7/12/2022

Mengenal Seni Suara Daerah Sasak atau Lombok (NTB)

APERO FUBLIC.- Daerah Lombok adalah salah satu kawasan yang kaya seni budaya di Indonesia. Salah satunya adalah seni suara yang diwariskan oleh nenek moyang mereka. Seni suara tersebut semoga tetap terjaga keberadaannya di tengah masyarakat Lombok. Sayang sekali kalau sampai hilang warisan budaya tersebut.

1.Kayak

Kayak jenis seni suara vokal yang terdapat di seluruh Pulau Lombok. Bentuknya berbait-bait seperti pantun. Penggunaan seni kayak biasanya diikuti seni tari dan musik instrumental.

2.Cepung

Cepung jenis seni suara yang diiringi dengan rebab  dan seruling dan diikuti dengan gerakan-gerakan sederhana. Cepung hadir biasnya untuk menghibur masyarakat saat ada keramaian.

3.Tembang

Tembang adalah jenis seni suara yang berkembang secara sendiri di tengah masyarakat Lombok, terutama pada masyarakat-masyarakat biasa di desa-desa. Pelantunan tembang tersebut dilakukan saat ada keramaian yang berhubungan dengan adat. Tembang masyarakat Lombok hampir sama dengan tembang yang terdapat di daerah Jawa dan Bali.

4.Tandak Gerok

Tandak gerok sejenis seni suara vokal yang disertai dengan gerak-gerak sederhana. Penggunaan seni suara Tandak Gerok juga untuk mengisi keramaian saat ada acara adat. Perkembangan seni ini meliputi daerah Lombok Tengah dan Timur.

5.Lelakak

Lelakak sejenis seni suara vokal yang susunannya berbait-bait juga dan menyerupai pantun. Penggunaan Lelakak untuk menyatakan perasaan hati. Lelakak tersebar di seluruh Pulau Lombok.

6.Lawas

Lelakak suatu jenis seni suara vokal yang spontan, tersebar di tengah masyarakat. Tapi penggunaan Lawas dapat dimana saja. Misalnya sedang berjalan-jalan di sawah, pulang dari ladang atau sedang santai-santai. Lawas termasuk seni rakyat yang tidak teratur atau dapat dimainkan oleh siapa saja.

7.Genggong

Genggong adalah jenis seni suara instrumenta yang menggunakan alat musik dari kulit bambu atau kulit pelepah enau. Genggong juga termasuk seni suara dan musik tradisional masyarakat yang juga tidak teratur. Masyarakat membuat dan memainkan genggong untuk hiburan mereka secara langsung dan pribadi.

8.Redep atau Rebab

Redep atau Rebab adalah sejenis seni suara yang menggunakan alat musik sederhana yang digesek menyerupai biola. Penggunaan meliputi lagu-lagu vokal dan lagu instrumental. Redep atau Rebab tersebar di seluruh Lombok.

9.Rebana

Rebana adalah alat musik yang terbuat dari kulit kambing. Acara rebana ini dimainkan untuk mengisi keramaian-keramaian dan acara adat. Rebana juga terdapat dan tersebar di seluruh Lombok.

10.Tawak-Tawak

Tawak-Tawak sejenis seni suara instrumental yang alat-alat musiknya terbuat dari abahan perunggu, kayu, julit dan lain-lain. Penggunaanya untuk menyertai acara-acara adat. Tawak-tawak tersebar dan terdapat di seluruh Lombok.

Itulah sepuluh jenis seni sura dan musik dari masyarakat Lombok. Untuk saran dan tambahan-tambahan dapat di tulis pada kolom komentar. Kirimkan artikel tetang jenis-jenis seni suara dari daerah Anda ke Apero Fublic melalui www.fublicapero@gmail.com. Kalau Anda menginginkan informasi lebih banyak tentang Lombok masa lalu, dapat membaca buku Sejarah Daerah Nusata Tenggara Barat yang diterbitkan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rewrite. Tim Apero Fublic
Palembang, 13 Juli 2022
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra
Sumber: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sejarah Daerah Nusa Tenggara Barat. Jakarta, 1977/1978.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment