10/08/2021

Mengenal Sastrawan Wanita: Th. Sri Rahaju Prihatmi.

APERO FUBLIC.- Dunia tulis menulis sudah sangat akrab dengan kaum Hawa. Salah satu pengarang wanita yang cukup terkenal pada masanya adalah TH. Sri Rahaju Prihatmi Pietarsono. Lahir pada tanggal 7 Mei 1944. Dia anak kedua dari pasangan Th. Santosa Martanegara dan istri Veronica Sri Mundjijah.

Sri Rahaju sejak masih duduk di Sekolah Dasar sudah menyukai dunia membaca, buku dan majalah. Sedangkan mulai mengarang dimulai sejak duduk di SGB dan SGA. Karya tulis waktu itu dimuat di majalah Kawanku, Minggu Pagi dan Mekar Sari, yang terbit di Yogyakarta.

Tahun 1963 dia lulus dari SGA dia melanjutkan studi ke Universitas Gajah Mada, Fakultas Sastra dan Kebudayaan, mengambil jurusan Bahasa Indonesia. Dia lulus pada tahun 1971. Kemudian bekerja di Lembaga Bahasa Nasional Cabang di Yogyakarta. Tahun 1975 dia menjadi dosen tetap di Fakultas Sastra dan Budaya di Universitas Diponegoro.

Di selah-selah kesibukannya dia juga mengerjakan tugas-tugas penelitian yang ditugaskan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa khususnya pada sastra utama Jawa modern. Selain itu, dia juga memimpin proyek dari fakultasnya memimpin melakukan penelitian kesastraan mbeling.

Kehobiannya menulis kemudian membuahkan tulisan-tulisannya, berupa esai, fiksi, resensi buku dalam bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Tulisan dia terbitkan pada surat kabar Kompas, Sinar Harapan, Indonesia Raya, Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat, dan ada juga di Majalah Horison, Budaya Jaya, Basis, Mekar Sari, dan Jaya Baya.

Walau kesibukannya dalam tugas penelitian, menelaah sastra dan mengajar. Keinginan untuk menulis kisah-kisah fiksi tetap dijalankan. Dia kemudian berhasil menulis sebuah roman yang ditokohi seoran wanita dimana dalam kisah perkawinan tokohnya diakhiri dengan kisah unik berjudul Di Atas Puing-Puing yang diterbitkan oleh Pustaka Jaya.

Selain itu dia juga menulis ulasan-ulasan karya prosa dari penulis wanita Indonesia yang dia beri judul, Pengarang-Pengarang Wanita Indonesia yang diterbitkan oleh Pustaka Jaya tahun 1977. Diantara pengarang wanita yang dia muat dalam tulisannya adalah, Hamidah, Selasih, S.Rukiah, Swarsih Djojopuspito, Nh. Dini, Titis Basino. Karya penelahannya itu sangat bermanfaat untuk mempelajari ilmu penelahan kesastraan Indonesia.

Disusun: Tim Apero Fublic
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 8 Oktober 2021.
Sumber: TH. Sri Rahaju Prihatmi. Pengarang-Pengarang Wanita Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya, 1977. Foto: Dock. Ramli Leman Soemawidagdo.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment