7/14/2020

Dian Pratama. Jurnalisme Adalah Pengawal Demokrasi

Apero Fublic.- Dunia jurnalistik memang penuh tantangan. Namun dunia jurnalistik juga yang mampu berjuang untuk sebuah perubahan. Seorang wartawan atau seorang jurnalis adalah aktivis masyarakat. Jurnalistik termasuk pembelah hak-hak orang lemah, pembelah orang-orang tertindas, sekaligus pengontrol kekuasaan dan pendukung demokrasi dunia.

Demokrasi tidak akan berjalan baik tanpa jurnalisme. Jurnalisme juga tidak berjalan jujur tanpa dukungan masyarakat. Masyarakat harus melindungi dunia jurnalisme dari intimidasi pihak ketiga. Masyarakat juga harus mengontrol jurnalisme agar berjalan pada relnya.

Saya juga berharap rekan-rekan tim Apero Fublic dalam peliputan dan produksi informasi atau tulisan juga memperhatikan kebaikan-kebaikan moral dan sebagai jurnalis sejati. Kita bukan hanya bekerja di dunia ini selesai saat tulisan atau informasi di terbitkan. Tapi kita harus ingat nanti ada pertanggung jawaban di hadapan Allah. Walau kita tidak berlimpa materi dan ketearan. Tapi kita memiliki integritas dan harga diri sebagai seorang jurnalis sejati.

Mari kita suarakan kebenaran, kita kawal demokrasi bangsa kita, kita perjuangkan suara-suara terpinggirkan. Kita berikan sajian yang mendidik pada masyarakat kita. Kelak buah kerja keras itu akan menjadi sebuah bongkahan mutiara yang bersinar terang. Kita angkat budaya kita, dan melakukan pembelaan terhadap agama kita, Islam. Bukan berarti oposisi terhadap pemerintah kita yang berdasarkan Pancasila.

Tapi kita berbuat demikian sebagai warga negara yang memiliki hak pada negara ini. Dimana hak-hak itu sama dengan hak warga negara lainnya, sebab ini diluar kontek urusan negara. Saya ucapkan selamat berjuang untuk jurnalis dan wartawan Apero Fublic. Perjuangan kalian adalah ibadah jihad diera modern. Maju terus Apero Fublic dan jayalah bangsa kita, Republik Indonesia. InsaaAllah.

Oleh. Dian Pratama. S.Kom
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang. 14 Juli 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment