1/05/2020

e-Biografi Sujarnik

Apero Fublic.- Desa Gajah Mati, sebuah desa yang terletak di dataran subur disepanjang aliran Sungai Keruh. Kehidupan desa yang tenang dan damai sejak masa lampau telah menjadi ciri khas daerah ini. Masyarakat hidup sebagai petani ladang sekaligus petani karet, dan pekebunan kelapa sawit. Komoditas karet dan sawit adalah sumber pendapatan utama penduduknya.

Penduduk beragama Islam dan beretnis Melayu. Suku bangsa Melayu telah mendiami wilayah ini sudah sejak ribuan tahun lampau. Berakar dari peradaban megalitikum di Pagaralam dan sekitarnya. Telah menebarkan manusia-manusia di seantero Sumatera Selatan.

Ikan berlimpah seandainya sungai-sungai tidak diracuni atau tidak di tangkap dengan setrum. Setrum adalah alat tangkap ikan rakitan dari batre atau mesin. Sehingga sangat merusak dan membuat habis ikan-ikan. Salah satu hal yang dikecam oleh pemikir muda daerah ini, seperti aktivis Sujarnik.

Kehidupan bersahaja, dengan budaya Melayu dan Islam telah melahirkan manusia-manusia yang beradat dan beradab. Terkhusus di Desa Gajah Mati puluhan tahun silam telah lahir seorang anak laki-laki. Yang kelak akan menjadi seorang penggerak kehidupan sosial masyarakat kecil di Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Keruh dan Kabupaten Musi Banyuasin, Sujarnik.

Sujarnik lahir pada 5 September 1980 di Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Ayah bernama Sulim bin Somad dan ibu bernama Homsia bin Hakim. Anak ke lima dari tujuh bersaudara.

Kehidupan sebagai seorang anak petani sederhana telah menghantarkannya pada kepribadian yang sangat dekat dengan masyarakat. Walau begitu dia juga akrab dengan para pemimpin dan tokoh masyarakat. Sujarnik menikah dengan wanita pujaan hatinya dari Bumi Agung, pada tahun 2001. Sekarang telah dikarunia tiga orang putri.

Sujarnik kecil mengawali masa pendidikannya di Sekolah Dasar Negeri I Desa Gajah Mati. Setelah lulus Sekolah Dasar, dia hijrah ke Kota Palembang. Melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4 Palembang. Tiga tahun kemudian lulus dan masuk ke Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Setelah menyelesaikan pendidikan dia bekerja disebuah perusahaan, PT. Sampoerna menempati posisi Mentenen. Selama sepuluh tahun bekerja kemudian dia mengundurkan diri. Kemudian pulang ke tanah kelahiran di Desa Gajah Mati. Kepulangannya dengan alasan untuk mencari kehidupan yang berarti dan memiliki suatu aktivitas yang bermanfaat bagi orang banyak. Bukan sekedar mencari uang.

Mencari jawaban-jawaban atas keresahan jiawanya. Jawaban tersebut ada pada pengabdian pada masyarakat. Sehingga Sujarnik terjun ditengah masyarakat sebagai penyambung lidah masyarakat. Menjadi seorang aktivis akhirnya menjawab atas pertanyaan hidup selama ini.

Selain sebagai seorang Aktivis, Sujarnik juga bergerak dalam bidang usaha mandiri. Sebagai kontraktor dan pebisnis. Moto hidup: Biarlah ranting patah, dan daun bergugur. Tapi pepohonan tetap berdiri kokoh. Pesan-pesan: Berbuatlah hal terbaik karena dalam hidup ini kita hanya punya satu kesempatan saja.

Dalam berorganisasi Sujarnik menjadi kader Organisasi Masyarakat BMI (Banteng Muda Idonesia), menempati posisi Wakil Ketua (2019) di Kabupaten Musi Banyuasin. Selain itu organisasi kepemudaan yang dia ikuti Organisasi LEGMAS PELHUT MUBA (Lembaga Masyarakat Peduli Hutan dan Lingkungan Musi Banyuasin). Suatu organisasi masyarakat yang bergerak pada isu-isu lingkungan hidup.

Sujarnik dan rekan-rekan selalu mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah pusat atau daerah yang tidak pro rakyat. Begitupun dengan keteledoran dan kurang tepatnya atas pengelolaan APBD daerah Kabupaten Musi Banyuasin.

Disamping itu, isu-isu suara rakyat juga dia perjuangkan dan disampaikan pada pemimpin-pemimpin di seluruh wilayah Sumatera Selatan. Sujarnik, gejolak bangkitnya masyarakat daerah. Mari kita bersatu dan bahu membahu membangun daerah untuk kejayaan Indonesia.

Oleh. Joni Apero.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 6 Januari 2020.
Sumber foto dan data: Sujarnik.

Catatan: PT. Media Apero Fublic adalah sebua media masa berbasis jaringan internet atau dikenal Media Online. Melayani jasa penulisan e-biografi tokoh, e-biografi provesi, dan bisnis. Selain itu, jasa pengembangan popularitas, karir politik, atau layanan jasa Pra-Leader.

Serta bermacam-macam jasa kepopuleran untuk kebaikan karir dan bisnis Anda. Karena di era digital basis teknologi informasi akan menentukan panjang pendeknya sebuah karir dan bisnis seseorang. Kontak. whatsApp: 089607544565 Email. fublicapero@gmail.com.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment