6/27/2019

Tabligh Akbar. Merajut Ukhuwa Membangun Negeri


Apero Fublic.- Tabligh Akbar adalah suatu acara keagamaan dalam Islam berskala besar, yang dihadiri oleh umat Islam dari berbagai kalangan. Tabligh akbar biasanya diisi acara bersama seperti pengajian, khutbah, zikir, ceramah, dan kegiatan dakwah lainnya.

Penyelenggaraan tabligh akbar dapat dilaksanakan di masjid-masjid, lapangan terbuka, atau gedung-gedung, yang mendukung serta tidak mengganggu ketertiban umum. Tabligh akbar menjadi ajang dakwah yang potensial, karena bersamaan dengan silatuhrahmi sesama umat Islam, dan mempererat ukhuwah islamiyah umat.

Dalam perkembangannya tabligh Akbar dibagi dua sekarang. Pertama tabligh akbar berskala lokal yang terbatas di sebuah masjid atau tempat. Kedua tabligh akbar yang berskala nasional yang menempati suatu masjid besar atau stadion dan melibatkan media, seperti media sosial atau media massa.


Tabligh akbar yang berskala lokal seperti yang diselenggarakan oleh Kelompok 7 KKN Mandiri, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Mengangkat tema, “Merajut Ukhuwah Membangun Negeri,” bersama Al-Ustadz, Kgs. H. Ahmad Nawawi Dencik, Alhafizh.

Beliau imam besar Masjid Agung Palembang, sekaligus pemimpin Yayasan STQI Al-Lathifiyyah. Tabligh Akbar bertempat di Masjid Al-Fattah, Perumnas Talang Kelapa, Blok 04, RT. 69, RW. 07, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Acara Tablik Akbar dilaksanakan pada 5 Februari 2019, dari pukul 07:30 WIB sampai dengan selesai.
Pada acara tabligh akbar dihadiri oleh, Bapak Ahmad Shobri Fadilah, SP. MM. Kemudian Lurah Talang Kelapa Bapak Aldani Marliansyah. S.sos. Mahasiswa KKN Mandiri kelompok 7, pengurus masjid Al-Fattah, peserta lomba, masyarakat sekitar, dan tamu undangan lainnya.

Acara dimulai dari pembagian hadia pemenang lomba. Ada empat cabang lomba yang kompetisikan, yaitu Tahfidzh Al-Quran, mewarnai, Adzan, dan Cerdas Cermat Islam (CCI). Kemudian dilanjutkan tabligh akbar bersama Ustadz Kgs. H. Ahmad Nawawi Dencik.

Selanjutnya acara memasuki sesi kata sambutan-kata sambutan, oleh ketua pengurus masjid Al-Fattah, Bapak Drs. Hafizulkirom. Lurah Talang Kelapa, Bapak Aldani Marliansyah. S.sos, dan Bapak Ahmad Shobri Fadilah, SP., MM. Beliau sedang mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Selanjutnya para hadirin dihibur oleh penampilan Hadroh Rumah Tahfidzh, dan diperpanjang lagi dengan tabligh akbar Ustadz. Setelah acara usai dilanjutkan dengan pemberian plakat kenang-kenangan kepada bapak Al-Ustadz Kgs. H. Ahmad Nawawi Dencik. Foto-foto bersama, juga shalat zuhur berjamaah.


Tabligh akbar yang diselenggarakan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat spiritual bagi masyarakat sekitar. Sebagai wujud dakwah untuk dalam membangun karakter umat yang beriman. Meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang penuh toleransi dan kedamaaian.

Mengingat besarnya tantangan kedepan dalam menghadapi era globalisasi informasi yang tentu sangat berpengaruh pada kehidupan sosial umat. Dengan tabligh akbar diharapkan memberikan nilai positif dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Karena sehatnya rohani akan berdampak pada baiknya prilaku sosial umat.
Foto-foto suasana acara dalam rangkaian tabligh akbar di Masjid Al-Fattah, Prumnas Talang Kelapa. Kegiatan tablik akbar juga sekaligus agenda akhir dari KKN Mandiri Kelompok 7 UIN Raden Fatah Palembang di tempat. Semoga semuanya menjadi nilai ibadah kita di sisi Allah SWT.
Video sholawat selesai shalat isyah berjamaah.

Laporan. Julia Anggraini.

Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 5 Februari 2019.
Sumber foto dan video. Julia Anggraini.


Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment