7/06/2019

Tips Mencega Sariawan dan Panas Dalam

Apero Fublic.- Pernah anda terserang sakit panas dalam (heatiness). Kondisi dimana keadaan tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan, terutama pada sistem pencernaan. Hal umum akibat panas dalam adalah berdampak pada tenggorokan sakit, dan akhirnya sariawan, atau bibir pecah-pecah. Dalam kasus panas dalam, ada orang yang rentan atau sering terserang sakit panas dalam.

Ada yang kadang-kadang saja. Ada yang berkelanjutan, sembuh untuk beberapa hari,  lalu kembali lagi panas dalam dan sariawan lagi. Sariawan akibat dari panas dalam sangat mengganggu, apalagi saat makan. Karena terletak di dalam mulut, seperti di lidah, di gusi, di bibir bagian dalam, dan di langit-langit mulut. Untuk mengobati biasanya masyarakat selalu membeli obat panas dalam di warung yang tersedia dengan berbagai merek.

Berupa obat cairan, minuman, tablet, atau obat sedu. Panas dalam dan sariawan sembuh, namun tidak berapa lama biasanya, sariawan dan panas dalam akan menyerang kembali. Kemudian kembali membeli obat di warung lagi. Begitulah keadaan penyakit panas dalam yang berdampak sakit tenggorokan dan sariawan berlubang di dalam mulut.


Pernahkah anda terpikir saat sariawan akibat panas dalam tersebut. Kenapa obat warung menyembuhkan tetapi tidak dapat menanggulangi penyakit panas dalam. Pernah juga anda berpikir bagaimana untuk tidak lagi terserang penyakit sakit panas dalam. Pepatah bilang, mencegah itu lebih baik dari mengobati.

Bagaimana cara mencegahnya, dan mengobati tanpa harus membeli obat panas dalam. Untuk mencegah atau mengobati panas dalam dan sariawannya. Menurut pengalaman saya, yaitu dengan mengkonsumsi buah tomat segar, satu atau dua butir dalam seminggu. Tomat adalah jenis sayuran buah. Nama latin tomat solanum lycopersicum.

Menurut Healthline tomat adalah sumber lycopene yaitu antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Tomat juga mengandung vitamin A, vitamin C, potassium, folat, dan vitamin K. Tomat juga dikenal untuk konsumsi segar, seperti jus, sambal, lalap, dan sebagainya. Tetapi kandungan tomat juga tidak boleh berlebih, sebab dapat menggangu lambung.


Untuk mencega atau mengobati  sakit panas dalam. Caranya, tomat segar boleh di makan dengan cara di jadikan lalap saat makan nasi, atau dijadikan sambal segar. Atau dijadikan jus buah tomat juga boleh. Sambal yang diberi garam atau cabai tidak cocok apabila sudah terserang panas dalam, apalagi sudah sariawan, akan terasa pedih.

Tetapi apabila anda mau menahan pedih akibat pedas dan asin juga tidak mengapa.Untuk menghindari pedih berlebih, dengan cara makan buah tomat, dengan di potong menjadi dua bagian, satu potong di makan saat makan nasi di pagi atau siang hari. Kemudian setengahnya lagi dimakan saat makan nasi sore hari. Sehingga anda telah mengkonsumsi satu tomat. Beberapa hari kemudian makan lagi seperti biasa. Sehingga dua butir tomat dalam seminggu anda konsumsi. Untuk ukuran orang dewasa.

Apabila anak-anak tomat dapat di bagi empat potong, dan cukup satu butir dalam seminggu. Untuk menghindari asam lambung ada baiknya makan bersama saat makan nasi. Apabila asam lambung anda tinggi makan tomatnya harus di belah perkecil lagi. Misalnya untuk lambung normal satu tomat dimakan dalam dua kali makan nasi, maka untuk asam lambung tinggi, untuk satu tomat dimakan selama dua hari, atau satu tomat di bagi empat.

Jangan pula mengkonsumsi tomat sudah di bela keesokan harinya, takutnya sudah tercemar bakteri. Maka belahlah tomat yang baru. Tentu anda punya keluarga bukan, maka berbagilah dengan keluarga dalam mengkonsumsi tomat. Pilihlah tomat yang sudah benar-benar matang berwarna kuning cerah, agar keasaman rasa buah kurang kurang.


Untuk mencegah panas dalam dan sariawan cukup satu butir tomat dalam satu minggu. Untuk mengobati diusahakan dua butir dalam seminggu. Kalau anda suka jus tomat, boleh di buat jus tapi jangan ditambah dengan bahan lain, seperti susu, takunya mengurangi kesegaran zat tomat.

Apalagi apabila anda tidak suka minum obat. Maka lebih baik konsumsi buah tomat yang segar untuk obat sekaligus untuk mencega. Tomat alami dan sehat untuk tubuh. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi. Karena saya selalu terserang panas dalam, yang berkelanjutan.

Tanpa sengaja saya mengkonsumsi tomat sebagai mana saya tuliskan. Alhamdulillah panas dalam dan sariawan tidak lagi menyerang. Maka anda boleh mencoba, boleh juga tidak kalau tidak percaya. Jadi artikel bukan berdasarkan hasil penelitian para ahli. Berdasarkan pengalaman saya. Selamat mencoba.

Oleh. Joni Apero.
Editor. Desti. S.Sos.
Foto. Dadang Saputra
Palembang, 31 Januari 2019.

Catatan: Yang mau belajar menulis: mari belajar bersama-sama: Bagi teman-teman yang ingin mengirim atau menyumbangkan karya tulis seperti puisi, pantun, cerpen, cerita pengalaman hidup seperti cerita cinta, catatan mantera, biografi diri sendiri, resep obat tradisional,  quote, artikel, kata-kata mutiara dan sebagainya.

Kirim saja ke Apero Fublic. Dengan syarat karya kirimannya hasil tulisan sendiri, dan belum di publikasi di media lain. Seandainya sudah dipublikasikan diharapkan menyebut sumber. Jangan khawatir hak cipta akan ditulis sesuai nama pengirim. Sertakan nama lengkap, tempat menulis, tanggal dan waktu penulisan, alamat penulis.

Jumlah karya tulis tidak terbatas, bebas. Kirimkan lewat email: www.fublicapero@gmail.com. idline: Apero Fublic. Messenger. Apero fublic. Karya kiriman tanggung jawab sepenuhnya dari pengirim.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment