Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

5/09/2020

Kesalapahaman: Antara Banjir Bencana dan Banjir Alami

Apero Fublic.- Perkembangan teknologi sangat pesat saat ini. Terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Seperti pada perkembangan media sosial yang dapat diakses dan dimiliki oleh setiap individu masyarakat. Smart phone telah memberikan jarak dan ruang waktu yang singkat.

Namun, dalam perkembangannya selain memberikan dampak positif ada juga dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi massa ini. Berupa produksi informasi oleh dan dari jurnalisme warga sangat tidak memadai. Terutama mereka-mereka yang tidak memiliki bidang pengetahuan tertentu. Bukan hanya jurnalisme warga, tapi jurnalisme berbadan hukum juga sering salah.

Dalam hal ini, opini dapat digiring dalam waktu singkat saja. Perubahan makna dari kata dan pengerti kata dapat berubah secara total. Akibat dari penyampaian pesan yang sembarangan dan tidak mengindahkan pengetahuan. Pada jurnalisme warga mungkin itu wajar. Karena mereka memang tidak memiliki pengetahuan di bidang jurnalistik.

Berikut ini saya akan mengulas dari dampak buruk media milik masyarakat (medsos) dalam menyampaikan informasi. Juga salah anggap dari laporan wartawan yang tidak mengerti lingkungan hidup. Yaitu, tentang masalah banjir alami.

Masalah banjir di kawasan tanah bersungai-sungai atau di istilahkan dengan kawasan tanah renah. Kawasan renah adalah kawasan penampungan air sungai yang tidak tertampung lagi oleh badan sungai, lebung, paya-paya, atau danau saat curah hujan tinggi.

Sehingga air hujan yang melimpah tersebut meluap ke permukaan dan menggenangi daratan. Seluruh daratan ini adalah kawasan renah namanya. Saat itulah tercipta luasnya genangan air antar sungai yang menyatu di kawasan tersebut.

Kawasan renah ini terdapat di pinggiran sungai-sungai. Terjadi setiap tahun dalam musim penghujan. Tergantung pada cura hujan, kalau curah hujan tinggi maka air akan naik ke kawasan renah.

Dalam sebulan biasanya terjadi tiga sampai empat kali air naik ke permukaan kawasan tanah renah. Penduduk pada awal pertama pembukaan desa sudah tahu keadaan alam dan mengenali kawasan tanah renah ini.

Jadi, air naik di kawasan renah bukan suatu benca alam tapi bentuk siklus alam. Bukan pula karena hutan rusak di daerah hulu atau sebab pencemaran lingkungan. Tapi ini adalah hal yang wajar dan biasa. Namun, terkadang juga air naik cukup tinggi dengan debit yang tidak biasa. Tetap, hal ini bukan benca alam.

Dalam hal ini, naiknya air sungai di kawasan renah dengan media sosial atau media massa resmi. Adalah ketidaktahuan mereka membedakan antara banjir alami (air naik ke kawasan renah), atau banjir bencana.

Media-media sosial atau media massa memberitakan itu sebagai banjir bencana. Apabila melihat foto dan video tentu orang-orang akan percaya kalau itu bencana banjir. Sehingga timbul kritikan pada pemerintah setempat. Seandainya pemimpin tidak hadir. Takutnya, hal demikian dijadikan oknum tertentu untuk mendapatkan dana atau sumbangan. Kemudian dana tersebut mereka ambil atau korupsi.

Banjir bencana ketika banjir telah merusak tatanan alam. Misalnya daerah yang tidak pernah banjir besar, tiba-tiba banjir besar. Itu menunjukkan ada perubahan polah curah hujan. Sedangkan bajir alami atau naiknya air sungai ke kawasan renah terjadi di setiap musim hujan secara alami.

Hal-hal yang perlu pemerintah lakukan adalah. Mendata daerah kawasan renah serta merekomendasikan pembangunan bangunan panggung. Agar tidak merusak ekosistem air dan alam. Kedua mengukur batas kewajaran tinggi debit air yang dapat di katakan bencana di kawasan renah.
Kalau debit air biasa saja. Seperti banjir alami biasa. Maka tidak dapat dianggap bencana. Maka tidak boleh disebut dengan bencana banjir. Sangat mendukung apabila bekerjasama dengan BMKG. Mereka dapat memperingatkan masyarakat yang tinggal di kawasan renah. Sekaligus untuk menghindari dari tipuan publikasi. Pendataan juga akan memberikan pengetahuan untuk pertahanan dan keamanan, dalam hal ini TNI.

Biasanya pemukiman penduduk di sekitar sungai-sungai yang sering banjir saat musim hujan. Selalu banjir saat curah hujan tinggi. Itulah mengapa nenek moyang mereka membangun bangunan panggung di kawasan tersebut. Agar terhindar dari genangan naiknya air sungai saat intensitas hujan tinggi.
Pemukiman masyarakat ini terletak dikawasan tanah renah. Biasanya tidak jauh dari aliran sungai. Kawasan tanah renah adalah tanah yang subur dan tidak jauh dari sumber air. Sumber air untuk kebutuhan hidup dan untuk transportasi pada masa lalu. Sehingga pembangunan tinggi rumah sudah dihitung oleh mereka.

Telah turun temurun, mendiami ratusan tahun namun belum pernah rumah mereka tenggelam oleh banjir alami ini. Itulah mengapa timbul budaya rumah panggung pada masyarakat Indonesia. Banjir tersebut bukan banjir bencana tapi banjir alami.

Lokasi kawasan renah atau kawasan banjir alami inilah yang harus pemerintah data agar tidak terjadi kesalapahaman dan tidak ada oknum yang dapat memanfaat banjir alami untuk korupsi atau meminta bantuan bodong.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 10 Mei 2020.

Sy. Apero Fublic.

Looke Holy Lip Creme Thalia. Kosmetik Kecantikan.

Apero Fublic.- Loke Thalia adalah bentuk kosmetik terbaru yang diproduksi dengan bahan-bahan alami dan terjamin kesehatannya. Tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti kosmetik abal-abal. Anda juga menjadi menawan dan elegan tanpa canggung atau rendah diri.

Percayakan penampilan anda pada Holy Lip Creme Thalia. Kosmetik terkini ini memiliki khasiat herbal dan bentuk warna-warnanya tidak mencolok sehingga anda tercermin sebagai wanita yang berwibawa, terhormat dan tidak tampak norak.

Looke Holy Lip Creme Thalia memberikan hasil akhir matte. Memiliki tekstur ringan dan tahan hingga berjam-jam. Dengan kandungan nutrisi didalamnnya, bibir anda tidak akan terasa kering dan mudah untuk diaplikasikan.

Holy Lip Creme Thalia, hadir dengan warna dusty pink yang terkesan lembut dan feminim. Thalia diambil dari bahasa Yunani Thaleia yang berarti mekar. Warna shade yang melambangkan bunga mekar ini memberi kesan tampilan feminim, lembut, natural dan anggun.

Manfaat, membantu melembabkan dan melindungi bibir. Sebagai eyeshadow, sebagai blush on, sebagai lipstik. Sedangkan untuk cara pakai, Sebagai Lipstik, yaitu dengan mengaplikasikan Holy Lip Creme Thalia di area bibir.

Sebagai eyeshadow, yaitu ambil warna Lip Creme di telapak tangan, lalu taburkan di kelopak mata secara merata. Sebagai blus on. Yaitu dengan ambil warna Lip Creme di telapak tangan, lalu baurkan di area pipi sedikit demi sedikit secara merata.

Netto. 4 ml.
Badan POM NA 18171305705.
Tertarik dengan produk unggulan ini. Kontak. HP/WA. 089607544565.

Oleh. Rita Puspita Sari.
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 10 Mei 2020.
Sumber. Katalog produk-produk PT. Natural Nusantara Indonesia.

Sy. Apero Fublic.

Holy Lip Creme Irene. Kosmetik Kecantikan

Apero Fublic.- Looke Irene adalah bentuk kosmetik terbaru yang diproduksi dengan bahan-bahan alami dan terjamin kesehatannya. Tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti kosmetik abal-abal. Anda juga menjadi menawan dan elegan tanpa canggung atau rendah diri.

Percayakan penampilan anda pada Holy Lip Creme Irene. Kosmetik terkini ini memiliki khasiat herbal dan bentuk warna-warnanya tidak mencolok sehingga anda tercermin sebagai wanita yang berwibawa, terhormat dan tidak tampak norak.

Holy Lip Creme Irene, hadir dengan warna pink mauve yang terinspirasi dari Dewi Kedamaian. Warna ini cocok untuk semua warna kulit. Looke Holy Lip Creme memberikan hasil akhir matte. Memiliki tekstur ringan dan tahan hingga berjam-jam. Dengan kandungan nutrisi didalamnnya, bibir anda tidak akan terasa kering dan mudah untuk di aplikasikan.

Manfaat, Membantu melembabkan dan melindungi bibir. Sebagai eyeshadow, sebagai blush on, sebagai lipstik. Untuk Cara Pakai, Sebagai Lipstik, yaitu dengan mengaplikasikan Holy Lip Creme diarea bibir.

Sebagai eyeshadow, yaitu ambil warna Lip Creme di telapak tangan, lalu taburkan di kelopak mata secara merata. Sebagai blus on. Yaitu dengan ambil warna Lip Creme di telapak tangan, lalu baurkan di area pipi sedikit demi sedikit secara merata.

Netto. 4 ml
Badan POM NA 18171305854.
Tertarik dengan produk unggulan ini. Kontak. HP/WA. 089607544565.

Oleh. Rita Puspita Sari.
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 10 Mei 2020.
Sumber. Katalog produk-produk PT. Natural Nusantara Indonesia.

Sy. Apero Fublic.

Looke Holy Lip Polish Luna. Produk Perawatan Bibir.

Apero Fublic.- Kabar gembira buat kaum hawa di Indonesia. Sekarang telah hadir produk unggulan perawatan bibir dan sekaligus sebagai kosmetik pewarna bibir. Formulasinya bukan hanya sebagai kosmetik saja, tetapi sekaligus herbal perawatan pada bibir indah kaum hawa. Apa nama produk moderen tersebut, yaitu Looke Holy Lip Polish Luna. Cocok untuk semua jenis kulit di dunia.

Looke Luna, merupakan lip gloss yang diformulasikan dengan Vitamin E dan shea butter untuk melembabkan dan melindungi bibir Anda sepanjang hari. Hasil akhir yang mengkilap pada produk ini dapat memberikan efek tebal pada bibir anda tanpa memberikan rasa lengket. Anda dapat menggunakan produk ini sendiri atau di tumpuk di tumpuk di atas Holy Lip Creme.

Manfaat, pertama membantu melembabkan dan melindungi bibir. Kedua, sebagai lip topper. Ketiga, sebagai eyeshadow topper. Cara pakai, Sebagai Single Use: aplikasikan Holy Lip Polish di area bibir secara merata untuk memberikan kesan bibir yang sehat dan tebal.

Sebagai Lip Topper: Aplikasikan Holy Lip Polish di area bibir setelah menggunakan Holy Lip Creme. Sebagai Eyeshadow Topper: Aplikasikan Holy Lip Polish di area kelopak mata setelah menggunakan eyeshadow.

Holy Lip Polish Luna adalah warna Luna yang terinspirasi oleh Dewi Bulan dalam mitologi Yunani kuno yang hadir dalam bentuk lip gloss. Luna berarti kilau yang sesuai dengan efek yang diberikan produk ini pada saat pemakaian. Luan memberi efek glossy dengan formula ringan dan memberi efek bibir terlihat tebal.

Netto: 4 ml.
Badan POM NA 18171305707.
Tertarik dengan produk unggulan ini. Kontak. HP/WA. 089607544565.

Oleh. Rita Puspita Sari.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 10 Mei 2020.
Sumber. Katalog produk-produk PT. Natural Nusantara.

Sy. Apero Fublic

Film Osman. Kisah Sejarah Berdirinya Kekhalifaan Turki Usmani (Ottoman Empire)

Apero Fublic.- Hampir semua orang berpendidikan yang cukup di masa sekarang mengetahui kebesaran kekhalifaan Islam Turki Usmani. Sebuah imperium yang sangat besar dan kuat pada masanya. Kekhalifaan Turki Usmani menguasasi tiga sisi dataran benua, yaitu Benua Eropa bagian timur, Afrika Utara sampai ke Sudan dan Asia Barat.

Di Asia dari selat basporus sampai ke laut hitam dan membentang ke Palestina. Berdiri selama enam ratus tahun dan menjadi pelindung Islam pada masa itu. Kehidupan politik Timur Tenga juga tentram dan tidak banyak pertikaian.

Berbeda setelah Turki Usmani runtuh karena aneksasi kekuatan Barat. Sejak runtuhnya kekhalifahan Turki Usmani. Timur Tengah tidak pernah stabil sampai sekarang. Ini menunjukkan kalau kawasan Asia Barat harus memiliki sebuah pemersatu dan kekuatan pengontrol. Kekuatan tersebut harus kekuatan Islam agar berhasil.

Turki Usmani atau dikenal di dunia Barat dengan Ottoman Impire. Didirikan oleh Usman atau Osman dari suku Turki, klan Bey. Pada awalnya Usman meneruskan kepemimpinan beyelik dari kakeknya Sulaiman Syah dan ayahnya Ertugrul. Dukungan klan lainnya menjadikan Usman semakin kuat.

Kepindahan Suku Turki semi nomaden adalah karena desakan suku Mongol yang kejam. Selain itu, orang-orang turki yang menjadi pengembala ternak terus mengembara mencari lahan subur baru. Sehingga sampailah mereka di Anatolia yang kelak menjadi Negara Turki sekarang.

Apabila ingin mengetahui sosial budaya bagaimana pola kehidupan Suku Turki. Dapat dipelajari dari film Osman dari Bolum Fregmani. Yang tayang setiap hari Kamis pada cenal YouTube TV ATv, berbahasa Turki. Beberapa hari selanjutnya ada juga cenal yang menayang ulang dengan subtitle bahasa Inggris.

Pada film tersebut kita dapat membayangkan bagaimana proses berdirinya sebuah kesultanan terbesar Islam pada abad pertengahan. Film baru tayang 20 episode. Sehingga belum banyak yang dapat disimpulkan.

Pada abad ke 13 Masehi itu, bagaimana telah terbentuk sebuah pola politik terhormat. Orang-orang yang sudah menegakkan hukum yang sesuai pada zaman itu. Bagaimana suasana konflik internal sesama keluarag, sesama klan Bey dalam menegakkan supremasi masing-masing. Tergambar jelas dari jalan film.

Kemudian konflik dengan suku Mongol dan konflik dengan Kelompok Kristen Ortodok. Juga masih mendominasi jalannya film sama seperti film Ertugrul sebelumnya. Begitu pun keadaan politik yang sangat labil dan kapan saja dapat berubah sewaktu-waktu. Suku Mongol yang sangat kejam masih belum memeluk Islam.

Sistem kepemimpinan beyelik berdasarkan keturunan dan senioritas. Pemilihan dilakukan secara demokratis oleh ketua-ketua kelompok. Dari ketua beyelik juga akan memilih pimpinan dari semua beyelik-beyelik. Osman atau Usman anak ketiga dari Ertugrul menjadi satria pada masa itu. Pewaris kedua dari kekuasaan Sulaiman Syah.

Sehingga Usman menjadi simbol perjuangan dan persatuan. Peran ulama dan tetua semua suku sangat penting dalam mendukung terciptanya sebuah kekuatan besar di Anatolia. Kelak berdiri Kesultanan Turki Usmani.

Penayangan film Osman atau Usman sempat ditunda tiga minggu. Karena pandemi virus corono yang juga menyerang Turki. Sehingga penonton dibuat menunggu dalam waktu lama. Sekarang pada kamis akhir April film Osman telah kembali tayang. Semakin seruh dan semakin menegangkan.

Sedikit hal yang kurang. Dalam beraksi film Osman ini. Agak kurang seru karena Osman selalu sendirian atau berdua saja. Seharusnya dia juga memiliki pasukan bayangan yang selalu melindungi dan membantu.

Berbeda dengan serial Ertugrul yang dimana Ertugrul selalu ditemani sahabat setianya, seperti Turgut, Bamsi, dan sahabat lainnya. Kemudian sumber daya manusia pada film Ertugrul juga banyak. Tidak terlalu seperti film heroisme (spiderman).

Pergerakan para Alp atau pasukan cukup memadai dalam berperang dan bentrok. Sehingga sesuai dengan kekuatan manusia biasa. Intrik dan setrategi perang film Ertugrul lebih mantap dan sesuai. Seharusnya film Osman lebih hebat dari Ertugrul. Karena dia pendiri Kesultanan.

Semoga suatu hari para produser film mau menayangkan film Ertugrul dan Film Osman dengan subtittle atau alih bahasa, bahasa Indonesia. Mengingat Indonesia sebagai negara Muslim besar pasti penonton akan melonjak dan sangat menyukainya. Dari pada film-film Indonesia yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 4 Mei 2020.
Sumber foto. Scrincut Cenal ATv.

Sy. Apero Fublic.

Film Ertugrul. Pembelajaran Sejarah dan Kebudayaan Turki Masa Lalu.


Apero Fublic.- Sebuah film yang sangat bagus dihadirkan oleh sebuah perusahaan perfileman Turki. Di tayangkan oleh TRT atau Layanan Penyiaran Public dari Turki. Film yang mengangkat cerita permulaan terbentuknya cikal bakal kesultanan Turki Usmani.

Jalan film bermula di sebuah lembah subur Kayi Obasi pada tahun 1225 Masehi. Dengan pimpinan beyelik Sulaiman Syah. Mereka mengabdikan diri pada kesultanan Seljuk. Sekaligus penjaga perbatasan antara dua kekuasaan, Kesultanan Seljuk dan Kerajaan Bizantium.

Film berlatar sejarah dan nuansa kebudayaan kelompok-kelompok suku Turki dari klan Bey. Dimana kehidupan semi nomaden yang masi mereka jalankan saat itu. Suku pengembara dengan hewan ternak datang dari kawasan Asia Tengah. Salah satu faktor kedatangan mereka adalah menghindari bentrokan dengan suku Mongol.

Mereka mencari kehidupan dengan mendatangi lembah-lembah subur dan padang rumput luas. Pengembaraan kelompok-kelompok tersebut akhirnya sampai di Anatolia. Orang-orang Turki masa itu telah memeluk Islam. Kesultanan Seljuk yang berdiri di dekat perbatasan Suriah sekarang menjadi pelindung mereka.

Masa itu, sebagain dari daratan Anatolia atau wilayah Turki sekarang sebagiannya masih dikuasai oleh Bizantium. Kisah dalam film Ertugrul bermulah dari sebuah lembah bernama Kayi Obasi. Suatu saat setelah wafatnya Sulaiman Syah lemba Kayi Obasi di serbu orang Mongol dan membantai masyarakatnya. Untuk keluarga Ertugrul masih selamat. Mereka kemudian mengungsi ke klan Bey dan tinggal beberapa saat di sana. Terjadinya konflik internal dan akhirnya kakak Ertugrul yang menggantikan pimpinan beyelik tersebut. Sedangkan Ertugrul pergi membawa pengikutnya dan membentuk daerah baru. Yang kemudian akan di teruskan oleh keturunannya, Osman atau Usman.

Kawasan itu adalah kawasan sangat genting dan rawan. Dimana peperangan dapat terjadi seketika dan dimana saja. Politik yang tidak stabil, intrik dan politik internal sesama klan Bey. Begitupun dengan sepupu suku Turki yaitu Suku Mongol yang bar-bar. Aneksasi dan intrik dari pihak Bizantium juga menambah keadaan yang tidak stabil dan rumit.

Dalam hal kebudayaan menampilkan kehidupan orang-orang Turki masa itu. Mulai dari sorban, baju juba dan gamis untuk kaum wanita. Sebuah kain penutup kepala yang diikatkan atau semacam jilbab selendang. Masa ini masih tarap teknologi sederhana. Memiliki sifat persaudaraan yang tinggi dan tanggung jawab penuh. Hukum ditegakkan dan sesuai kesepakatan.

Segi kebudayaan, mereka memiliki sebuah pisau yang dibawa kemana-mana. Diselipkan di depan dada. Kalau keluar wilayah kediaman menunggangi kuda, membawa pedang, pana, tameng, dan perbekalan seperti air minum. Bangunan tempat tinggal mereka berupa tenda yang terbuat dari kulit dan kain. Kursi pemimpin berupa bangku sederhana. Pemimpin di pilih secara demokratis oleh kepala-kepala suku mereka. Makanan pokok mereka berupa roti dari gandum dan makanan dari ternak, kuda, domba, dan susu.

Kehidupan bergama juga mulai berkembang sedikit demi sedikit. Sudah banyak tokoh sufi yang menyebarkan Islam. Penggunaan tulisan arab dan kitab suci Al-Quran menjadi simbol keberkahan kepemimpinan. Karena Al-Quran, pedang, dan bedera suku mereka menjadi hal yang sangat dihormati saat penyerahan kekuasaan.

Persinggungan Ertugrul dengan Jengis Khan adalah salah satu hal yang menakjubkan. Dimana pergolakan Ertugrul dengan Jengis Khan yang dapat, Ertugrul atasi dengan baik.

Dalam kisah ini, dapat di simpulkan bahwa perkembangan kekuatan Ertugrul berlangsung tanpa ambisi. Tapi karena adanya bentuk pembelaan diri dari lawan-lawan sekitar. Bukan beralasan invasi atau penaklukan seperti yang Jengis Khan dan keturunannya lakukan. Penyerangan hanya berupa hukuman terhadap lawan yang berniat jahat. Sehingga wilayah mereka terus meluas.

Film Ertugrul ini berjumlah 150 episode. Dengan durasi dua jam lebih. Di bintangi oleh pemeran yang cantik dan tampan. Dalam pertarungan juga tidak terlalu di buat-buat dan terlihat alami. Sehingga penonton akan masuk dalam suasana yang sebenarnya terjadi pada masa lalu.

Bagi kamu yang ingin mengetahui kehidupan sosial budaya dan sejarah Turki di abad ke 13 Masehi. Dapat menonton film Ertugrul dari cenal youtube TV TRT. Semoga suatu saat film Ertugrul ini dapat tayang di Indonesia dengan subtitle atau alih bahasa dialog berbahasa Indonesia.

Anda dapat mencari film Ertugrul dengan kata kunci Ertugrul Bolum 1-150. Tapi agar paham baiknya Toton dari episode pertama. Setelah itu, lanjutkan dengan menonton serial Osman.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 10 Mei 2020.
Sumber foto. Scrincut cenal TRT.

Sy. Apero Fublic.

5/08/2020

Ayah Maafkan Aku

Apero Fublic.- Kita semua memiliki seorang ayah. Dia yang telah menyemai benih pada rahim ibu kita. Sehingga kita dapat hadir di dalam kandungan ibu. Tapi ayah merawat kita dan merawat ibu kita. Dia tidak mengandung kita, tidak banyak menggendong kita. Dia tidak banyak berkata-kata dan bercanda.

Terkadang dalam satu hari dia tidak berkata-kata pada kita. Saat kita bangun dia telah pergi bekerja. Saat dia pulang kita sudah tertidur. Tidak ada bekas gendongan di bahunya. Tidak ada suapan dari tangannya kemulut kita. Dia lebih kasar dari ibu, dan tidak segan memukul kita atau memarahi kita.

Coba kita perhatikan, saat dia pulang. Tubuhnya bau keringat dan kakinya pegal. Bahunya terluka memanggul beban kerja. Kulitnya yang dulu cerah, perlahan menghitam. Bajunya yang dulu bersih sekarang mulai kumal.

Kita berkali-kali berganti baju. Tapi dia tetap baju yang sama bertahun-tahun. Kadang dia memilih baju bekas dari saudara sudah cukup. Atau dia makan seadanya di tempat kerja. Sedangkan kita makan enak di tempat kulia atau saat jalan-jalan.

Kita santai di siang hari, dan bangun kesiangan tidak mengapa. Tapi ayah tidak dia harus bangun dengan tergesah-gesah. Dia malu kalau anak dan istrinya tidak makan besok. Dia sedih kalau anak-anaknya tidak dapat besekolah. Tidak sama seperti anak-anak orang. Masihkan kita meremehkan dia.

Atau berbuat melukai hatinya. Kalau kamu mampu, berarti kamu tidak punya hati. Mencintai ayah kita, bukan dengan salim tangan. Tapi menjadi pribadi yang baik dan selalu berusaha menjadi terbaik. Menjadi orang jujur dan manusia yang berguna.


AYAH MAAFKAN AKU

Ayah
Dalam selimut hari-hari
Disepanjang masa dan tahun-tahun
Terik dan hujan, lelah dan letih
Kau simpan di balik senyummu
Tertawa dirimu, berbohong dilugunya kami
Kami tiada pernah tau
Semua mengira, baik-baik saja.

Ayah,
Adakah kata yang lebih baik
Yang dapat kami ucapkan
Dari semua khilaf dan nakalnya aku
Mengapa kau begitu bijaksana
Saat aku sadar, betapa terpukulnya jiwaku
Kau sedang mengajarkan
Sebuah kehidupan

Ayah
Aku yang dahulu begitu hebat
Aku yang dahulu begitu kuat
Kini telah rapu dan lemah
Dibawah telapak kakimu
Aku tahu
Kau bukan hanya memikul beban
Tapi menjadi guru kehidupan
Pada tataran terendah, yang menyakitkan

Ayah, ayahku
Perlahan kecut kulit wajahmu
Rambutmu mulai memutih kini
Langkahmu mulai lamban dan gontai
Baru kami sadar
Kaulah tameng dan benteng terbesar

Ayah, izinkan aku menangis
Hari ini, dan hari-hari yang akan datang
Aku menyesal telah tumbuh begitu keras
Aku menyesal telah lahir begitu egois

Ayah
Kini aku persembahkan kehidupanku
Demi engkau dan usaha perjuanganmu
Semua akan aku perjuangkan demimu
Aku persembahkan semua
Hanya untukmu
Walau tiada seberapa
Bila dibanding jasamu.

Ayah, aku bersimpu
Saat kau hidup, dan saat kau tiada.

Oleh. Sadaria.
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Indralaya, 8 Mei 2020.
Terima kasih buat Apero Fublic telah bersedia menerbitkan syarce atau syair cerita karya saya. Kurang lebih mohon maaf karena saya masih dalam tahap belajar menulis. Aku persembahkan syarce ini pada ayah tercinta.

Buat teman-teman yang mau mempublikasikan karya puisi atau jenis karya tulis lainnya. Kirim saja ke Apero Fublic atau Jurnal Sastra Apero Fublic melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com.

Sy. Apero Fublic

IBU. Aku Bersimpu Di Kakimu

Apero Fublic.- Siapa yang tidak punya ibu. Makhluk yang sangat mulia dan penuh cinta. Ibu merawat kita sejak kita di dalam rahimnya. Sampai dia masih mampu dan selamanya hingga hayatnya. Ibu tidak memadamkan cahaya kasihnya. Cintanya seperti air mengalir yang tak sudah-sudah.

Aku lahir dari keluarga sederhana. Tumbuh dan besar disamping ibu. Sehingga aku tahu dan menyaksikan bagaimana kesulitan ibu. Bagaimana ibu berusaha sekuat tenaga untuk rumah tangganya. Cobaan demi cobaan dia berusaha kuat dan sabar. Sedangkan kita masih lugu tanpa mampu berbuat apa membantunya.

Sampai akhirnya tumbuh dewasa dan sampai sekarang. Ibu masih dalam tugasnya tanpa henti dan tanpa jedah. Kita dapat bermain dan pergi kemana-mana. Tapi dia diam dan tetap pada tugasnya. Tidak ada gaji dan tidak ada honornya. Justru dia memberikan kita apa yang dia punya. Ibu, aku bersimpu di kakimu.

Aku tahu maaf ibu seluas rahmat tuhan. Tapi kehilafan selama ini rasanya sangat memukul jantungku. Betapa tidak, alangkah kejam dan jahatnya aku. Saat ada kata-kata, perbuatan atau tindakan yang membuat dia terluka dan tersinggung. Tapi dia tidak mempermasalakan itu. Ibu, maafkan aku sungguh aku mencintaimu.


IBU AKU BERSIMPU

Ibu
Dalam hening kesendirian ini
Aku kembali ke garis waktu
Mengenang yang terjadi
Mengulang semua yang lalu

Ibu
Denyut jantung berhenti
Saat aku menyadari
Aku hanyalah anak kecil
Yang dahulu kau gendong dan kau sayangi
Ibu, aku mengingat masa itu
Begitu banyak derita-deritamu
Menegakkan rumah tangga kita
Kau berjuang sendiri, di pupuk kekhawatiran hidup
Dalam sepi dan kesendirian.

Ibu, keringat dan darahmu mengucur
Sebab duka, luka dan deritamu
Kau berkorban tiada terkira demi kami
Dengan rasa sabar dan keikhlasan

Ibu
Perlahan dan pasti
Wajahmu telah berkerut dengan cepat
Rambutmu memutih dengan cepat
Satu demi satu gugur
Kau semakin lemah
Belum juga aku dapat membahagiakanmu,
membanggakanmu

Ibu
Sunggu aku memohon ampun padamu
Atas semua salah dan khilafku
Aku tahu, maaf mu seluas rahmat Allah
Namun izinkan aku memohon ampun
Bersimpu di kakimu

Oleh. Sadaria
Editor. Desti. S.Sos
Fotografer. Dadang Saputra
Indralaya, 7 Mei 2020.
Aku persembahkan syarce ini untuk ibu. Walau aku tidak mungkin dapat membalas jasa ibu sedikit pun walau aku memberikan emas sebesar gunung. Tapi aku bersykur dan menyadari betapa besar pengorbanan seorang ibu.

Buat teman-teman yang mau mempublikasikan karya puisi atau jenis karya tulis lainnya. Kirim saja ke Apero Fublic atau Jurnal Sastra Apero Fublic melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com.

Sy. Apero Fublic

Syarce. CANTIK

Apero Fublic.- Kamu pernah ingin melukiskan kecantikan seseorang. Tapi tidak dapat dilakukan sebab tentu itu tidak begitu menarik bagi orang tersebut. Karena kita bukanlah orang spesial dalam hidupnya.

Ungkapan kecantikan pada dirinya bukan hanya pada wajah dan bentuk tubuhnya. Tapi juga pada sisi akhlak dan budi baiknya. Sehingga menimbulkan kekaguman padanya. Beruntunglah seorang wanita yang tumbuh menjadi pribadi yang baik dan salihah.

Aku berharap kelak memiliki anak seperti dia. Atau memiliki menantu yang seperti dia. Kalau seorang pemuda tentu ingin menjadikan sebagai istri tercintanya. Yaitu, wanita cantik di kedua sisinya. Dari rupa dan akhlaknya. Orang tua yang beruntung sekali memiliki anak yang demikian.

CANTIK

Salju putih menghampar indah
Menyelimuti hamparan bukit dan pegunungan
Pemandangan yang sungguh menakjubkan
Tampak indah dan cantik
Menggoda untuk bermain di sana

Coba kau lihat, hamparan senja
Sungguh indah dan permai
Merah, jingga, unggu dan permata
Memancar merah meronah menghias lautan
Mempesona mata yang menatapnya

Bunga
Bunga-bunga indah di taman
Sunggu harum dan menawan
Membuat hati jadi tertawan
Mempesona setiap insan

Lukisan
Lukisan maha karya
Sungguh indah dan berharga
Tiada kata yang dapat melukiskan
Hanya dapat berkata, subhanalah

Sesungguhnya, dan sejujurnya
Bukan itu pujian pada benda-benda
Hanya hanya hendak berkata
Kalau engkaulah yang sungguh berharga

Aku bukan memuji-muji dunia
Tapi sedang mumujimu, jelita
Kau yang cantik, kau yang indah
Sudah lama aku ingin berkata
Tapi malu pada cinta.

Oleh. Ayu Faqiah
Editor. Desti. S.Sos
Fotografer. Dadang Saputra
Banda Aceh. 7 Mei 2020.
Buat semuanya terima kasih telah berkunjung ke halaman syarce saya. Maaf baru belajar menulis syarce dan puisi. Semoga memberi inspirasi buat pencinta sastra rakyat. Juga memberikan warna dalam dunia sastra.

Kalau kalian ingin mempublikasikan karya tulis kalian. Kirim saja ke Apero Fublic melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau email redaksi Jurnal Sastra Apero Fublic duniasastra54@gmail.com.

Sy. Apero Fublic