3/24/2021

Mengenal Kumis Kucing (Orthosiphon Aristaus)

Apero Fublic.- Kumis Kucing memiliki nama latin orthosiphon aristaus dari ordo solanales, famili lamiaceae. Ada juga di daerah lain di Indonesia dinamai dengan, remujung. Kumis kucing memiliki tinggi batang pohon antara satu sampai dua meter. Daun tunggal menempel pada batang memuka kiri dan kanan. Tulang daun tengah dengan rusuk melingkar ke samping melingkar ke ujung.

Bunga kumis kucing tumbuh di ujung batang pohon, yang diiringi dengan tumbuh daun di bawah bunga. Bunganya seperti pucuk pada tumbuhan lain, dimana bunga terus tumbuh mengikuti pertumbuhan batang. Bunga yang sudah mekar berbentuk kecil memanjang menyerupai jarum. Bagian bunga itulah diibaratkan kumis kucing. Dari itulah dinamakan masyarakat dengan nama, kumis kucing.

Kumis kucing selain tanaman obat, juga dikenal sebagai tanaman hias. Penduduk menanam di halam-halaman rumah, sisi kebun atau sengaja dibudidayakan. Perbanyakan kumis kucing dengan stek atau batangnya. Cukup memotong batang lalu ditanam di pot atau tanah. Tumbuh baik di dataran rendah dan sedang. Kumis kucing dipercaya dapat menyembuhkan masuk angin dan antidiabetes.

Oleh. Deni Sutra
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra
Palembang, 25 Maret 2021.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment