6/07/2020

Mengenal Buah Nangka Belanda Atau Buah Sirsak.

Apero Fublic.- Kita semua mengenal buah yang bernama nangka belanda atau sirsak. Buah-buahan yang memiliki nama ilmiah annona muricata, tidak tahu pasti mengapa orang-orang menamakannya nagka belanda atau durian belanda.

Menurut banyak cerita kalau tanaman ini dibawak oleh orang-orang Belanda ke Indonesia semasa penjajahan mereka. Padahal menurut penelitian ilmuan nangka belanda atau sirsak ini berasal dari Karibia di Amerika Tenga dan Selatan.

Nangka belanda atau sirsak memiliki rasa manis-asam dengan warna daging buah putih. Biji-biji kecil pipih yang berada di dalam daging buah, berwarna hitam. Buah sirsak mengandung banyak vitamin C. Sehingga sangat baik mengkonsumsi buah sirsak untuk daya tahan tubuh. Untuk mencegah panas dalam, sakit tenggorokan, dan sariawan.

Tanaman buah sirsak atau nangka belanda ini, dapat tumbuh baik di kawasan tropis seperti di Indonesia. Tidak perlu menanam banyak pohon sirsak untuk kebutuhan keluarga. Anda cukup menanam satu batang pohon. Lalu rawat dengan baik agar tumbuh normal.

Maka, kebutuhan vitamin C keluarga akan terpenuhi. Karena, pada masa produktifnya, pohon akan berbuah berkelanjutan dan cukup banyak.
Pohon sirsak berbuah tidak bermusim seperti buah durian atau duku. Anda dapat mengolah buah nangka belanda menjadi es buah, just, sirup dan makanan segar lainnya. Buah nangka belanda baik dimakan matan.

Simpan buah di tempat sejuk dan jangan biarkan terlalu matang. Pohon sirsak dapat dijadikan tanaman pangan dan tanaman bisnis. Sehingga boleh dicoba untuk membudidayakan sirsak. Tanamlah, sebatang pohon sirsak di halaman rumah Anda.

Oleh. Totong Mahipal.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 7 Juni 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment