6/13/2020

Mengenal Tanaman Sayuran Kubis

Apero Fublic.- Kubis adalah tanaman sayur-sayuran dari spesies brassica oleracea sebagai tanaman budidaya. Kubis termasuk tanaman pangan yang disukai oleh hampir semua manusia di bumi. Kubis mengandung vitamin K, C dan serat.

Tanaman kubis dapat langsung dimakan mentah sebagai lalap atau ulam. Dimasak dengan cara di sayur tumis, sayur bening, dibuat makanan olahan misalnya mpek-mpek atau mapek-mpek bakwan, direbus biasa untuk ulam atau lalap, dijadikan sayur tambahan kuliner gado-gado dan sebagainya.

Kubis pada umumnya tumbuh baik di dataran tinggi yang bersuhu dingin. Atau di dataran pematang berbukit seperti kaki bukit barisan, kaki gunung, atau daera berbukit-bukit tinggi, 1000 sampai 3000 di atas pemukaan laut. Seandainya kubis dibudidayakan di dataran rendah. Sangat rentan dengan hama dan penyakit. Selain itu gulungan daun kobis menjadi lebih kecil.

Cara menanam kubis yaitu dengan cara semai bibit dan dengan cara stek atau tunas batang. Dengan stek seperti jenis kubis lokal sekelas argalingga. Kubis memiliki tiga jenis umum di dunia, yaitu kubis putih, kubis merah dan kubis savoy. Pada pembahasan ini, jenis kubis hijau. Bagi kamu yang belum tahu, bukan anak petani sayur kubis.

Bahwa kubis juga memiliki bunga yang indah dengan warna kuning atau putih dengan bentuk empat kelopak. Tinggi tanaman kubis antara 40 sampai 60 cm dari permukaan tanah. Kubis memiliki daun tebal dengan keriting ujung. Kubis memiliki akar serabut yang surut. Kurang lebih antara 80-90 % akar kubis 20 sampai cm di kedalaman tanah.

Oleh. Rama Saputra.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 14 Juni 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment