Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

3/14/2020

Ada Apa Dengan Taman-Taman di Kota Sekayu???

Apero Fublic.- Taman Selamat Datang Kota Sekayu tampak kurang diperhatikan. Namun pembangunan taman-taman terus berkelanjutan. Seperti Taman Bundaran, Taman di Depan Istana Bupati, dan banyak lagi taman-taman di Kota Sekayu. Sepertinya PEMDA Musi Banyuasin sangat suka membangun taman-taman. Seberapa penting taman-taman wisata yang dibangun.

Apabila pemerintah memang bermaksud membangun tempat wisata. Seharusnya jangan hanya taman yang bersifat tidak mendidik. Membangun tempat wisata harus bersifat berkelanjutan yang dipadukan dengan budaya masyarakat. Keterkaitan sejarah dan budaya sehingga ada nilai-nilai edukasi untuk masyarakat. Sebut saja misalnya adakan program pemugaran candi di Teluk Kijing. Penetapan kampung budaya di mana ada rumah-rumah tradisional masyarakat. Seperti rumah panggung basepat (rumah panggung lantai berundak). Wisata kebudayaan Islam dimana nilai-nilai budaya dan sejarah yang dijual. Dapat menggali sejarah Masjid Agung Sekayu.

Seandainya PEMDA hanya membangun taman-taman untuk anak-anak muda dan anak-anak sekolah. Sebut saja taman-taman yang menyajikan aikon-aikon negara luar (patung liberti, Dll). Kalau kita lihat itu hanyalah bentuk penghabisan anggaran Daerah. Karena yang datang hanya anak-anak muda sambil pacaran dan anak-anak kecil bermain. Tidak ada edukasi sama sekali. Ketika semua sudah datang melihat. Semua bosan dan akhirnya taman-taman seperti itu menjadi ketinggalan dan hancur.

Saat Tim Apero Fublic sampai di Kota Sekayu. Berbanding terbalik ketika melihat jalan raya di area Taman Selamat Datang yang jalannya tergenang air hujan. Seharusnya tidak ada air yang menggenang di badan jalan di area Taman Selamat Datang Kota Sekayu.

Air di jalan raya yang menggenang akan menyebabkan tanah jalan akan menjadi lembut. Sehingga apabila dilalui kendaraan terus menerus, akan menyebabkan kerusakan pada badan jalan, lumpur dan becek. Sangat tidak sesuai apabila bersandingan dengan taman dikiri kanan jalan.

Sesungguhnya air tergenang adalah hal biasa di jalanan. Namun karena ini bertepatan di samping Taman Selamat Datang Kota Sekayu dikhawatirkan jalan rusak dan membuat keadaan taman menjadi kotor. Cipratan air genangan saat mobil lewat dan pemandangan suasana yang kotor.

Di harapkan pihak terkait untuk memperhatikan keadaan jalan di sekitar Taman Selamat Datang Kota Sekayu. Sebelum jalan menjadi rusak parah. Paling tidak mengusahakan agar jalan tidak tergenang air saat hujan. Mengingat Taman Selamat Datang mewakili Kota Sekayu. Akan sangat tidak sesuai dengan slogan Kota Sekayu, RANDIK (Rapi Aman Indah dan Kenangan).

Masyarakat yang berlalu adakalanya berhenti untuk mengabadikan kenangan lalu berfoto atau membuat video. Sehingga akan merusak citra Kabupaten Musi Banyuasin. Taman Selamat Datang Kota Sekayu adalah wajah. Seandainya terlihat tidak diperhatikan. Maka pandangan umum begitulah keadaan Kabupaten Musi Banyuasin.

Oleh. Tim Apero Fublic
Editor. Desti. S. Sos.
Sekayu, 7 Maret 2020.


Sy. Apero Fublic

3/13/2020

Danau Ulak Lia Anugerah Tuhan Yang Terbuang

Apero Fublic.- Danau Ulak Lia adalah sebuah danau yang cukup luas. Terletak di Kabupaten Musi Banyuasin. Potensi ekonomi yang cukup besar dapat dikembangkan di danau air tawar ini. Namun sayang pemerintah tidak mampu mengelolah sumber daya danau yang melimpah. Sepintas lalu saat kita lewat melihat gapura Danau Ulak Lia tampak megah.

Namun saat kita masuk ke lokasi danau. Kita akan disambut tanah berlumpur merah dengan gapura yang tidak terurus. Begitupun dengan di sekitar tebing danau. Hanya ada selajuran jalan setapak mirip trotoar. Beberapa kursi kayu yang tampaknya dibangun pedagang beberapa tahun lalu.

Eceng gondok tumbuh subur memenuhi tepian danau. Sedangkan tempat swafoto berupa bangunan beton mirip tepian mandi berdiri di tepian tebing. Sinar matahari membuat silau dan panas apabila kita mampir. Apabila melihat sekeliling semak dan pepohonan lebat yang menutupi.

Kalau kita lihat gapura hanyalah pemanis saat warga melintas. Baik dari atau ke Kota Sekayu. Melihat itu, orang-orang berpikir  di sana mungkin telah dibangun tempat wisata yang bagus atau bermanfaat. Namun saat masuk ke lokasi melewati di bawah gapura seperti gapura kompleks mewah. Kita akan mulai melihat kalau di dalam itu hanyalah bentuk konsep lebung. Malu kalau kita menyebutnya tempat wisata Danau Ulak Lia. Tidak jelas dengan pembangunan yang diketengahkan oleh Pemerintah Daerah.

Danau yang seluas 115 H tersebut cukup luas untuk pengembangan UKM (Usaha Kecil Menengah). Dampak yang terasa dari berkembangnya tempat wisata adalah dapat mendorong pertumbuhan UKM. Dari sektor transportasi, kuliner, kerajinan, penginapan, dan lainnya.

Danau Ulak Lia dapat dikembangkan menjadi tempat wisata multi nasional. Sebab sudah cukup luas apabila dimanfaat untuk ekonomi kreatif. Namun dalam pemanfaatnya juga harus memperhatikan kelestarian lingkungan Danau Ulak Lia.

Ekonomi berbasis wisata sangat menjanjikan di era damai dan berkembang seperti sekarang. Tempat wisata akan menjadi kebutuhan pokok untuk masyarakat. Semoga Danau Ulak Lia menemukan konsep wisatanya. Sehingga tidak seperti sekarang yang tidak memiliki konsep nyata. (Tim).
Foto Danau Ulak Lia, memuat trotoar, larangan melintas dengan kendaraan bermotor di atasnya, dan pohon tua. Tampak eceng gondok memenuhi di bawah kakaki tepian danau.

Oleh. Tim Apero Fublic
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Sekayu, 9 Maret 2020.


Sy. Apero Fublic

Rencana Musim Bundesliga Akan Diakhiri Pekan Ini

Apero Fublic.- Jerman. COVID-19 atau yang lebih dikenal sebagai virus corona kini sudah sampai ke cabang-cabang olahraga dunia, khususnya sepakbola Eropa. Perencanaan penundaan pertandingan liga top elite Eropa akan benar-benar segera direalisasikan. Pasalnya, kecemasan yang terjadi disetiap cabang olahraga dunia akan berdampak buruk terhadap kesehatan para official, atlet, dan financial klub kedepannya.

Seperti yang dilakukan cabang olahraga sepakbola asal Jerman (Bundesliga), liga tersebut berencana akan mengakhiri musimnya pada pekan ini. Saat ini pemuncak klasemen Bundesliga diduduki klub asal kota Munchen (Bayern Munchen) dengan raihan 55 points. Meski begitu, nampaknya Bundesliga akan mengakhiri liganya tanpa ada klub yang meraih gelar juara dan tanpa adanya klub yang teregradasi.

Deutsche Fußball Liga (DFL) badan yang mengurusi kompetisi sepakbola Jerman memberitahukan bahwa, liganya akan tetap berjalan  seperti  biasanya,  hanya  saja  pertandingan  tersebut berjalan tanpa penonton, guna meminimalisir virus corona yang saat ini masih marak diperbincangkan publik.

"Hasilnya, Presidium DFL mengusulkan kepada Majelis Umum yang akan ditemui pada Senin depan untuk menangguhkan pelaksanaan liga (Bundesliga dan Bundesliga 2) dari Selasa (17 Maret 2020) hingga 2 April, termasuk meniadakan jeda internasional," diposting dari situs resmi DFL.

DFL juga menghimbau agar para pendukung atau penonton diharapkan tidak berkumpul di depan stadion, guna untuk mencegah penyebaran virus corona yang makin meluas.

"DFL, sebagaimana klub dan kelompok penggemar, mengimbau untuk tidak berkumpul di depan stadion agar populasi tetap dapat terlindungi. Pada hari pertandingan mendatang, klub akan mengurangi jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam permainan menjadi minimum," Tegasnya.

Oleh. Adi Putra Pratama.
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang. 13 Maret 2020.


Sy. Apero Fublic

3/12/2020

Misi Balas Dendam The Blues Pada Leg-2 Liga Champions

Apero Fublic.- London. Kekalahan 3-0 di Stamford Bridge atas tim tamu asal Jerman (Bayern Munchen), tidak melunturkan semangat para pemain klub asal London (Chelsea FC) untuk meraih kemenangan di stadion kebanggaan warga Munchen, Allianz arena.

Saat ini klub yang berjuluk The Bavarian, baru mengantongi 1 kemenangan saat melawan klub yang berjuluk The Blues pada ajang liga elite Eropa. Sebaliknya, klub yang akan bertamu pada leg-2 nanti masih diatas awan dengan meraih 7 kemenangan saat bertemu klub yang bermarkas di kota Munchen tersebut.

Menurut sejarah pertemuan dua klub ini, pada tahun 2012/2013 Allianz arena pernah menjadi saksi bisu keterpurukan klub asal Jerman tersebut, saat menghadapi Chelsea FC pada puncak final liga champions di stadion mereka sendiri, yang meninggalkan trauma mendalam bagi Bayern Munchen.

Sepeti dilansir UEFA, Rabu (26/2/2020) pelatih Chelsea FC, Frank Lampard mengatakan bahwa para pemainnya dalam kondisi fit dan akan mengusung misi balas dendam untuk meraih kemenangan di kandang Bayern Munchen. “Secara gambaran yang besar, kami melihat begitu banyak kualitas pemain yang dimiliki oleh Bayern. Ada banyak malahan.

Namun, kami tak boleh terpaku dengan hasil itu (hasil kalah 0-3 di leg pertama). Kami saat ini sedang berjuang untuk merebut posisi empat besar, dan kami harus pergi ke Munich dan memperlihatkan betapa bangganya kami. Saya akan terus bekerja keras”. ungkap mantan pemain Chelsea FC tersebut.

Dengan mengusung misi balas dendam, Chelsea FC akan tetap optimis untuk meraih kemenangan saat menghadapi Bayern Munchen. Leg ke-2 liga Champions antara Chelsea FC vs Bayern Munchen akan digelar pada 19 Maret pukul 03.00 WIB di Allianz arena.

Oleh. Adi Putra Pratama
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 12 Maret 2020.


Sy. Apero Fublic

3/10/2020

Hand Body Herbal Natural. Moreskin Hand dan Body Oil Whitening Series.


Apero Fublic.- Moreskin Hand dan Body Oil Whitening Series, produk hand body yang diperkaya dengan vitamin E yang berfungsi melembutkan kulit dan aroma wanginya bertahan sepanjang hari. Manfaat dapat membantu melembabkan kulit tangan dan badan setiap hari, terutama setelah mandi.

Kandungan mineral oil memiliki manfaat untuk melembutkan dan melembabkan lapisan atas kulit, meningkatkan kelembutan kulit dan fungsi penghalang, mencegah kehilangan air transepidermal, hydrating kulit dan stratum korneum.

Sedangkan kandungan Tocoheryl Acetate merupakan salah satu vitamin dengan formula molekul C31H5203 yang bermanfaat membantu mengembalikan kelembaban kulit wajah maupun kulit tubuh yang terkena dehidrasi. Cocok untuk jenis kulit yang rusak dan kering, sangat mudah larut pada minyak, sehingga mempunyai konsistensi yang cukup signifikan dibandingkan dengan vitamin yang larut oleh air.

Manfaat lain dari tocoheryl acetate, dapat meremajakan kulit wajah secara alami, sehingga kulit wajah terhindar dari masalah kulit keriput, garis-garis halus diusia muda. Selain itu vitamin ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang sangata penting untuk mejaga elastis sitas kulit wajah maupun kulit tubuh.

Kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya dapat menetralisir dari radikal bebas yang disebabkan karena paparan sinar matahari atau ultra violet dan mampu mengurangi timbulnya penyakit hiperpigmentasi atau flek hitam pada kulit wajah.

Saran pemakaian oleskan secara merata pada kulit tangan dan badan setiap hari, secara teratur sehabis mandi.

Netto. 100 ml.
POM. NA 18170101884
Kontak. Hp/Wa: 089607544565.

Oleh. Arip Muhtiar. S.Hum.
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 11 Maret 2020.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara (NASA).

Sy. Apero Fublic

Bedak Moderen Herbal. Moreskin Loose Powder Natural.

Apero Fublic.- Moreskin Loose Powder Natural, adalah sebuah bedak tabur yang teksturnya sangat halus, sangat bermanfaat bagi para wanita yang ingin tampil segar dan menawan. Moreskin Loose Powder mengandung Vitamin E, protein dan tabir surya.

Manfaat, membantu merawat kesehatan kulit, membantu menjaga kelembaban kulit, membantu menyerap minyak berlebih pada wajah (cocok untuk wajah yang berminyak). Membantu membuat kulit terlihat segar dan tampak berseri. Saran pemakaian, gunakan Loose Powder pada wajah setelah penggunaan Moreskin Cream secara merata atau sebagainya.

Sebagai Tabir Surya, tabir surya merupakan salah satu pelindung kulit dari dampak sinar matahari. Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan karena bisa merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Namun dilain sisi, jika terkena sinar matahari (sinar ultraviolet A atau B) terlalu lama dan tanpa perlindungan, akibatnya bisa berdampak buruk bagi warna dan kesehatan kulit Anda.

Sedangkan kandungan Vitamin E memiliki manfaat melunakkan kulit sehingga dapat membersihkan permukaan kulit dengan sangat baik tanpa membuatnya kering, dan merupakan pembersih wajah alami yang bisa digunakan. Vitamin E juga dapat mengembalikan kondisi kulit dan meremajakan kulit yang mengalami dehidrasi.

Vitamin E mencegah semua hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan keriput dengan mendorong produksi kolagen. Dengan demikian mengurangi jumlah garis halus dan tanda-tanda penuaan, dan dapat menjadi cara mencegah penuaan dini dan mengatasi penyebab kulit keriput.

Untuk Silk Protein, berguna untuk kelembaban kulit. Silk Protein memiliki sifat peningkatan nuansa kadar kelembaban yang sangat baik untuk kulit. Selain itu, sumber protein non-hewan ini sangat penting untuk memberikan perlindungan dan kesehatan pada kulit.

Netto. 20 gram
Badan POM NA 18170400382.
Kontak. WA/HP. 089607544565.

Oleh. Asdi Merka. S.Hum.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 11 Maret 2020.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara (NASA).


Sy. Apero Fublic

Masjid Agung Sekayu. Monumen Sejarah dan Budaya Islam di Kota Sekayu

Apero Fublic.- Perjalanan kebudayaan Islam di Sumatera Selatan telah memberikan suatu warisan budaya pada masyarakat di Sumatera Selatan. Salah satu bentuk hasil kebudayaan Islam adalah bangunan masjid. Bangunan masjid tradisional asli arsitektur Sumatera Selatan. Bermula dari perkembangan kebudayaan Islam semasa Kesultanan Palembang Darussalam.

Karena Palembang berkebudayaan Melayu mendapat dua pengaruh wilayah kebudayaan Cina dan Jawa. Maka muncul bentuk akulturasi budaya. Sehingga berpadu dalam arsitektur masjid Agung Palembang.

Berawal dari arsitektur Masjid Agung Palembang. Kemudian menyebar ke seluruh wilayah yang mengakui kedaulatan Kesultanan Palembang, terutama di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Tipologi atap masjid tradisional tersebut dikenal dengan istilah Tipologi Atap Mustaka Sumatera Selatan. Karena jenis atas mustaka hanya terdapat di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Ciri umum dari tipologi atap masjid asli Sumatera Selatan adalah. Pertama dari tinggi leher atap yang sedang, tidak pendek dan tidak panjang. Atap atas berbentuk limas dengan dengan kemiringan sedang. Tidak terlalu curan seperti atap tajuk dan tidak terlalu landai seperti atap mustaka Jawa. Kemudian pada tutup leher atap berbentuk miring menggelembung. Apabila di perhatikan akan sangat jauh perbedaan dengan atap-atap masjid tradisional Indonesia.

Salah satu masjid tradisional dengan tipologi arsitektur asli Sumatera Selatan adalah Masjid Agung Sekayu. Masjid terletak di Kampung IV, RT. 02, RW. 01, Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin.

Namun sayang arsitektur asli Masjid Agung Sekayu sudah hilang. Karena saat melakukan renovasi tidak mengindahkan nilai budaya dan sejarah. Pelaku renovasi menghilangkan ciri khas tiang-tiang sakaguru yang terbuat dari kayu unglen atau kayu besi (ulin). Begitupun dengan ciri-ciri lain seperti mimbar asli, dan ukiran-ukiran seni Melayu-Islam. Satu-satunya yang masih tampak dari arsitektur yang masih asli adalah bentuk atap mustaka tipologi Sumatera Selatan bagian atas.

Semoga pihak pengurus masjid menyadari arti sejarah dan budaya Islam yang tersimpan pada bangunan masjid. Begitupun pihak pemerintah, terutama Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata dapat memberikan perhatian pada arsitektur asli Masjid Agung Sekayu. Masjid Agung Sekayu dapat dijadikan lokasi wisata religi dan monumen kebudayaan asli Sumatera Selatan di Kota Sekayu.
Perhatikan bentuk atap, tutup leher atap bagian atas yang miring dan batang leher atap lurus. Kalau bentuk atap belum mengalami perubahan. Sisi persegi empat melentik ke atas dengan duri-duri berjajar disetiap sisi kerangka atap.
Sketsa di atas adalah sketsa jenis-jenis tipologi atap masjid tradisional Indonesia. Ditemukan dari Aceh sampai Papua. 1. Atap Mustaka. 2. Atap Undak atau Atap Tumpang. 3. Atap Tajuk. Untuk jenis atap mustaka terdiri dari tiga jenis atap. Amati gambar sketsa berikut ini.
Sketsa di atas adalah bentuk tipologi jenis-jenis atap mustaka. 1. Atap mustaka Sumatera Selatan. 2. Atap Mustaka Kalimantan. 3. Atap Mustaka Pulau Jawa. Pada atap mustaka Sumatera Selatan dapat anda amati kesamaan dengan atap Masjid Agung Sekayu di Atas.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S. Sos.
Fotografer. Dadang Saputra
Sekayu, 8 Maret 2020.

Referensi: Kajian Sosiologis Pada Transformasi Atap Masjid di Kota Palembang (Studi Atas Atap Tradisi dan Atap Kubah). Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2018. Mustaka: Istilah ini diambil dari kata di dalam bahasa Jawa yang berarti kepala.

By. Apero Fublic

3/09/2020

Untuk Pertama Desa Kertayu di Pimpin Kepala Desa Wanita

Apero Fublic.- Negara demokrasi telah membuka keran kepemimpinan untuk semua kalangan. Tidak membedakan jenis kelamin dan ras. Bagi kaum hawa sekarang untuk menjadi seorang pemimpin bukan hal yang mustahil lagi. Tinggal bagaimana mengasa kemampuan, memiliki pendidikan dan keberanian. Mari ikuti liputan tim Apero Fublic di Desa Kertayu.

Pemilihan kepala desa serentak yang dilangsungkan dibebrapa kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin, Senin 9 maret 2020. Salah satu kecamatan yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) adalah  Kecamatan Sungai Keruh. Ada enam desa yang menyelenggarakan PILKADES hari ini. Salah satunya Desa Kertayu.

Pemilihan kepala Desa Kertayu diikuti oleh lima calon Kepala Desa, yaitu: Nomor urut satu Aripin, nomor urut dua M. Yunus. Nomor urut tiga Sutoma. Nomor urut empat Ruben, dan nomor urut lima Ratna. Ratna seorang wanita yang ikut bertarung dalam PILKADES Desa Kertayu.

Pemilihan kepala Desa Kertayu bertempat di balai Desa Kertayu (9-3-2020). Pemungutan suara dimulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan selesai. Kondisi dan suasana PILKADES berjalan dengan sesuai rencana dan harapan baik dari masyarakat Desa Kertayu. Masyarakat tampak antusias datang ke TPS. Disambut dengan ramah oleh para panitia. Suasana damai, hangat dalam rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

Seiring waktu pemungutan suara selesai. Setelah melakukan prosedur yang sesuai aturan. Panitia, saksi-saksi dan masyarakat melaksanakan penghitungan suara dengan adil dan jujur. Adapun hasil suara pemilihan  Kepala Desa Kertayu sesuai nomor urut calon. 01. Aripin : 364 suara. 02. M Yunus : 145 suara. 03. Sutomo : 182 suara. 04. Ruben : 328 suara. 05. Ratna : 481 suara. Sedangkan suara yang dinyatak tidak sah sebanyak 13 suara.

Dari hasil penghitungan tersebut. Nomor urut lima mendapatkan suara terbanyak berjumlah 481 suara. Diikuti nomor urut satu dengan perolehan suara 364 suara. Kemudian nomor urut empat dengan 328 suara. Lalu nomor urut tiga dengan perolehan 182 suara. Sedangkan nomor urut dua mendapatkan 145 suara.

Dari hasil suara terhitung, sampai saat perhitungan saat ini. Nomor urut lima suara terbanyak. Sehingga terpilih sebagai Kepala Desa Kertayu untuk periode 2020-2026 mendatang. Semoga amanah dan dapat memimpin dengan baik. Sehingga Desa Kertayu atau di Kecamatan Sungai keruh sendiri mencatat sejarah hari ini. Karena untuk pertama kalinya ada Kepala Desa dari kaum hawa (wanita).
Foto suasana penghitungan suara dengan cara transparan dan jujur, adil dan demokratis.
Para panitia.
Para saksi-saksi dari masing-masing calon Kepala Desa Kertayu.
Para pengawas dan peninjau dari berbagai instansi terkait.

Oleh. Totong Mahipal
Editor. Desti. S. Sos.
Fotografer. Dadang Saputra
Kertayu, 9 Maret 2020.

Sy. Apero Fublic

PILKADES Desa Gajah Mati. Aman, Lancar dan Kondusip

Apero Fublic.- Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Bahkan boleh dikatakan sebagai negara demokrasi utama di dunia. Sebab hampir semua lini kepemimpinan dipilih langsung oleh masyarakat. Mulai dari Ketua Rukun Tetangga (RT), sampai tingkat tertinggi Presiden, pemimpin tertinggi negara.

Pemerintahan Indonesia sedang giat melakukan penyeragaman dalam pemilihan kepemimpinan. Atau yang dikenal dengan pemilihan serentak.

Seperti di Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin. Senin 9 Maret 2020 telah menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa Serentak. Ada enam desa yang melangsungkan pemilihan Kepala Desa. Diantaranya Desa Gajah Mati.

PILKADES Desa Gajah Mati, berlangsung diikuti oleh lima calon bakal Kepala Desa. Pada awal pendaftaran terdapat sepuluh orang Bakal Calon Kepala Desa. Namun setelah dilakukan seleksi. Hanya lima calon yang ditetapkan sebagai calon Kepala Desa. Sedangkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 2356.

Calon Kepala Desa yang ditetapkan. Padli, S. Pd dengan nomor urut satu. Nurul Aizom, S. Ag  nomor urut dua. Hendra Budianto nomor urut tiga. Deka Supriadi, S. Kep dengan nomor urut empat. Arianto dengan nomor urut lima. Kepemimpinan akan bertugas dengan masa bakti 2020-2026.

Pemilihan Kepala Desa di Desa Gajah Mati berlangsung aman, damai dan tentram. Warga datang memberikan suara dengan tertib. Para panitia yang ramah dan santun. Membuat warga menjadi antusias memberikan hak suara mereka dalam memilih pemimpin mereka lima tahun kedepan.

Dari pantauan Apero Fublic, sampai berita ini diterbitkan. Suasana pemilihan terlihat kondusip, rapi dan bersemangat (11.00 WIB). Para panitia semunya jujur dan transparan. Dapat disimpulkan demokrasi di Desa Gajah Mati telah berjalan dengan sangat baik. Semoga yang terpilih amanah.
Panitia PILKADES mengatur jalannya pemungutan suara.
Para saksi-saksi. Tampak seorang warga menandai jari tangannya dengan tinta sebagai tanda telah selesai memberikan hak suaranya. Di saksikan oleh seorang panitia.
Dua orang panitia tampak sedang menjalankan tugasnya dengan baik.
Suasana pemungutan suara. Panitia yang sibuk melayani pemilih, warga yang mengantri untuk memberikan hak suara, dan para pengawas dari berbergai instansi terkait. Terima kasih buat panitia PILKADES yang sudah bekerja keras dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Gajah Mati, 9 Maret 2020.

Sy. Apero Fublic