1/14/2021

Pariwisata: Mengenal Curup Embun

Apero Fublic.-
Pagaralam. Mengunjungi kawasan wisata di Kotamadia Pagaralam tidak akan ada habisnya. Terutama wisata air terjun atau cughup bahasa setempat. Pagaralam adalah kawasan dimana wilayahnya terletak di kaki Gunung Dempo dan di kaki Bukit Barisan. Sehingga menjadikan wilayah ini berbukit-bukit tinggi. Hutan dan pepohonan di hulu sungai-sungai dan perbukitan menjadi sumber suplai air. Sehingga terbentuk banyaknya air terjun-air terjun.

Pagaralam juga dikenal dengan bumi Basema. Didiami masyarakat Melayu yang bergama Islam. Secara bahasa kawasan ini sama dengan bahasa-bahasa daerah lain di Sumatera Selatan. Hanya sedikit berbeda dialeg saja, berbahasa Melayu. Masyarakatnya ramah dan sangat terbuka bagi para pengunjung.

Berbicara tentang kawasan wisata air terjun di daerah Pagaralam. Salah satunya air terjun yang terkenal adalah, Cughup Embun. Terletak di Desa Pematang Bango, Kotamadia Pagaralam, di kaki Gunung Dempo.

Jarak tempu perjalanan darat menggunakan Bus, sekitar delapan jam dari Kota Palembang. Sekarang sudah ada layanan penerbangan Palembang-Pagaralam. Sehingga dapat dengan cepat sampai di Kota Pagaralam.

Air terjun Cughup Embun memiliki ketinggian seratus meter. Di bagian bawah air terjun terdapat badan sungai yang membentuk seperti kolam. Selain itu, dipenuhi dengan bebatuan sungai. Sehingga menjadi tempat bersantai dan berendam para pengunjung. Cughup Embun ramai dikunjungi wisatawan saat hari-hari libur, terutama libur panjang. Seperti libur akhir tahun atau cuti bersama saat lebaran idul fitri dan idul adhah. Maju terus pariwisata Sumatera Selatan.

Oleh. Rama Saputra
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra
Palembang, 14 Januari 2021.


Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment