3/19/2021

Mengenal Pawas: Ulam Makan dan Bumbu Gulai Burung

Apero Fublic.- Kuliner. Pawas adalah nama sebuah pohon liar yang banyak terdapat di hutan-hutan tropis Indonesia, terutama di Sumatera dan Kalimantan. Pawas memiliki warna kulit abu-abu kehitaman, dengan bau khas. Pawas juga masih dalam kategori pohon jenis medang, sehingga dinamakan masyarakat dengan medang pawas.

Apa yang menarik dari pohon pawas. Pertama, batang pohon dapat dimanfaatkan untuk kepentingan material membangun rumah atau membuat perabotan rumah tangga. Selain itu, pohon pawas jenis kayu yang tidak dimakan bubuk. Bubuk istilah penyebutan untuk butiran halus yang terdapat di dalam kayu yang sudah dipakai, misalnya lemari.

Untuk pucuk daun dan buah pohon pawas dapat dijadikan ulam makan. Kemudian daun dan buah direbus dan dipercaya air rebusan dapat menjadi obat tertentu. Yang paling dicari adalah daun pawas sangat cocok dan pas apabila dijadikan bumbu gulai pindang burung. Gulai pindang burung menjadi sangat lezat dan wangi apabila dibumbuhi daun pawas.

Belum mendapatkan referensi untuk nama ilmiah dari medang pawas. Tapi, medang pawas masuk dalam genus phoebe. Lingkar pohon cukup besar dengan ketinggian pohon kurang lebih mencapai 20 meter di atas permukaan tanah.


Buah Pawas yang dijadikan ulam makan oleh masyarakat di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Oleh. Totong Mahipal
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra
Palembang, 20 Maret 2021.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment