5/14/2021

Mengenal Kambing Ternak (Capra Aegagrus Hircus)

Apero Fublic.- Fauna. Kambing adalah salah satu hewan ternak yang terkenal. Kambing tersebar di seluruh dunia, dengan berbagai jenis. Dari kambing liar yang hidup di hutan, gunung batu, dan kambing peliharaan.

Kambing hewan halal dikonsumsi dalam hukum Islam, dan salah satu hewan yang dapat dikurbankan saat hari raya idul adhah. Zaman dahulu kulit kambing dijadikan pakaian, tenda, kantung air, dan wadah senjata.

Kambing ternak memiliki nama ilmiah Capra Aegagrus Hircus. Kambing merupakan kelompok bovidae dan berkerabat dengan biri-biri. Bovidae adalah kelompok hewan mamalia mengunya dua kali (mamabiak), yaitu sapi, kerbau, kuda, rusa, biri-biri, kijang, dan lainnya.  Keduanya masih dalam sub keluarga caprinae (hewan mamabiak ukuran sedang).

Kambing memiliki bulu-bulu sesuai jenisnya. Bertanduk dua tak bercabang, dan berkuku belah. Tanduk kambing jantan lebih panjang dari tanduk kambing betina apa pun jenis kambingnya. Kambing termasuk hewan pangan manusia, dan sudah diternak oleh manusia sejak 8000 tahun lalu. Kambing suka hidup berkelompok antara 5 sampai 20 ekor setiap kelompok. Kelompok dipimpin oleh kambing betina yang tua, dan kambing jantan sebagai pelindung kawanan mereka.

Kambing ternak sangat mempengaruhi budaya manusia sejak zaman dahulu. Dimana kambing dijadikan ternak, lalu dikonsumsi dagingnya, diambil susu, kulit dijadikan pakaian, tenda, kantung air, wadah senjata, kantung panah, dan alat musik. Tanduk kambing digunakan untuk menulis di Sumatera Selatan pada masa lalu dengan hurup kaganga.

Tanduk dan kepala dijadikan hiasan di dalam rumah. Usus kambing zaman sekarang digunakan untuk membuat benang jahitan saat pembedahan pada manusia dan tali untuk alat musik bertali. Produksi susu kambing yang sangat bervitamin dan kaya manfaat itu terbanyak di India, Bangladesh, dan sudan tahun 2012. Menurut penelitian arkeologis kambing adalah hewan pertama yang diternak manusia.

Daging kambing dapat dimasak dengan berbagai jenis masakan. Untuk susunya dapat diolah menjadi keju, mentega, es krim, yogurt dan lainnya. Mentega susu kambing berwarna putih, sebab mengandung vitamin A. Susu kambing juga lebih mudah dicerna daripada susu manusia atau susu sapi. Walau susu kambing memiliki banyak manfaat, tapi tidak direkomendasikan untuk susu bayi.

Ada beberapa jenis kambing, seperti kambing Etawa dari India, dan kambing rijang (Musi Banyuasin). Dinamakan kambing rijang karena besarnya hampir sebesar kijang. Kambing rijang banyak diternakan di Indonesia. Kambing memakan tumbuhan jenis rumput. Kambing betina dapat beranak tiga sampai empat kali dalam setahun. Kambing dalam satu kali beranak antara satu anak-dua anak dan kadang lebih.

Oleh. Deni Sutra.
Editor. Selita, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
PALI, 15 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment