10/05/2021

Aksi Kolaborasi Bank Syariah Indonesia melalui E-Commerce dan E-Wallet Memberikan Energi Positif Dalam Peningkatan Transaksi di BSI MobileBanking.

APERO FUBLIC.-
Di era digitalisasi saat ini, Indonesia telah mengalami berbagai perkembangan di bidang ekonomi dan teknologi yang cukup pesat. Dimana teknologi informasi saat ini merupakan suatu kebutuhan utama yang sangat penting, bahkan dijadikan sebagai tuntutan yang mendesak bagi setiap orang untuk menyelesaikan suatu permasalahan nya dengan cepat serta dapat meringankan semua beban pekerjaan. Teknologi informasi ini berdampak sangat luar biasa dalam dunia perbankan syariah saat ini. Teknologi ini juga hadir untuk memberikan mendorong  terhadap perkembangan dunia perbankan untuk ikut andil dalam memanfaatkan internet.

PT. Bank Syariah Indonesia Tbk merupakan salah satu jasa perbankan syariah yang saat ini telah mengalami kemajuan secara pesat usai dengan diadakanya merger pada tanggal 1 Februari 2021.Tentunya dengan adanya aksi merger ini harapan nya bisa memfasilitasi kebutuhan umat pecinta ekonomi syariah dalam melakukan berbagai macam transaksi layanan berbasis syariah untuk bisa menjangkau layanan berbagai kalangan masyarakat, mulai dari masyarakat perkotaan hingga ke desa setempat.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk juga merupakan bank syariah terbesar di Indonesia dengan mencatat pertumbuhan transaksi Mobile Banking (BSI Mobile) sampai dengan bulan Juli 2021 sebesar 46,4 juta transaksi atau naik 97,4% secara tahunan (YoY).  Peningkatan transaksi BSI Mobile ini telah dikembangkan dikarenakan dengan  hadirnya kebiasaan baru masyarakat Indonesia pada saat pandemi serta hampir berbagai aktivitas dalam transaksi keuangan nasabah pun kini  di implementasikan dalam bentuk berbagai berbelanjaan di e-commerce mauapun e-wallet.

Tentu saja hal ini disebabkan karena selama pandemi, masyarakat diharuskan untuk melakukan berbagai dengan cara menerapkan berbagai protokol kesehatan apalagi ketika melakukan transaksi pembayaran secara langsung yang memilkik resiko kemungkinan besar dapat menularkan Covid-19 tersebut. Maka dari itu, dengan hadirnya E-Commerce dan E-Wallet ini dapat mengurangi aktivitas masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran langsung, dikarenakan dengan adanya peningkatan pelayanan fasilitas di BSI Mobile Banking.

Saat ini, jumlah pengguna BSI Mobile sampai saat ini sebanyak lebih dari 2,7 juta pengguna atau mengalami peningkatan sebesar 79,4 persen sejak awal 2021 secara YoY dengan pertumbuhan pengguna aktif telah mencapai lebih dari 1,1 juta nasabah atau mengalami peningkatan sebanyak 92,5 persen secara YoY. Berdasarkan data  posisi Juli 2021, bahwa transaksi mobile banking ini merupakan suatu kontributor fee-based income terbesar yang dilakukan BSI. Secara kinerja fee based mobile banking, telah terjadi peningkatan sebanyak Rp12,9 miliar atau naik 71,85 persen sejak awal 2021 secara YoY.

Peningkatan tersebut juga didorong oleh tingginya aktivitas transaksi pembayaran belanja yang dilakukan nasabah BSI di berbagai e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee mengalami kenaikan sebesar triple digit selama Juli 2021 secara tahunan (YoY). Di sisi lain, transaksi top up e-wallet, di antaranya GoPay pun juga mengalami kenaikan triple digit dan transaksi OVO naik double digit secara tahunan (YoY).

Maka dari itu, dengan peningkatan penggunaan aplikasi mobile banking oleh nasabah tersebut,  BSI langsung meluncurkan gagasan inovasi digital nya  untuk menghadirkann dalam memberikan perannya untuk kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara online (digital onboarding) melalui fitur ‘Biometric-Face Recognition’ di aplikasi BSI Mobile. Dengan fitur tersebut, calon nasabah BSI kini dapat membuka rekening tabungan dengan durasi kurang dari 5 menit, tentunya sangat cepat, mudah dan seamless.

Terobosan kolaborasi ini nantinya akan ditujukan untuk memberikan kenyamanankepada para calon nasabah BSI kedepan nya. Dengan melalui kehadiran inovasi digital tersebut, BSI telah menargetkan pembukaan rekening online mencapai 1 juta nasabah. Saat ini  BSI bertekad untuk terus berusahauntuk berinovasi dalam menghadirkan fitur-fitur baru lainnya di aplikasi BSI Mobile, seperti fitur Pay Later dan Mitraguna Online. Harapannya, layanan BSI Mobile ini nanti nya bisa menjadi lebih lengkap dan mendukung berbagai kebutuhan nasabah dan masyarakat di era digitalisasi.

Salam Bankerss!!!!.

Oleh. Sintia Delvianti.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Jambi, 6 Oktober 2021.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment