5/09/2020

Film Ertugrul. Pembelajaran Sejarah dan Kebudayaan Turki Masa Lalu.


Apero Fublic.- Sebuah film yang sangat bagus dihadirkan oleh sebuah perusahaan perfileman Turki. Di tayangkan oleh TRT atau Layanan Penyiaran Public dari Turki. Film yang mengangkat cerita permulaan terbentuknya cikal bakal kesultanan Turki Usmani.

Jalan film bermula di sebuah lembah subur Kayi Obasi pada tahun 1225 Masehi. Dengan pimpinan beyelik Sulaiman Syah. Mereka mengabdikan diri pada kesultanan Seljuk. Sekaligus penjaga perbatasan antara dua kekuasaan, Kesultanan Seljuk dan Kerajaan Bizantium.

Film berlatar sejarah dan nuansa kebudayaan kelompok-kelompok suku Turki dari klan Bey. Dimana kehidupan semi nomaden yang masi mereka jalankan saat itu. Suku pengembara dengan hewan ternak datang dari kawasan Asia Tengah. Salah satu faktor kedatangan mereka adalah menghindari bentrokan dengan suku Mongol.

Mereka mencari kehidupan dengan mendatangi lembah-lembah subur dan padang rumput luas. Pengembaraan kelompok-kelompok tersebut akhirnya sampai di Anatolia. Orang-orang Turki masa itu telah memeluk Islam. Kesultanan Seljuk yang berdiri di dekat perbatasan Suriah sekarang menjadi pelindung mereka.

Masa itu, sebagain dari daratan Anatolia atau wilayah Turki sekarang sebagiannya masih dikuasai oleh Bizantium. Kisah dalam film Ertugrul bermulah dari sebuah lembah bernama Kayi Obasi. Suatu saat setelah wafatnya Sulaiman Syah lemba Kayi Obasi di serbu orang Mongol dan membantai masyarakatnya. Untuk keluarga Ertugrul masih selamat. Mereka kemudian mengungsi ke klan Bey dan tinggal beberapa saat di sana. Terjadinya konflik internal dan akhirnya kakak Ertugrul yang menggantikan pimpinan beyelik tersebut. Sedangkan Ertugrul pergi membawa pengikutnya dan membentuk daerah baru. Yang kemudian akan di teruskan oleh keturunannya, Osman atau Usman.

Kawasan itu adalah kawasan sangat genting dan rawan. Dimana peperangan dapat terjadi seketika dan dimana saja. Politik yang tidak stabil, intrik dan politik internal sesama klan Bey. Begitupun dengan sepupu suku Turki yaitu Suku Mongol yang bar-bar. Aneksasi dan intrik dari pihak Bizantium juga menambah keadaan yang tidak stabil dan rumit.

Dalam hal kebudayaan menampilkan kehidupan orang-orang Turki masa itu. Mulai dari sorban, baju juba dan gamis untuk kaum wanita. Sebuah kain penutup kepala yang diikatkan atau semacam jilbab selendang. Masa ini masih tarap teknologi sederhana. Memiliki sifat persaudaraan yang tinggi dan tanggung jawab penuh. Hukum ditegakkan dan sesuai kesepakatan.

Segi kebudayaan, mereka memiliki sebuah pisau yang dibawa kemana-mana. Diselipkan di depan dada. Kalau keluar wilayah kediaman menunggangi kuda, membawa pedang, pana, tameng, dan perbekalan seperti air minum. Bangunan tempat tinggal mereka berupa tenda yang terbuat dari kulit dan kain. Kursi pemimpin berupa bangku sederhana. Pemimpin di pilih secara demokratis oleh kepala-kepala suku mereka. Makanan pokok mereka berupa roti dari gandum dan makanan dari ternak, kuda, domba, dan susu.

Kehidupan bergama juga mulai berkembang sedikit demi sedikit. Sudah banyak tokoh sufi yang menyebarkan Islam. Penggunaan tulisan arab dan kitab suci Al-Quran menjadi simbol keberkahan kepemimpinan. Karena Al-Quran, pedang, dan bedera suku mereka menjadi hal yang sangat dihormati saat penyerahan kekuasaan.

Persinggungan Ertugrul dengan Jengis Khan adalah salah satu hal yang menakjubkan. Dimana pergolakan Ertugrul dengan Jengis Khan yang dapat, Ertugrul atasi dengan baik.

Dalam kisah ini, dapat di simpulkan bahwa perkembangan kekuatan Ertugrul berlangsung tanpa ambisi. Tapi karena adanya bentuk pembelaan diri dari lawan-lawan sekitar. Bukan beralasan invasi atau penaklukan seperti yang Jengis Khan dan keturunannya lakukan. Penyerangan hanya berupa hukuman terhadap lawan yang berniat jahat. Sehingga wilayah mereka terus meluas.

Film Ertugrul ini berjumlah 150 episode. Dengan durasi dua jam lebih. Di bintangi oleh pemeran yang cantik dan tampan. Dalam pertarungan juga tidak terlalu di buat-buat dan terlihat alami. Sehingga penonton akan masuk dalam suasana yang sebenarnya terjadi pada masa lalu.

Bagi kamu yang ingin mengetahui kehidupan sosial budaya dan sejarah Turki di abad ke 13 Masehi. Dapat menonton film Ertugrul dari cenal youtube TV TRT. Semoga suatu saat film Ertugrul ini dapat tayang di Indonesia dengan subtitle atau alih bahasa dialog berbahasa Indonesia.

Anda dapat mencari film Ertugrul dengan kata kunci Ertugrul Bolum 1-150. Tapi agar paham baiknya Toton dari episode pertama. Setelah itu, lanjutkan dengan menonton serial Osman.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 10 Mei 2020.
Sumber foto. Scrincut cenal TRT.

Sy. Apero Fublic.

1 comment:

  1. Thank you I very very very like this is film....😉😉
    #keep spirit for sutradara film ini..
    Thank you thank you...Alhamdulillaah 👍👍💖

    ReplyDelete