3/09/2020

Untuk Pertama Desa Kertayu di Pimpin Kepala Desa Wanita

Apero Fublic.- Negara demokrasi telah membuka keran kepemimpinan untuk semua kalangan. Tidak membedakan jenis kelamin dan ras. Bagi kaum hawa sekarang untuk menjadi seorang pemimpin bukan hal yang mustahil lagi. Tinggal bagaimana mengasa kemampuan, memiliki pendidikan dan keberanian. Mari ikuti liputan tim Apero Fublic di Desa Kertayu.

Pemilihan kepala desa serentak yang dilangsungkan dibebrapa kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin, Senin 9 maret 2020. Salah satu kecamatan yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) adalah  Kecamatan Sungai Keruh. Ada enam desa yang menyelenggarakan PILKADES hari ini. Salah satunya Desa Kertayu.

Pemilihan kepala Desa Kertayu diikuti oleh lima calon Kepala Desa, yaitu: Nomor urut satu Aripin, nomor urut dua M. Yunus. Nomor urut tiga Sutoma. Nomor urut empat Ruben, dan nomor urut lima Ratna. Ratna seorang wanita yang ikut bertarung dalam PILKADES Desa Kertayu.

Pemilihan kepala Desa Kertayu bertempat di balai Desa Kertayu (9-3-2020). Pemungutan suara dimulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan selesai. Kondisi dan suasana PILKADES berjalan dengan sesuai rencana dan harapan baik dari masyarakat Desa Kertayu. Masyarakat tampak antusias datang ke TPS. Disambut dengan ramah oleh para panitia. Suasana damai, hangat dalam rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

Seiring waktu pemungutan suara selesai. Setelah melakukan prosedur yang sesuai aturan. Panitia, saksi-saksi dan masyarakat melaksanakan penghitungan suara dengan adil dan jujur. Adapun hasil suara pemilihan  Kepala Desa Kertayu sesuai nomor urut calon. 01. Aripin : 364 suara. 02. M Yunus : 145 suara. 03. Sutomo : 182 suara. 04. Ruben : 328 suara. 05. Ratna : 481 suara. Sedangkan suara yang dinyatak tidak sah sebanyak 13 suara.

Dari hasil penghitungan tersebut. Nomor urut lima mendapatkan suara terbanyak berjumlah 481 suara. Diikuti nomor urut satu dengan perolehan suara 364 suara. Kemudian nomor urut empat dengan 328 suara. Lalu nomor urut tiga dengan perolehan 182 suara. Sedangkan nomor urut dua mendapatkan 145 suara.

Dari hasil suara terhitung, sampai saat perhitungan saat ini. Nomor urut lima suara terbanyak. Sehingga terpilih sebagai Kepala Desa Kertayu untuk periode 2020-2026 mendatang. Semoga amanah dan dapat memimpin dengan baik. Sehingga Desa Kertayu atau di Kecamatan Sungai keruh sendiri mencatat sejarah hari ini. Karena untuk pertama kalinya ada Kepala Desa dari kaum hawa (wanita).
Foto suasana penghitungan suara dengan cara transparan dan jujur, adil dan demokratis.
Para panitia.
Para saksi-saksi dari masing-masing calon Kepala Desa Kertayu.
Para pengawas dan peninjau dari berbagai instansi terkait.

Oleh. Totong Mahipal
Editor. Desti. S. Sos.
Fotografer. Dadang Saputra
Kertayu, 9 Maret 2020.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment