan dan SDM yang mumpuni tentu meski situasi COVID-19 menjadi penghalang akan bisa dilewati dengan baik bahkan berjalan sukses," pungkasnya.

Kepala Dispopar Muba, Muhammad Fariz SSTP MM mengatakan, berjalannya event Motoprix Region A Putaran III Sumsel Piala Presiden 2021 dengan sukses tentu tidak terlepas dari support yang maksimal dari Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA beserta segenap Forkopimda dan seluruh masyarakat Muba.

"Semoga Muba dibawah kepemimpinan Bupati Dr Dodi Reza dan Wakil Bupati Beni Hernedi ke depan dapat terus menyukseskan event-event bergengsi baik level nasional maupun internasional," harapnya.

Diketahui, dalam ajang diikuti sebanyak 192 pembalap Region Sumatera dan ada tiga kelas yang dilombakan yaitu, kelas Kejurnas, Kelas Pendukung atau Supporting, dan Kelas Lokal Muba. Selain itu, akan ada lomba untuk kelas 4 TAK 150 CC tune up injeksiexpert, Bebek 4 TAK 150 cc tune up injeksi novice, Bebek 4 TAK 150 cc standar injeksi rookie.

Selanjutnya, kelas pendukung supporting diantaranya Bebek 4 TAK 150 cc tune up mix open (MP3), Bebek 4 TAK 125 cc tune up mix open (MP 6), Bebek 2 TAK 116 cc standard open, Bebek 2 TAK 125 cc Underbone open, Sport 144 cc open, sport s/d 155 cc super pro, matic 130 cc tune up open. Sedangkan, kelas lokal Musi Banyuasin Bebek 4 TAK 150 cc tune up mix (MP3), Bebek 4 TAK 125 cc tune up mix (MP 6).

Acara turut dihadiri Kajari Muba Marcos Marudut Mangapul Simaremare SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Hendra Halomoan SH MH,  Ketua Pengadilan Agama Sekayu Waluyo SAg MAg, Anggota DPRD Muba, Perwakilan Dandim 0401, Perwakilan Kapolres Muba, Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi, IMI Pusat, IMI Sumsel, IMI Muba, Ketua Koni Muba Agus Raflen, dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 20 September 2021.

Sy. Apero Fublic