7/09/2020

Mengenal Dunia Jambu Air

Apero Fublic.- Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Beragam jenis buah-buahan tersebar dipelosok negeri. Salah satu jenis tanaman buah yang banyak dijumpai adalah tanaman buah jambu air. Kurang lebih ada puluhan jenis buah jambu air.

Dengan berbagai warna buah dan bentuk buah. Warna merah, putih, merah muda atau perpaduan dari warna-warna tersebut. Buah jambu jambu air terdiri dari berbagai bentuk. Mulai dari bentuk bulat, lonjong, dan mekar bunga. Buah jambu air memiliki tekstur yang tidak keras, dengan rasa asam manis. Memiliki kandungan air kurang lebih 90% dari komposisi buah. Sehingga rasanya segar dan mampu menghilangkan haus.

Nama ilmiah jambu air syzgium aqueum dari keluarga myrtaceae masuk dalam golongan tanaman jambu-jambuan. Jambu air adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tumbuh subur di kawasan tropis dan sub tropis.

Jambu air berkembang biak dengan biji. Namun sekarang penduduk lebih sering menanam jambu dengan cara mencangkok. Karena lebih cepat tumbuh dan kualitasnya tetap sama. Apabila penanaman dengan biji, sering jenis buah jadi berubah.

Jambu air terkecil dinamakan masyarakat Melayu dengan jambu keling atau kelingking. Karena buahnya kecil-kecil seperti buah ceri dan berbiji. Diikuti jabu air merah kembang yang banyak tersebar di Sumatera Selatan. Warnahnya merah mudah atau merah jambu. Mungkin pernah mendengar lirik lagu "gaun merah jambu." Merah jambu kalau sekarang lebih dikenal dengan sebutan, pink. Jenis jambu air ini berbeda dengan jenis jambu apel yang merah menyalah.

Jambu air merah kembang atau bentuk mekar bunga berbeda dengan jambu merah yang sering dipasaran atau jambu apel. Jambu apel buahnya besar-besar dan sudah dibudidayakan. Sehingga dapat memasuki pasaran yang luas. Jambu merah kembang adalah jambu air yang terdapat di masyarakat sejak dahulu.

Jambu memiliki kandungan vitamin sama seperti buah lainnya. Terutama vitamin C yang tinggi. Mengkonsumsi dapat mengurangi resiko sariawan dan panas dalam. Jambu air sangat enak dirujak, dibuat jus, manisan jambu air.

Ada kasus tertentu di mana jambu air diserang hama ulat. Jenis jambu air yang sering diserang hama ulat adalah jenis jambu apel. Entah mengapa jenis jambu tersebut rawan dengan serangan hama ulat. Sehingga saat memetik buah jangan langsung dimakan. Tapi dibelah-belah terlebih dahulu.
Jenis jambu apel seperti pada foto biasanya mudah terserang hama ulat. Buah jenis jambu air ini besar-besar. Dengan ragam warna yang indah sekali, seperti perpaduan warna hijau-putih saat muda dan berubah merah saat masak. Bentuk buah jambu ini bulat memanjang. Berbeda dengan jambu air merah yang bentuk buahnya mekar bunga.

Banyak nama dan jenis jambu apel. Seperti jambu citra, jambu madu dan lainnya. Tapi secara umum jenis jambu tersebut dinamakan jambu apel oleh masyarakat. Kesatuan saat menyebutnya secara keseluruhan.

Oleh. Ekya Apriyani.
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
OKU Timur. 10 Juli 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment