6/13/2022

Mengenal Manfaat Sayur Daun Ubi Kayu

APERO FUBLIC.- Kita semua sudah mengenal sayuran satu ini, sayur daun singkong atau daun ubi kayu. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan Cassava leaves, dan singkong dalam bahasa latin adalah Manihot Esculenta.

Sayuran yang sangat lezat apabilah ditumis dan dicampur bumbu ikan teri. Olahan tumisan pucuk daun singkong begitu menggoda lidah. Memasak mulai dari menumis, merebus, kukus dan gulai santan. Sementara cara menumis banyak dijumpai pada masyarakat di Kecamatan Sungai Keruh, Musi Banyuasin.

Bagi sebagian orang ada yang menganggap duan singkong sebagai sayuran rendah atau murahan. Ada juga sebagaian orang yang mengidap penyakit matariam merasa malu kalau mengkonsumsi sayuran daun singkong. Penyakit matariam sejenis penyakit sosial dimana orang tersebut ingin meninggikan derajadnya dengan memilih-milih makanan. Dia merasa tidak pantas makan-makan sesuatu karena merasa dirinya sudah tinggi derajadnya.

Tahukah kalian kalau sayur daun singkong ternyata memiliki kasiat mengcegah penyakit kanker usus besar yang disebut polip. Polip kemudian berkembang menjadi kanker usus besar. Penderita biasanya merasakan gejalah perubahan silus buang air besar. Biasanya diawali sembelit, kemudian berubah menjadi diare, dan pada kotoran terdapat darah. Lama kelamaan bobot tubuh penderita menurun.

Apa yang menyebabkan daun singkong ampuh membunuh sel kanker kolon. Menurut Fatma Zahrotun Nisa, STP MTP, kemampuan daun singkong menghambat sel kanker kolon berkat kandungan senyawa aktif berupa betakaroten, vitamin c, serat dan linamaria. Linamaria adalah senyawa antineoplastis atau penghambat terbentuknya jaringan baru yang keluar ketika terjadi proses hidrolisis asam sianida (HCN). Ketika HCN dilepaskan, sel-sel kanker akan merasakan efek mematikan dari sianida tersebut.[1]

Setelah mengetahui kalau sayur daun singkong kaya manfaat. Jangan juga terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karena ada pendapat masyarakat kalau daun singkong vitaminnya setara daging, dimana akan memicu naiknya tekanan darah, menyebabkan pusing dan darah tinggi.

Disusun. Tim Apero Fublic.
Editor. Totong Mahipal.
Palembang, 14 Juni 2022.
Tatafoto. Dadang Saputra

Sy. Apero Fublic



[1]Majalah Trubus, Desember 2015, 553. hal. 116.

0 komentar:

Post a Comment