6/29/2019

Rumah Panggung Bongkar Pasang. Kreatifitas Masyarakat dan Bisnis

Apero Fublic.- Rumah panggung adalah bentuk rumah yang berdiri di atas tiang-tiang. Berada di atas permukaan tanah atau air. Tiang rumah panggung berbeda-beda ukuran tinggi rendahnya, tergantung permukaan tanah atau selera pemilik rumah.

Rumah panggung adalah bentuk rumah asli masyarakat Bangsa Indonesia. Karena Indonesia memiliki banyak jenis kayu berkualitas, dan kecakapan arsitektur tropis membuat rumah panggung berevolusi terus menerus dari waktu ke waktu. Sekarang pembangunan rumah panggung sudah modern sekali, berkat perkembangan pengetahuan dan teknologi.

Baik dari teknologi alat, dan bentuk arsitekturnya tidak lagi monoton dengan satu tipologi. Pekerjaan pengolahan material menjadi cepat dan mudah sehingga pembangunan rumah panggung lebih cepat.

Rumah panggung sudah ada sejak masa-masa lampau, sebagai bentuk perkembangan kebudayaan Nusantara. Kontak budaya dengan bangsa asing, seperti Cina, Jepang pada masa lampau telah memberikan warna dalam arsitektur tradisional Nusantara. Arsitektur rumah panggung bertambah baik ketika berkenalan dengan genteng, yang membuat atap rumah panggung menjadi rapi.

Pada awalnya atap rumah panggung terbuat dari daun rumbiah, daun nipa, daun ilalang, sirap kayu, dan sirap bambu. Pada zaman sekarang, beragam tipe atap yang dihasilkan oleh industri, seperti seng, asbes dan baja. Sehingga rumah panggung mulai bergerak ke arah seni rumah panggung modern.


Nah, ada sebuah kawasan pembangunan rumah panggung yang siap jual di kawasan Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan. Produksi rumah panggung ini menawarkan dengan sistem pemesanan, dan jual jadi. Sistem jual jadi adalah berupa bentuk rumah panggung yang sudah dirakit di suatu tempat.

Sedangkan sistem pesanan yaitu, pemesan dapat bermusyawara dengan pengusaha sesuai keinginan arsitektur yang diinginkan, tapi harus menunggu waktu pengerjaannya dulu. Setelah selesai baruh rumah dipindahkan. Begitupun dnegan beli yang sudah jadi.

Saat pembeli sepakat, maka rumah tersebut di pindahkan dengan cara dibongkar kembali. Keuntungan dari pembelian rumah panggung bongkar pasang adalah, kemudahan dan kepraktisan konsumen. Sehingga pembeli rumah panggung tidak perlu lagi menunggu berbulan-bulan, dapat langsung selesai dalam waktu beberapa minggu.

Karena biasanya pembangunan rumah panggung yang cukup besar, memakan waktu bertahun-tahun apabila pekerja atau tukang hanya dikerjakan dua atau tiga pekerja. Berikut ini adalah bentuk contoh dari rumah panggung bongkar pasang siap jual.
Desain rumah dirancang untuk dipindahkan. Namun yang perlu di garis bawahi adalah, pihak pengembang rumah panggung bongkar pasang ini, mereka tidak menyediakan atap. Konsumen diwajibkan menyediakan sendiri atap untuk rumah yang mereka pesan. Atap sebaiknya di tempatkan di lokasi rumah akan didirikan.

Konsumen dalam tata letak dan sistem tiang dapat berkonsultasi dengan para tukang pengembang. Bentuk arsitektur rumah dapat konsumen pesan atau pilih sesuai selera. Foto di atas hanyalah contoh saja. Untuk yang berminat untuk memesan rumah bongkar pasang dapat menghubungi kontak. WhatsApp dan Handpone: 081377553225. 082281676763. Atau kunjungi website: Desmirumah Kayu

Oleh: Ahmad Reni Efita.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 6 Desember 2018.
Sumber foto oleh: Desmiana.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment