5/13/2021

Mengenal Belimbing Besi (Averrhoa Bilimbi)

Apero Fublic.- Flora. Belimbing Besi dengan nama ilmiah averrhoa bilimbi dari keluarga oxalidaceae. Belimbing besi termasuk tanaman keras jenis buah-buahan. Belimbing besih tumbuhan asli Indonesia, lalu menyebar ke daerah tropika.

Tanaman ini tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun pegunungan serta memerlukan udara beriklim kering. Perkembangbiakan belimbing besi dengan menggunakan cara cangkok atau batangnya.

Bentuk batang pohon, dan akar pohon samahalnya dengan pohon-pohon lain. Tinggi batang pohon tergantung kesuburan pohon dan umur pohon. Bua berbentuk bulat memanjang berwarna hijau. Besar buah umumnya berukuran panjang tiga sampai enam senti meter.

Dengan lingkaran antara satu sampai tiga senti meter. Bunga muncul pada batang dan dahan-dahannya. Pelepah daun panjang antara sepuluh sampai dua puluh senti meter. Pada pelepah daun-daun menempel dengan mengarah ke kiri dan kanan.

Secara tradisional belimbing besi dimanfaatkan warga untuk obat tradisional, penurun darah tinggi, mengobati diabetes, menjaga kekuatan tulang dan gigi, mengobati batuk, flu dan demam. Namun pengobatan ini belum ada sertifikasi kesehatan yang legal.

Belimbing besih dapat dijadikan berbagai sambal, dan bumbu memasak ikan seperti ikan pais (pepes). Belimbing ini, dapat juga dijadikan manisan dan dikonsumsi langsung dijadikan rujak buah, es buah, dan jus. Sebagai penggosok pembersih kuku yang kotor.

Menurut Science Direct belimbing besih mengandung nutrisi diantaranya: protein, vitamin A, B, dan C. Kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, zat besi, antioksidan. Hal-hal demikian memang terkandung dihampir setiap buah-buahan dan sayuran. Belum ditemukan industri pengolahan belimbing besi. Serta budidaya dengan skalah luas.

Oleh. Arini Putri.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 13 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment