5/11/2021

Mengenal Tanaman Kunyit (Curcuma Domestica).

Apero Fublic.- Di Asia Tenggara semua penduduknya mengenal tanaman kunyit. Tanaman yang memiliki nama ilmiah curcuma domestica, dari keluarga zingiberaceae. Kunyit termasuk jenis tanaman serba guna. Mulai dari bahan baku pembuatan obat, seperti jamu dan sirup. Kemudian dijadikan bumbu masak berbagai makanan.

Pada masyarakat Melayu Sumatera Selatan kunyit digunakan juga sebagai jampian. Dimana orang yang dianggap mengerti hal-hal gaib (dukun) menggariskan kunyit dibagian tubuh pasiennya. Dengan anggapan atau menduga atau mengira-ngira dimana garis kuning kunyit dapat mengusir roh jahat. Hal yang demikian tentu perbuatan syirik dan hal yang tidak masuk akal. Pemikiran tidak logis tersebut sudah saatnya ditinggalkan.

Kunyit tergolong tumbuhan terna atau tumbuhan berbatang lunak. Daun dan batang berwarna hijau, akar julur yang besar. Daun menegak dengan dengan pelepah atau tangkai daun bersatu dengan batang. Susunan pelepah daun membentuk struktur batang kunyit. Meninggi batang kunyit mengikuti lapisan kelopak pelepah daunnya. Tingginya antara 20 sampai 50 senti meter dari permukaan tanah. Tulang daun menegak ke atas, dengan bentuk daun seperti cekung perahu.

Daun muda kunyit dijadikan bumbu gulai pindang, seperti pindang cendawan, pindang ikan, dan ulam makan. Bunga kunyit yang bergerombol dengan kelopak bunga warna kuning. Bunga tumbuh dari sisi tengah kelopak batang dan tumbuh ke atas. Bunga kunyit juga dijadikan masyarakat ulam makan dan ada juga dijadikan bumbu gulai. Begitu juga dengan umbi kunyit, dari dahulu selalu dijadikan bumbu masakan, obat tradisional masuk angin, pewarna masakan.

Kunyit yang paling diminati adalah umbinya. Umbi kunyit berwarna kuning saat sudah tua, dan berwarna pucat saat masih muda. Memperbanyak tanaman kunyit dengan ruas umbinya. Pada ruas-ruas umbi ada sejenis tonjolan bakal tunas (mata). Tonjolan atau mata dalam istilah masyarakat itulah dijadikan bibit menanam kunyit. Dapat juga penanaman kunyit dengan tunas muda. Kunyit dengan tunasnya tumbuh membentuk rumpun. Sehingga satu bibit akan menghasilkan banyak kunyit nantinya.

Kunyit tumbuh subur pada tanah yang gembur dan kering, tapi cukup air. Masyarakat petani ladang menanam kunyit pada tanah yang terbakar dan tumbuh subur. Kunyit ditanam masyarakat di pekarangan rumah, ladang, dan diperkebunan untuk perdagangan dan Industri. Produk industri diantaranya antangin obat masuk angin. Kunyit sudah sejak lama dikenal sebagai obat masuk angin, antidiare, dan bersih darah nifas.

Oleh. Ayu Ulandari
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 12 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment