5/27/2022

MAPALA: Kendalah Wisudah Tepat Waktu

APERO FUBLIC.- Kita sering mengenal mahasiswa dengan gelar, “Mahasiswa Abadi.” Gelar tersebut bukan tanpa alasan karena biasanya dia kuliah sudah sangat lama. Sehingga kuota mahasiswa menumpuk dan semakain sesak di kampus. Kemudian ada juga gelar MAPALA, tapi bukan nama organisasi Mahasiwa Pencinta Lingkungan dan Alam. Mapala yang saya maksud adalah singkatan dari Mahasiswa Paling Lama yang menjadi gelar paling tradisonal di kampus-kampus.

Sesungguhnya mahasiswa yang menyelesaikan studi tepat waktu bukan mahasiswa yang pintar dan cerdas. Tapi mahasiswa yang tekun dan aktif dalam belajar. Sehingga nilainya memenuhi target dan tidak ada mengulang mata kuliah. Kemudian dalam mendekati smester akhir telah aktif memulai pencarian masalah skripsi, seminar proposal dan penyusunan skripsi.

Sebagai mahasiswa, pastinya ingin lulus kuliah tepat waktu. Selain dapat menghemat biaya kuliah, lulus kuliah tepat waktu juga bisa menjadi kebanggaan orang tua serta diri sendiri. Biasanya untuk lulus kuliah perguruan tinggi untuk jenjang S1 selama 4 tahun atau sampai 8 semester.

Namun setelah selesai melakukan KKN mahasiswa banyak bersantai-santai dalam pembuatan skripsi. Dimana ini akan membuat mahasiswa tidak lulus tepat waktu. Dalam hal ini pembagian waktu sangatlah penting. Membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dengan organiasi atau bekerja harus secara seimbang.

Untuk itu, agar selalu disiplin dan konsiten dengan pembagian waktu tersebut. Kamu perlu mengingat, tugas utama dirimu adalah menjadi mahasiswa dan belajar dengan baik agar bisa lulus tepat waktu. Aktif terus dalam mengikuti kuliah sehingga tidak banyak tertinggal nilai dan matakuliah. Kalau terlalu banyak mengulang matakuliah, akan memperlambat kalender kuliah kita. Usahakan juga agar nilai tidak terlalu rendah sehingga mencapai target untuk mengusulkan judul penelitian skripsi.

Sehingga kita tidak banyak membuang waktu bertahun-tahun dikampus. Coba bayangkan, biayah kita dalam masah kuliah satu smester. Dari biayah tugas, SPP, biayah makan, transportasi kita dan lainnya. Tentu semua itu membuat kerugian bagi kita, terutama kedua orang tua kita yang membiayai kita. Sekedarnya saja nongkrong dan berleha-leha di tempat wisata atau hiburan.

Nah, bergeraklah sebelum terlambat dan membuat penyesalan dan kerugian. Pesan ini saya sampaikan untuk adik-adik yang mahasiswa baru, mulailah kuliah dengan baik dari smester pertama sampai smester akhir. Kejar skripsi dengan cepat dan jadilah salah satu dari yang tepat waktu.

Oleh : Ricky Hidayat
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 27 Mei 2022.
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakutas Adab dan Humaniora, Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment