3/16/2022

Bupati Beni (Plt) Bakal Diberi Gelar Adat Minangkabau

APERO FUBLIC.- SEKAYU. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar rapat koordinasi terkait Persiapan Pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Musi Banyuasin Periode 2022–2026 sekaligus acara Pengukuhan Gelar Kehormatan dari adat Minangkabau kepada Plt Bupati Muba Beni Hernedi.

Rapat dipimpin langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba Drs Syafaruddin dan dihadiri oleh beberapa perwakilan Perangkat Daerah Pemkab Muba, bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekate, Rabu (16/3/2022).

Menurut paparan Ketua IKM Kabupaten Muba diwakili sekretaris IKM Muba Nwardi Endang memaparkan, acara yang diusung oleh IKM Muba ini akan dilaksanakan pada 25 Maret 2022  dan bertempat di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate. Pemberian gelar adalah tanda kehormatan dan Gelar adat Minangkabau disebut "Gala".

"Pemberian gelar kehormatan dari adat Minangkabau tentunya berdasarkan kriteria-kriteria yang telah dipenuhi oleh sosok/tokoh, yaitu Tokoh masyarakat atau status sosial, menguasai hukum publik, atas jasa-jasanya terhadap negara/daerah serta memberikan karya yang terbaik terhadap daerah," jelasnya.

Nwardi juga menjelaskan, pemberian gelar kepada Bupati Muba akan diberikan langsung oleh Rajo Pagaruyung, dan hadir langsung ke ibukota Muba bersama lebih kurang 25 orang termasuk pengawal dan dayang-dayang putri rajo yang berangkat langsung dari Pagaruyung Padang.

"Selain itu juga mengundang para pejabat dari Provinsi Sumatera Barat lebih kurang 80 orang, FKPD, pejabat Pemprov Sumsel, toma-toga, masyarakat Minang lebih kurang 500 orang," tuturnya.

Dikatakan Asisten Bidang Administasi Umum Setda Muba Drs Syafaruddin, pemberian gelar ini dari adat Minangkabau ini tidaklah gampang dan mudah karena banyak persyaratan, dan harus memenuhi kriteria tertentu. Alhamdullilah Pak Plt Bupati Beni memenuhi syarat untuk diberi gelar tersebut.

"Kegiatan ini akan dihadiri langsung oleh Raja adat Minangkabau, orang Minang pun patuh, hormat dan segan dengan Raja dari Sumatera Barat ini. Kemudian juga Gubernur Sumsel dan tamu undangan dari luar juga hadir, tentunya  harus disukseskan oleh Pemkab Muba. Silahkan setiap OPD yang bersngkutan untuk ikut bekerja sama dengan IKM, demi mensukseskan kegiatan ini," pungkasnya. (HS)

Editor. Rama Saputra.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 16 Maret 2022.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment