7/21/2020

Mengenal Tanamn Sayur Kacang Panjang

Apero Fublic.- Kacang panjang adalah jenis tanaman sayur-sayuran. Kacang panjang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat agraris. Kacang panjang sudah ada sejak zaman dahulu dimana nenek moyang penduduk di Indonesia telah menanam kacang panjang di ladang dan kebun-kebun mereka. Kacang panjang sayuran yang sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Penduduk secara tradisional pada masa-masa zaman sejarah. Menanam kacang panjang saat mereka membuka ladang. Setelah lahan ladang dibakar, beberapa waktu kemudian penduduk menanam kacang. Pemilihan media tanam pada tanah-tanah yang terbakar dengan baik. Sebab kacang akan tumbuh sangat subur. Setelah menanam semua tanaman, maka penduduk menanam padi.

Pemilihan benih penduduk percaya buah pertama yang besar-besar. Buah dibiarkan masak sempurna dengan kulit buah telah berubah warna putih kemerahan. Lalu buah dipetik dan dikeringkan. Kemudian buah disimpan ditempat yang kering dan terlindungi. Penyimpanan buah bersamaan kulit dan biji secara utuh. Agar tidak di gangu tikus biasanya diletakkan pada wadah tergantung.

Kacang panjang memiliki nama ilmiah vigna unguiculata dari keluarha kacang-kacangan. Terdapat puluhan jenis kacang-kacangan. Kacang panjang adalah tumbuhan merambat. Sehingga saat menanam diperlukan tempat batang kacang merambat. Penduduk Melayu menyebutnya lanjaran atau garang-garang. Dimana tanaman kacang tumbuh menggantung.

Dikutif dari wikipedia, kacang panjang juga bermanfaat untuk obat dan pencegahan penyakit. Seperti mengatasi antikanker, diantaranya kanker payudara, leukimai, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, batu ginjal, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan fungsi sel darah merah, dan lainnya. Sehingga saat mengkonsumsi kacang panjang manusia telah menjaga kesehatannya.

Kacang panjang biasanya dijadikan ulam saat makan. Baik itu mentah atau direbus. Kacang panjang saat enak buah yang sudah tuah direbus. Karena rasanya manis dan enak. Kemudian kacang panjang juga di sayur, atau digulai bening. Rasa kacang panjang tawar manis dengan kandungan air mencapai 50% pada daging buah.

Kacang panjang sayur-sayuran tentu memiliki kandungan vitamin yang hampir sama dengan buah atau sayuran lainnya. Seperti mengandung vitamin A, C, magnesium, karbohidrat, serat, lemak, protein, folat, zat besi, fosfor, kaliun dan lainnya. Tentu kamu juga dalam hal kandungan vitamin berkonsultasi dengan ahlinya.

Sekarang kacang panjang sudah menjadi tanaman komoditas pertanian. Dibudidayakan dengan baik dan moderen atau tradisional. Kacang panjang dapat dibudidayakan pada lahan sempit. Bibit juga tersediah di tokoh-tokoh pertanian. Begitu pun petunjuk-petunjuk menanam juga sudah banyak di media internet.

Oleh. Zulkifli Adi Putra. S.Hum.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
OKU Selatan, 22 Juli 2020.
Sumber foto: unsurtani.com

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment