7/07/2019

Thang Loy. Bunga Mekar di Malam Hari

Apero Fublic.- Bagi kita orang tropis tentu bunga yang mekar, pasti di pagi hari. Sehingga selalu muncul ungkapan, seperti puisi, lirik lagu atau tulisan yang sering berkata, “bunga bermekaran di pagi hari, semerbak mewangi. Bagaimana kalau bunga yang mekar menjelang malam dan layu menjelang siang. Berikut ini ulasan tentang bunga yang mekar dimalam hari dan layu dipagi hari.

Bunga tumbuhan apakah itu, adalah bunga buah naga. Pada mulanya, buah naga (hylocereus) adalah jenis tumbuhan endemik jenis kaktus dari Meksiko, di Benua Amerika. Kemudian tanaman buah ini menyebar ke seluruh dunia. Seperti di Benua Asia, yaitu Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Australia, Tingokok dan negara lainnya.

Asal usul nama buah naga, dipengaruhi oleh kepercayaan orang Vietnam yang terpengaruh budaya Cina. Dalam upacara keagamaan selalu meletakkan bua diatas altar persembahan di hadapan patung naga. Orang Vietnam terbiasa menyebut buah dan bersamaan dengan Dewa Naga. Lama kelamaan penyebutan buah merah ini bersatu dengan nama naga.

Sehingga dikenal dengan thang loy dalam bahasa Vietnam atau berarti buah naga dalam Bahasa Indonesia. Kalau memperkirakan nama itu, berarti buah naga lebih dulu hadir di Vietnam. Sedangkan di dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan dragon fruit.


Perjalanan buah naga berawal pada masa kolonialisme di abad ke 19 Masehi. Orang-orang Perancis yang menjajah Vietnam membawa bibit buah naga dari Meksiko, untuk tanaman hias. Waktu berlalu, mulailah berkembang bibit tanaman buah naga menjadi budidaya. Bukan hanya menyebar di Vietnam tapi menyebar ke seluruh Asia Tenggara.

Ada yang unik dari tanaman buah naga. Bunga buah naga tidak mekar dipagi hari seperti bunga-bunga lain. Bunga buah naga mekar sewaktu magrib dan layu menjelang matahari tumbuh. Bunga buah naga sangat indah, apabila ingin menikmati keindahan bunga buah naga maka harus di malam hari. Belum ada penelitian ilmiah yang menjelaskan.

Mengapa bunga buah naga mekar di malam hari. Mungkin dia memberi tahu bahwa, kalau dia (buah naga) tumbuhan dari benua lain. Sebagaimana kita ketahui kalau di Benua Amerika malam maka di Asia siang. Buah naga masih mengikuti tempat asal dia berasan. Sehingga dia mekar menjelang malam dan layu menjelang siang.


Buah naga selain dimakan langsung dapat dijadikan berbagai jenis makanan olahan. Seperti jus, es krim, agar, puding, selai buah naga, pewarna mie, keripik buah naga. Warna buah naga merah sangat menggiur lidah. Buah naga banyak mengandung vitamin, dan sangat baik dikonsumsi. Kalau mau menanam buah naga, tidak sulit cukup dengan vegetatif atau stek.

Berarti untuk penanaman awal tidak perlu banyak membeli bibit. Seiring waktu tumbuhan membesar, saat kita mulai paham penanaman, saat itulah kita mulai menanam dengan vegetatif sendiri. Tentu tanaman awal kita sudah besar. Jadi awalilah dari halaman rumah untuk belajar. Kemudian menjadi budidaya di lahan yang luas.

Oleh. Rita Puspita Sari.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 10 Desember 2018.
Foto bunga buah naga.
Sumber foto. Mugi Nur Rohma.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment