5/12/2021

Mengenal Serai (Cymbopogon Nardus)

Apero Fublic.- Flora. Serai adalah jenis tanaman bumbu yang dekat dengan masyarakat nusantara. Bentuk serai berumpun, dengan perkembangan rumpun bertunas. Dari tunas yang tumbuh pada pangkal batang, rumpun serai terus membesar, dan serai berakar serabut. Batang daun terdiri dari kelopak batang, yang menyatu dengan pelepah dan lansung menjadi daun. Daun berwarna hijau, yang termasuk tanaman rempah-rempah.

Serai memiliki nama ilmiah cymbopogon nardus atau citronella grass. Serai termasuk juga kedalam jenis rumput-rumputan (ordo graminales). Termasuk dalam kelompok tumbuhan perennial atau tumbuhan yang tumbuh sepanjang tahun.

Daun lebar satu atau satu setengah senti meter. Panjang melengkung seperti daun ilalang. Daunnya tajam dapat menggores kulit, dan bermiang yang menyebabkan gatal. Kata miang dalam bahasa melayu adalah sejenis penyebab gatal, bengkak pada tumbuhan.

Serai dimanfaatkan oleh masyarakat secara tradisional untuk bumbu memasak. Seperti memasak gulai, berengkes, minuman dan lainnya. Brengkes kuliner asli masyarakat Melayu Sumatera Selatan, terbuat dari ikan, yang dimasak dengan cara dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang. Yang digunakan adalah batang serai pangkal bawah.

Serai juga dapat dijadikan minuman tradisional, teh serai, bir jawa, dan lainnya. Di daerah India dan Karibia serai digunakan sebagai obat-obatan tradisional, untuk mengobati demam, nyeri eksternal, dan artritis.

Serai tumbuh baik di kawasan tropis seperti Asia Tenggara. Tapi tidak dapat menahan suhu yang terlalu dingin. Serai juga membutuhkan banyak air, maka baik apabila selalu disiram dengan baik dan subur dengan hujan yang turun sepanjang tahun.

Serai memiliki zat sitronela yang tidak disukai serangga terutama nyamuk. Sehingga serat serai sering dijadikan obat nyamuk dan serangga. Minyak serai diekspor ke luar negeri dan dipasarkan di dalam negeri. Industri yang menjadi langganan adalah industri sabun, pasta gigi, dan obat-obatan.

Mempelajari budidaya serai adalah prosfek ekonomi. Lalu diikuti mempelajari pasar minyak atsiri hasil penyulingan serai. Tentu akan menjadikan Anda memiliki sumber penghasilan yang besar. Mengingat kebutuhan akan minyak atsiri sangat besar di dalam dan luar negeri. Selamat mencoba menjadi petani serai dan raih kesuksesan kamu. Jangan memandang serai sebatas bumbu masak saja. Baiklah kenali lebih jauh serai di dalam hidangan kita.

Oleh. Eftaro, S.Hum.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Banyuasin, 12 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment