7/13/2020

Mengenal Tanaman Cabai Panjang

Apero Fublic.- Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan rempa-rempa. Dunia mengenal Indonesia dan Asia Tenggara sebagai lumbung rempa-rempa. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi ramai oleh pendatang, termasuk para kolonialis Barat.

Bermaksud memonopoli perdagangan rempa-rempa dunia. Maka terbentuklah perusahaan dagang bersenjata, seperto VOC oleh Pengusaha Belanda, EIC Pengusaha Inggris dan lainnya.

Berbicara rampa-rampa tentu salah satunya adalah jenis cabai. Cabai terdiri beberapa jenis, cabai pendek, cabai sayur, dan cabai panjang. Cabai panjang sekarang sudah dibudidayakan dengan luas. Komoditas cabai sudah sangat mempengaruhi ekonomi bahkan politik. Cabai adalah kebutuhan pokok ke sepuluh.

Itu karena cabai salah satu tanaman pangan yang dikonsumsi masyarakat setiap hari. Kadang harga cabai sangat mahal mencapai ratusan ribu per kilogram. Tentu sangat aneh bukan, harga cabai dapat melebihi harga bahan makanan pokok seperti beras atau tepung.

Cabai panjang dikenal juga dengan cabai keriting. Cabai adalah tumbuhan anggota genus capsicum. Buah cabai digunakan sebagai bumbu untuk jenis cabai pedas kuat. Sedangkan jenis cabai besar dijadikan sayuran.

Cabai mengandung zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan kanker. Selain itu cabai juga mengandung vitamin C, vitamin A yang cukup tinggi. Dalam mengkonsumsi cabai jangan berlebih. Karena mengakibatkan nyeri lambung atau pedih dubur saat BAB. Cabai berkembang biak dengan biji. Biji untuk bibit diambil dari buah yang masak dan sehat.

Sekarang pertanian moderen cabai sudah sangat maju. Namun sayang petani di Indonesia belum mencapai tarap tersebut. Bahkan pestisida yang beredar di masyarakat di pertanyakan keasliannya. Penduduk Indonesia blum berpikir maju untuk bertani secara moderen. Mereka kebanyakan otodidak dalam bertani. Sehingga hasil pertanian belum cukup memadai.

Bertanam cabai sangat menjanjikan. Sebab cabai selalu laku di pasaran. Apabila Anda ingin bertani cabai, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu teknis pertanian moderen. Agar hasil yang dicapai menjadi maksiam. Sehingga Anda akan untung dan tidak merugi. Selamat mencoba.
Budidaya cabai panjang dengan teknologi PHP (Plastik Hitam Perak). Fungsi PHP untuk menanggulangi genangan air, mencega tumbuhnya rumput liar, menahan erosi tanah pangkuran, dan menjaga PH tanah. Menurut kementraian pertanian era Orede Baru apabila pertanian maksimal. Satu hektar perkebunan karet selama panen dapat menghasilkan mencapai 27 ton. Lama masa panen cabai enam sampai tujuh bulan.

Oleh. Alvin Are Tunang. S.Hum.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang. 14 Juli 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment