7/06/2020

Mengenal Danau Dedughuk di Kabupaten Muara Enim.

Apero Fublic.- Muara Enim. Provinsi Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi yang banyak menyimpan keindahan alam. Potensi wisata yang tersebar di mana-mana. Mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata air terjun, wisata pubakalah, dan wisata sungai dan danau. Terdapat puluhan danau dengan ukuran besar dan sedang.

Berbicara soal danau, ada sebuah danau yang sangat indah. Danau tersebut bernama Danau Dedughuk. Danau ini terletak di wilayah administratif Desa Segamit, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.
Menurut masyarakat nama Dedughuk diambil dari nama sebuah tumbuhan yang banyak tumbuh di sekitar danau. Tumbuhan tersebut bernama Dedughuk. Sehingga penduduk menamakan dengan Danau Dedughuk. Berikut ini foto tumbuhan tersebut. Nama lokal di daerah saya Dedughuk.
Kalau belum tahu sebelumnya, aku bertanya-tanya tentang nama Danau Dedughuk. Dedughuk hampir sama dengan kata Duguk pada bahasa masyarakat Sekayu, di Musi Banyuasin. Dalam bahasa masyarakat Melayu Sekayu kata Duguk adalah nama sejenis siluman penghuni air. Mahluk dengan ciri berambut sangat panjang dan tinggal di dalam air. Itu hanya cerita orang Melayu di Sumatera Selatan.
Pemandangan Danau Dedughuk sagat indah sekali. Suasana alam yang hijau dan air danau membiru. Sangat indah kalau menjumpai senjah. Cahaya sinar matahari yang kekuningan dari balik bukit.

Membuat spot foto yang begitu indah. Saya berharap, semoga Danau Deduguk nantinya akan menjadi tempat wisata populer di Indonesia. Potensi wisata yang sangat menjanjikan. Pada hari-hari libur Danau Dedughuk banyak dikunjungi masyarakat dari daerah lain.

Oleh. Saptika Hariyani.
Editor. Desti. S.Sos.
Muara Enim, 7 Juli 2020.

Sy. Apero Fublic.

1 comment: