1/27/2020

Sebuah Wacana. Menutup Aurat Dengan Baik Adalah HAM Milik Kaum Muslimah

Apero Fublic.- Sistem pemerintahan negara kita, berdasarkan Pancasila. Pancasila adalah landasan bernegara orang Indonesia, weltanschauung. Semua daya hidup di negara kita harus merujuk ke Pancasila. Apabila menyangkut sistem hidup secara umum. Sistem administrasi negara kita memisahkan  apa pun dari tata pemerintahan.

Seperti memisahkan urusan keagamaan, kepentingan kelompok, ras, dan suku bangsa. Untuk kekuasaan tertinggi negara adalah hukum. Sehingga negara kita sering juga disebut, negara hukum. Sehingga semua wujud masyarakat di Indonesia memiliki kedudukan yang sama.

Baik itu mayoritas atau non mayoritas. Negara kita termasuk dalam kelompok negara sekuler. Tapi bukan sekuler ekstrim seperti negara-negara barat. Sekuler itu negaranya, bukan manusianya. Kehidupan demokrasi kita berasas pancasilah atau permusyawaratan. Berbeda dengan demokrasi barat yang bersifat individu dan liar.

Kenapa disebut liar, karena masyarakat barat dapat berbuat apapun asal tidak merugikan orang lain secara kasat mata dan tidak melanggar hukum negara. Sebagai contoh misalnya mereka membiarkan pelacuran dengan bebas, menjual minuman keras secara bebas, produksi film forno, kawin sesama jenis, dan sebagainya. Di sisi lain bagi yang ingin hidup sesuai tuntunan agama mereka juga tidak masalah.


Di dalam praktik sosial masyarakat di negara kita, Indonesia. Masih banyak yang belum mengerti atau belum memahami makna Pancasila. Misalnya, ada kelompok cara pikirnya menjadikan manusia seperti benda mati. Atau menjadikan manusia seperti administrasi-administrasi. Demokrasi pancasila diartikan seperti demokrasi barat. Begitu pun dalam hal urusan agama, maka agama Islamlah yang paling tertindas.

Kelompok ini beralasan negara Indonesia bukan negara agama. Membuat aturan-aturan yang menjauhkan masyarakat mengikuti kewajibannya sebagai manusia beragama. Misalnya sekolah umum negeri, karena beralasan bukan negara agama, membuat aturan sekolah tidak mengajarkan keagamaan secara baik atau memadai di sekolah. Padahal negara demokrasi dimana manusia memiliki hak. Pembayar pajak terbesar pun adalah umat Islam.


Padahal pendidikan untuk seorang manusia di dalam ruang lingkup negaranya, hak mereka. Dia memiliki hak mendapat pendidikan agamanya, agama yang dia anut. Paham akibat kenegaraan manusia. Akhirnya, pendidikan agama hanya sedikit sekali diberikan pada anak-anak di bangku sekolah negeri.

Akibatnya, program pemerintah yang menjadi manusia layaknya benda mati, atau menegarakan manusia. Umat Islam mencari pendidikan sendiri. Masih untung lebih banyak yang belajar ke Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah. Kalau mayoritas belajar ke Afganistan, Libya, atau kenegara dimana memiliki paham keras lainnya???.

Kelalaian dari Orde Lama dan Orde Baru membuang pendidikan Islam. Telah melahirkan bibit-bibit Islam dengan paham yang lain. Umat Islam adalah umat aktif dan selalu mencari kebenaran agama, ilmu agama, penuh rasa khawatir akan kerusakan agama. Sehingga umat Islam akan terus mencari pengetahuan.

Dari itu, hendaklah pemerintah memberikan pendidikan agama Islam secara memadai di sekolah-sekolah negeri. Dalam pengajaran kekhalifaan, berikan pengertian. Dimana kesesuaian dengan politik zaman sekarang. Agar generasi Islam tidak kosong, serta dapat menjadi Muslim yang moderat.
******
Menjawab hal tentang hak muslimah dalam menutupi aurat. Di Indonesia atau di dunia. Masih banyak perusahaan-perusahaan yang tidak membolehkan karyawan muslimah memakai hijab. Hanya karena pemilik bukan orang Islam. Bealasan negara bukan negara Islam.

Membuat aturan dan larangan memakai hijab atau jenis menutup aurat lainnya. Padahal kaum muslimah memiliki hak untuk menutup aurat. Hak tersebut mutlak, karena urusan pribadi individu dalam beragama. Tidak ada hubungannya dengan sistem pemerintahan atau sistem organisasi.

Kalau pemerintah tidak memberikan hak beragama. Atau suatu badan hukum tidak memberikan hak mengikuti anjuran beragama pada muslimah. Maka pemerintah atau badan hukum telah melanggar konstitusi negara UUD 1945, serta menginjak-injak silah pertama dan silah kelima dalam pancasilah. Dimana ketuhan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tidak tersampaikan. Berikut cuplikan UUD 1945 tentang kebebasan menjalankan perintah agama.

"Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memeilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali." Pasal 28E ayat (1) Undang-Undang Dasar Tahun 1945 (UUD 45). Silah pertama di dalam Pancasila, "Ketuhanan yang maha Esa. Yang bermakna kehidupan orang Indonesia adalah kehidupan beragama. Kalau orang mengaku pancasilais, seharusnya mereka mengerti kalau agama adalah hal pertama di Indonesia sebelum melakukan hal-hal lain.

Di negara Indonesia yang mayoritas Muslim. Masih ada universitas yang melarang muslimah memakai cadar. Ketika orang-orang ini ditanyakan. Berapa Mazhab yang diakui di Indonesia?. Mereka akan menjawab ada empat yang utama. Diantara Mazhab tersebut, bercadar ada hukum yang mewajibkan.


Maka dari itu kaum muslimah di Indonesia atau di dunia ini. Memiliki hak untuk menutup aurat sesuai dengan tuntunan agama Islam. Memiliki hak untuk beragama dan mengikuti semua aturan didalam ajaran agama yang dia sanggupi dan dia inginkan.  Karena hak tersebut dijamin konstitusi 1945 dan Pancasila. Bagian HAM muslimah.

Misalnya guru PNS tidak memakai cadar. Tidak memakai gamis, dan tidak memakai hijab syar'ih. Karena adanya anggapan bukan negara Islam. Jangan sampai seperti negara komunis, menjadikan manusia elemen negara atau menegarakan manusia. Yang kembali ditekankan adalah, yang sekuler adalah sistem pemerintahan negara, bukan manusia atau rakyat dari negara tersebut.

Kaum muslimah di Indonesia dan di dunia ini haruslah menuntut hak mereka dalam beragama (menutup aurat). Hak menutup aurat di tempat pendidikan. Menutup aurat di ruang publik, atau di tempat umum. Hak menutupi aurat di tempat bekerja. Baik itu bekerja pada pemerintahan (ASN) atau pihak swasta, dan lainnya. HAM muslimah yang tidak dapat ditawar-tawar.

Selain itu, hak dilindungi. Misalnya dilindungi dari ujaran kebencian. Seperti sebutan radikal, sebutan kadrun (kadal gurun). Sebutan pengikut budaya Arab. Perlindungan dari kampanye kebencian, misalnya adanya gerakan "hari bebas tidak berhijab" propaganda-propaganda yang menyerang muslimah.

Seperti adanya cross hijaber dan sebagainya. Perlindungan intimidasi ditempat umum, untuk muslimah bercadar. Ada perlindungan hukum bagi muslimah yang dilecehkan. Misalnya cadar atau hijabnya dibuka paksa oleh keluarga atau orang tidak dikenal.

Kaum muslimah seharusnya membentuk wadah persatuan. Semacam organisasi untuk melindungi dan memperjuangkan hak menutup aurat muslimah di Indonesia dan di dunia ini. Baik itu di Indonesia atau di tingkat internasional (PBB).

Harus muslimah yang memperjuangkan hak menurut aurat. Karena kalau laki-laki muslim. Nanti disangka masyarakat non muslim di negara asing. Bahwa kaum muslimah dipaksa kaum laki-laki untuk memakai hijab. Kalau Muslimah sendiri yang berbicara dan memperjuangkan. Tidak ada bantahan lagi dari mereka-mereka.

Seperti di Perancis dimana simbol keagamaan dilarang. Maka kaum Muslimah tidak dapat berhijab apalagi bercadar di muka umum.  Dari semua itulah kaum Muslimah harus berjuang dan bersatu untuk kebaikan ibadah menutup aurat dan memperjuangkan HAM sebagai seorang muslimah.

Kalau baru-baru ini ada kasus penusukan Bapak Wiranto oleh oknum bercadar. Hal tersebut tidak ada hubungan dengan ibadah atau muslimah lainnya, tapi masuk kerangka kriminal. Pelaku kriminal dapat berupa, menyerupai apa saja. Berikut salah satu ayat Al-Quran yang memerintahkan muslimah berhijab atau menutup aurat.

"Hai Nabi, katakanlah pada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. Yang demikian supaya mereka lebih mudah dikenali, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah maha pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab. 59).

#Muslimah harus bersatu dan membentuk organisasi untuk memperjuangkan hak menutupi aurat di dunia ini, baik itu di negara sendiri atau di tingkat dunia, PBB. #Himpunan Muslim.

Oleh. Joni Apero.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 27 Januari 2020.

Jilbab: Sejenis baju kurung yang lapang dan dapat menutup kepala, wajah, dan dada.
Alquran Terjemahan: Ar-Rahman. Bandung: Fokusmedia-Yayasan Assalam International Indonesia. 2010. h. 426. N0:P.VI/1/TL.02.1/764/2010.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment