7/21/2020

Mengenal Tanaman Timun

Apero Fublic.- Mentimun, timun atau ketimun adalah nama jenis buah sayuran. Timun, paling terkenang dijadikan ulan makan. Buah dengan rasa tawar segar ini, sangat cocok dijadikan ulam makan.

Timun juga biasa dibuat rujak buah. Timun dijadikan campuran kuliner, seperti rujak mie, model, mieso, acar, gado-gado dan lainnya. Timun sudah dikenal oleh seluruh penduduka dunia. Ditemukan pada banyak jenis makanan.

Nama ilmiah timun adalah curcumis Sativus. Masuk dalam keluarga labu-labuan (cucurbitaceae). Mentimun masuk golongan tanaman merambat. Sehingga akan baik sekali saat budidaya disiapkan tempat merambat.

Sehingga buahnya tergantung, bersih dan berkembang dengan baik. Buahnya terdiri dari 90 adalah air. Daging buah lunak dan berkembang biak dengan biji.

Saat budidaya, timun akan mulai berbuah saat berumur empat sampai lima minggu. Bentuk buah memanjang seperti buah labu namun dengan ukuran kecil. Warna buah kehijauan dengan larik keputihan. Semakin tua buah, semakin warna kulit buah menjadi keputihan atau pucat.

Timun yang memiliki banyak kandungan air. Memberikan efek sejuk dan bermanfaat terhadap kulit. Mengandung vitamin A, B, C, kandungan mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika.

Berguna untuk perawatan kulit wajah. Timun juga banyak sekali hamanya, seperti kutu daun, kumbang daun, lalat penerek daun, penyakit lahan yang menyebabkan batang menjadi layu dan sebagainya.

Timun sudah menjadi tanaman budidaya dan menjadi kebutuhan masyarakat. Sehingga masuk dalam kategori tanaman pangan. Hati-hati dalam membudidaya timun. Hama dan penyakit dapat menyebabkan gagal panen. Menanam timun berarti Anda telah membantu negara ini makan dan Anda mendapat penghasilan.

Oleh. Zulkipli Adi Putra. S.Hum.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 21 Juli 2020.
Sumber foto: unsurtani.com

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment