Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

11/16/2019

Muslim Bertanggung Jawab: Pada Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perlindungan Hewan-Hewan

Apero Fublic.- Lingkungan hidup adalah suatu tempat tinggal semua makhluk hidup di seluruh alam dunia. Mahkluk hidup terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Mendiami habitat Air, Darat, dan Udara. Mahkluk hidup memiliki ketergantungan pada lingkungan hidup. Secara langsung dan berkelanjutan.

Bayangkan kalau hidup tidak cukup air, tidak cukup buah-buahan atau kurang semuanya. Air dan oksigen tergantung pada pohon. Maka pohon perlu pelestarian. Buah-buahan perlu air dan perlu serangga untuk perkawinan bunga. Itulah sedikit gambaran atas saling ketergantungan manusia dan alam.

Sebagai makhluk yang berpikir seharusnya, setiap manusia memiliki kewajiban menjaga dan melestarikan bumi. Karena manusia adalah khalifah Allah di muka bumi ini. Gelar khalifah pada manusia sesungguhnya bersifat universal ditujukan pada masyarakat Muslim dan Non Muslim. Khalifah dalam pengertian bahasa Indonesia adalah Pemimpin. Begitupun di dalam bahasa Ingris yang berarti leader.


Tugas manusia yang menjadi pemimpin makhluk hidup, penjagaan pada alam dunia, dan memimpin diri sendiri dan memimpin manusia agar tetap menjadi manusia. Di dalam Al-Quran Allah SWT telah berfirman memperingatkan tentang kerusakan alam oleh perbuatan manusia. “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). QS. Ar-Rum: 30:41.


Dalam ayat ini ada tiga jenis kerusakan. Pertama, kerusakan di dalam sosial masyarakat umat manusia. Kedua, kerusakan alam atau lingkungan hidup. Ketiga, kerusakan akidah umat manusia oleh intelektual kosong. Seperti liberalisme membabi buta. Mensekularisme manusia, paham komunisme. Aliran-aliran sesat dalam agama, terutama di dalam agama Islam.

Di dalam agama Islam yang merusak itu ada dua. Pertama kerusakan akibat dimasukkannya paham liberalisme dan sekularisme dalam Islam. Kedua kedangkalan akidah yang teks book dalam pemahaman Al-Quran dan Hadis. Kerusakan-kerusakan tersebut sudah sangat besar. Namun di dalam pandangan mereka, sedang melakukan perbaikan. Liberalisme dan sekulerisme itu terapkan saja pada negara jangan pada agama dan jiwa manusia agar tidak merusak.


Dalam pembahasan ini akan membahas kerusakan lingkungan hidup. Allah SWT kembali berfirma memberi peringatan pada manusia. “Dan jangalah kamu berbuat kerusakan di bumi, setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan. (QS. Al-A’raf. 7:56). Ayat ini memiliki makna luas, diantaranya jangan melakukan kerusakan pada alam atau lingkungan hidup. Kemudian jangan merusak agama Islam dimana Allah telah memperbaiki agama-agama terdahulu dalam wujud Islam (Rahmat).


Apabila kita mendapat cobaan, seperti bencana banjir, kekeringan, kekurangan pangan seperti beras dan habisnya ikan. Atau musibah kejahatan pemerkosaan, berpacaran lalu hamil dan membunuh anak baru lahir. Contoh permasalahan atau bencana tersebut adalah bentuk teguran Alla SWT agar manusia yang lain berpikir.

Mengetahui makna dari larangan dan anjuran-Nya, Allah SWT berfirman: Biarkan mereka mengingkari rahmat yang telah Kami berikan. Dan bersenang-senanglah kamu, maka kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu). QS. Ar-Rum. 30:34. Pengertian rahmat di dalam surah tersebut adalah ajaran Islam, Al-Quran, Hadis.


Hal-hal demikian adalah telah jelas tergambar dalam kehidupan kita saat ini. Hampir setiap minggu pembunuhan pacar yang hamil sebab tidak mau bertanggung jawab. Dimana di dalam Al-Quran melarang mendekati zina apalagi berzina. Kemudian bencana tanah longsor, banjir bandang, tersebarnya penyakit kelamin dan sebagainya. Terlalu banyak membuat sumur bor membuat tanah di sebuah kota menurun dan menyebabkan tenggelam dalam waktu jangka panjang.

Allah SWT yang maha tahu dengan kelemahan manusia, kealfaan manusia dan buruknya tabiat manusia. Sehingga memberi pengajaran pada hambanya yang namanya manusia. Lalu Allah berfirman kembali agar kebaikan tetap terus ada. “Hai orang-orang yang beriman! Penuhilah seruan Allah dan Rasul apabila dia menyerumu kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepadamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepadanyalah kamu akan dikumpulkan. QS. Al-Anfal. 8:24.


Sebagai seorang Muslim kita wajib untuk berbuat sesuatu yang membawa kepada kemaslahatan hidup manusia. Kemaslahatan itu memiliki artian yang sangat luas. Maka kita lakukan sesuai dengan kemampuan kita. Kalau masalah hukum Islam telah di urus ulama dan pemerintah. Pendidikan telah di jalankan ustadz dan para guru-guru. Dakwah bidang sosial masyarakat telah dijalankan oleh organisasi-organisasi.

Maka kita seharusnya mengikuti aturan dalam berbuat sesuatu. Minimal tidak membuang sampah sembarangan. Tidak berbuat kerusakan dimanapun. Salah satu hal yang perlu kita perbuat adalah melestarikan lingkungan hidup. Mari kita melakukan tindakan nyata melakukan pelestarian alam. Menjaga hewan-hewan dari kepunahan. Maka posisi kita sama saja dengan para ulama dan para ustadz. Sebagai ulama atau ustadz lingkungan hidup.


Berbagai tugas, kalau ulama dan ustadz menjaga lingkungan sosial, akidah umat Islam. Mereka membahas tentang hukum-hukum Islam. Kita yang terjun di dunia lingkungan hidup menjaga lingkungan alam agar terus berimbang. Sebab alam sumber kehidupan manusia. Maka mereka yang terjun di dunia lingkungan hidup juga boleh dipanggil ustadz. Pahalah mereka sama dengan pahalah-pahalah para ulama dan para ustadz yang berdakwah.

Mari kita bersatu dalam menjaga alam ini, menjaga sumber air, kelestarian pohon, dan menjaga hewan-hewan dari kepunahan. Sehingga tugas kita sebagai khalifah Allah di muka bumi telah sampai. Dengan telah melakukan kewajiban tersebut. Cukup pada bidang lingkungan hidup Alhamdulillah. Nanti, kewenangan kita sebagai khalifah di muka bumi akan dipertanyakan dihadapan Allah SWT.

Sudah ada yang kamu perbuat untuk bumi?, atau buang sampah bekas minuman saja anda sembarangan???? Membunuh hewan apa saja tanpa alasan baik!. Atau membuat kerusakan alam lainnya. Neraka kawan jawabannya !. Ingatlah.

Oleh. Joni Apero.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 2 November 2019.

Kitab Al-Qur’an dan Terjemahan. Ar-Rahman. Kementrian Agma RI. Al-Qur’an dan Terjemahan. Penerbit: Fokusmedia dan Yayasan Assalam International Indonesia. NO: P.VI/I/TL.02.I/764/2010. Bandung.

Sy. Apero Fublic

11/15/2019

Hal-Hal Tidak Perlu Dipedulikan Pada Iklan

Apero Fublic.- Produk yang diiklankan melalui media cetak atau media elektronik diantaranya menampilkan produk makanan dan minuman. Produk-produk tersebut digambarkan sangat lezat dan nikmat. Tentu juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Tapi tahuka anda kalau produk-produk yang diiklankan bervitamin dan mengandung banyak mineral itu sesungguhnya zat yang dikandungnya adalah zat kimia.

1. Makanan dan Minuman Bervitamin dan Berenergi
Pernah kamu menonton iklan susu kaleng misalnya. Menampilkan bagaimana mencerdaskan otak, lalu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Tapi sesungguhnya susu tersebut hanyalah sama seperti minuman-minuman biasa yang mengandung pemanis buatan. Dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas, atau diabetes.

Begitupun produk sejenis mie yang dalam kemasan. Yang selalu menampilkan tentang vitamin dan kelezatan. Minuman-minuman yang memberikan energi dan kesegaran. Ada minuman energi yang menyebabkan asam lambung anda naik. Atau menyebabkan timbulnya asam lambung.

Maka dari semua produk-produk yang menampilkan iklan dengan embel-embel vitamin dan energi adalah hal yang tidak perlu anda percayai. Kalau anda ingin makanan bervitamin, makanlah makanan yang alamiah. Seperti buah segar, sayuran, tahu dan tempe.

Minuman terbaik madu, air tebu, jus buah, air kelapa, susu kacang kedelai, susu asli, dan air putih. Maka, dari produk-produk indutri olahan makanan tersebut. Konsumsilah sewajarnya dan jangan berlebihan atau menjadi konsumsi rutin. Yang pasti jangan anda percaya kalau itu mengandung vitamin dan mineral.

2. Perawatan Rambut
Dalam perawatan rambut tentu anda mengenal berbagi produk perawatan rambut. Dapat kita lihat dengan iklan-iklan perawatan rambut, yang tidak pernah berhenti tayang di media cetak dan eletronik. Menampilkan bintang-bintang yang rambunya kemilau dan panjang hitam.

Lalu simulasi pemakaian shampo yang membuat kepala bersih dan ketombe berguguran. Tahukah kamu, kalau itu semua adalah bentuk promosi jualan. Promosi produk untuk sebuah bisnis dari perawatan rambut. Shampo sama dengan jenis sabun, deterjen, dan pembersih lainnya.

Saat iklan rambut akan menjadi tebal, sehat dan ketombe berguguran. Maka jangan anda percaya dengan hal demikian. Rambut yang tebal dan lebat hitam itu tergantung dari pembawaan biologis seseorang. Tidak ada hubungan dengan shampo atau sabun.

Shampo adalah pembersih kepala dan rambut biasa. Sama seperti kita menggunakan sabun biasa saat membersihkan rambut. Kalau ketombe yang berasal dari sel kulit kepala yang mati. Harga di bersihkan dengan cara manual seperti krimbat atau bahkan gunakan tangan.

Ada juga dengan cara obat tradisional misalnya menggunakan jeruk nipis. Dengan demikian rambut anda akan bersih dari ketombe dan kotoran. Barulah setelah itu kalau anda mau memakai shampo. Jadi jangan percaya kalau hanya menggunakan shampo rambut anda akan ajaib bersih.

3. Produk Murah atau Hemat
Hal yang tidak perlu dipedulikan, adalah iklan produk harga murah yang selalu di sebut di dalam iklan. Pernah kamu mendengar atau menonton iklan yang bilang harga mahal. Tentu tidak pernahkan, pasti semua produk yang di iklankan itu murah dan berkualitas. Tapi kenyataanya setelah anda membeli langsung di toko-toko, supermarket, pasar-pasar ternyata harganya sangat tinggi dan berlipat-lipat.

Apalagi kalau anda kemudian membelinya dalam bentuk kredit. Seumpama sepeda motor yang di bilang murah ternyata saat membeli sangat mahal. Hampir semua iklan-iklan produk selalu bilang murah, hemat. Harganya dibilang “hanya” walaupun puluhan juta atau ratusan juta. Seakan-akan semua manusia itu adalah jutawan.

Lalu kata hemat yang selalu dikatakan iklan pada produk tersebut. Pernah kamu mendengar atau menonton iklan yang berkata boros. Kalau ada yang bilang boros pasti diplesetkan dengan tetap bermakna hemat. Kalau kamu menonton atau membaca iklan sepeda motor hemat BBM.

Atau iklan pulsa dan paket internet, semisalkan voucer 10 Giga Bay (GB). Atau alat pembersih yang hemat dan menampakkan kemengkilapan. Dalam hal hemat sesungguhnya bukan terletak pada produk. Tapi terletak pada penggunaan kita. Hemat itu seharusnya diri kita, bukan produk yang kita pakai.

Sepeda motor atau mobil hemat pemakaian apabila kamu menggunakannya untuk keperluan yang berguna saja dan seberapa jauh anda berpergian. Ketika kamu biasanya berpergian misalnya 100 kilometer sehari. Kemudian mengganti dengan produk sepeda motor merek lain biar hemat. Tapi perjalanan anda meningkat menjadi 200 kilometer sehari. Itu sama saja, bahkan biayah bertamba, misalnya mengganti oli berkala yang jadi lebih sering.

Atau kamum membeli paket internet. Walau ukuran GB diperbesar dengan jangka satu bulan. Tapi tetap ukuran pemakaian sudah terukur. Tergantung dari pemakaian kita. Sehingga hemat itu bukan dari produk-produk tapi dari diri kita sendiri.

4. Produk Terbaru
Dalam industri selalu berusaha mempertahankan produk-produk mereka tetap laku selama-lamanya. Ada sebuah produk maka tidak lama kemudian akan ada produk baru lagi. Belum habis waktu setahun ada lagi produk terbaru dari jenis produk lama. Maka dari semua ini, anda tidak perlu memburu produk-produk terbaru terus menerus.

Kalau anda sudah memiliki gunakanlah sampai benar-benar tertinggal. Seandanya henpon yang biasanya hanya berbeda hal-hal tidak penting. Seperti berbeda kamera saja sedangkan dalam pemakaian dan penggunaan sama saja. Maka anda janganlah dulu membeli yang keluaran terbaru tersebut.

Kalau anda terus menerus mengejar produk baru yang hanya baru produksi saja. Maka kamu sama saja dengan budak industri. Dimana anda selalu menjadi aset mereka yang menjadi konsumen tetap hasil produksi mereka.

Teknologi yang benar-benar baru ketika semuanya sudah berubah secara bentuk, program, dan perubahn radikal pada semua kecanggihannya. Semua jenis teknologi dapat kita perbandingkan kualitasnya. Perubahan radikal teknologi misalnya, dari mesin ketik muncul komputer.

Mesin mobil dengan BBM, kemudian ada produk dengan energi listrik. Kendaraan darat dan air kemudian bersatu menjadi satu dapat beroperasi di udara, air, dan darat sekaligus. Atau dari henpon biasa muncul Android. Itulah baru namanya, bukan hanya berubah warna saja, sudah di sebut produk terbaru. Produk baru dengan teknologi baru itu berbeda. Cerdas yuukk.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 16 November 2019.

Sy. Apero Fublic

Konsep Kantor Syariah


Apero Fublic.- Kantor adalah suatu tempat bekerjanya suatu kelompok masyarakat yang terikat dalam suatu perjanjian kerja dengan sebuah badan hukum. Baik itu Badan Hukum swasta (perusahaan), atau Badan Hukum milik negara (BUMN/BUMD), dan Badan Hukum negara (Pemerintahan).

Sedangkan syariah adalah konsep Hukum Islam yang di ambil dari tiga pokok sumber hukum Islam, Al-Quran, Hadis, dan ijma para ulama. Kosep kantor syariah adalah pembentukan lingkungan kerja yang melindungi wanita dan laki-laki dari pelecehan seks. Baik sebagai korban atau sebagai pelaku. Mungkin juga terlibat skandal seks.

Hukum Islam memiliki tiga aspek perlindungan. Pertama, perlindungan terhadap diri sendiri. Kedua, perlindungan terhadap keluarga. Ketiga perlindungan terhadap moral sebuah bangsa (masyarakat). Kalau orang berpikir Hukum Islam adalah perlindungannya hanya pada orang yang melaksanakannya saja, salah besar. Berarti orang tersebut belum memiliki pengetahuan sosial masyarakat yang baik. 

Sehingga konsep Hukum Syariah sangat dibutuhkan untuk membentuk masyarakat yang madani. Selamah ini, Hukum Syariah yang dikenal adalah bentuk syariah pada diri individu (hijab), dan ekonomi seperti berjualan dan perbankan. Belum ada penerapan konsep syariah pada lingkungan sosial masyarakat. Konsep syariah pada lingkungan sangat diperlukan. Baik itu pada lingkungan hidup (alam), juga pada lingkungan sosial masyarakat. Untuk menjaga kebaikan-kebaikan yang moral, kenyamanan bekerja, dan kepercayaan keluarga saat keluarga mereka sedang bekerja.

Diantara yang memerlukan konsep lingkungan syariah adalah perkantoran. Dalam konsep Kantor Syariah adalah cara penataan ruang kantor atau ruang lingkup kerja dengan baik. Sehingga dalam interaksi kerja tidak memberikan ruang pada praktik seks. Baik itu pelecehan seks atau seks tidak sehat (zinah). Keamanan diri seorang wanita yang terjamin.

Konsep kantor syariah dimunculkan seringnya terjadi perselingkuhan di antar stap kantor. Selain itu, pelecehan seks juga sering terjadi. Paling rentan terhadap pelecehan seks adalah stap wanita. Dimanapun konsep kantor syariah diperlukan untuk melindungi kaum wanita. Kaum wanita adalah pekerja yang paling banyak dan lemah diperkantoran. Mereka mudah di intimidasi dan sangat mudah khawatir dengan posisi kerja mereka.

Takut kalau-kalau tidak disukai. Takut seandainya dipecat dan rentan bujukan dan rayuan. Selain itu, wanita yang merasa lemah dan laki-laki yang kurang ajar juga meremehkan kelemahan itu. Kemudian mereka menggerayangi tubuh wanita sesuka hatinya. Kadang karena takut wanita terpaksa menerimah perlakuan tidak senonoh tersebut.

Dalam bekerja tentu ada interaksi antara laki-laki dan perempuan. Dalam Islam tidak boleh lelaki dan perempuan berdua-dua di dalam suatu ruangan. Karena untuk menghindari pikiran-pikiran kotor saat berdua-dua dengan lawan jenis. Namun tuntutan dunia kerja tidak mungkin menghindari interaksi tersebut.

Menata ruangan kantor tentu sangat sulit. Sebab kantor belum tentu sesuai yang diinginkan. Hal yang dilindungi dalam bentuk penciptaan lingkungan syariah. Tentu juga melindungi aset perusahaan berupa SDM pekerjanya. Secara pribadi individu melindungi diri stap dari pelecehan seks dan perbuatan seks tidak sehat. Melindungi keutuhan sebuah keluarga dan masa depan anak-anak pekerja. Menjaga moral individu dan moral orang yang mungkin terpengaruh.

Banyak orang berpendapat kosong kalau perbuatan tersebut tergantung orangnya. Namun pemikiran tersebut adalah pemikiran yang singkat dan pendek. Perselingkuhan dan seks tidak sehat bukan tergantung dari orangnya. Bukan tergantung dari pendidikan, umur, jabatan, alim atau tidaknya. Jelek atau cantik, dan tampan. Tetapi tergantung situasi yang berkelanjutan antara dua orang lawan jenis. Manusia memiliki hasrat alami dan nafsu biologis.

Rasa kebersamaan dan kebaikan akan memancing seks antara wanita dan laki-laki. Wanita yang sangat mudah tersentu dengan perasaan-perasaa. Sedangkan laki-laki terlalu muda terpengaruh dengan imejinasi seks. Apalagi yang sudah menikah tentu keduanya sudah mengerti.

Siapa pun dia kalau berdua-dua di dalam suatu ruangan dalam waktu cukup lama atau berkelanjutan. Bersama-sama yang berkelanjutan. Maka perlahan-lahan dia akan terseret ke jurang perselingkuhan atau seks tidak sehat alias berzinah. Dalam Islam masalah seks tidak ada obatnya. Seks tidak sehat dalam Islam hanya dapat dicegah. Seperti menutup aurat bagi perempuan.

Menikah untuk yang sudah mampu. Tidak boleh mendekati zinah seperti berdua-dua dengan lelaki bukan mahram di tempat tidak terlihat orang. Tidak boleh berpacaran, dan harus menundukkan pandangan mata baik itu laki-laki atau perempuan. Seks tidak dapat dihilangkan oleh rasa cinta pada seseorang atau dengan status beragama. Sebab seks dorongan biologis alami manusia yang normal dan biasa.

Maka salah satu hal yang dapat mengurangi perselingkuhan dan seks tidak sehat, dan pelecehan seksual. Yaitu memunculkan konsep tata ruang kantor yang syariah. Konsep tata ruang kantor syariah dapat meminimalisir prilaku buruk seks tidak sehat. Salah satu dari rangkaian pembentukan konsep kantor syariah.

Pertama, karyawan wanita berpakaian yang menutup aurat dengan baik. Kedua, penataan ruangan dimana setiap ruang kerja ruang stap wanita. Atau membuat batas agar para stap dengan ruang terbuka tidak dapat saling pandang. Ketiga, menekankan moral yang baik pada karyawan laki-laki dan perempuan.

Keempat, ruang kerja yang sersifat ruangan harus dibuat dinding kaca yang terlihat dari luar. Membatasi jam kerja wanita atau laki-laki agar tidak tercipta ruang sepi. Membuat sistem perubahan rekan kerja yang berkalah. Membuat aturan-aturan yang melarang prilaku berdua-dua di ruangan tanpa pekerjaan.

Konsep kantor syariah mungkin sebaiknya mulai dilakukan penelitian, pengkajian, oleh para ulama fiqh, dan para cendekiawan muslim. Agar mulai diterapkan di kantor-kantor kaum muslimin. Mengingat di Indonesia adalah pemeluk Islam mayoritas. Cukup baik apabila dilakukan penelitian dan penerapan. Karena sudah banyak kasus-kasus perselingkuhan dan pelecehan seks oleh oknum di tempat kerja. Yang kasihan itu adalah kaum wanita. Kalau istilah sekarang kelompok kerah putih.

Perlindungan terhadap produktifitas dan kenyamanan pekerja. Melindungi nama baik perusahaan dan penjagaan moral stap. Selain itu penerapan undang-undang moral dan etika juga diperlukan. Misalnya seorang atas apabila ada tugas keluar jangan berdua-dua dalam mobil. Harus membawa pendamping, misalnya satu atau dua orang Polisi Pamong Praja kalau itu di Instansi Pemerintahan. Begitulah, kira-kira memikirkan bentuk-pentuk pencegahan. Seks hanya bisa diantisipasi tidak dapat diobati, untuk manusia normal.

Tidak ada sesuatu yang dapat mengendalikan seks. Seks seperti air putih saat manusia haus. Bagaimanapun hanya air putihlah yang mampu memuaskan. Bukan apa-apa, bukan karena santri, bukan karena sarjanah (S1, S2, S3), bukan karena Polisi, TNI, guru, dokter, dosen, atau apapun. Tapi seks itu muncul karena interaksi dan kebersamaan.

Orang-orang yang tidak menyukai konsep kantor syariah pastilah orang-orang yang berpikiran kotor dan dia kecenderungan hal tersebut. Walau mulutnya berkata tidak sebegitunya atau apalah (munafiq). Konsep kantor syariah adalah perlindungan kita semua. Syariah busana, syariah tatalaetak, syariah jalan tugas, syariah adab dan aturan. Dan lain-lain tergantung kesepakatan kita nantinya.
#Salam Himpunan Muslim.


Perzinahan Sekantor
Perselingkuhan Perawat dan Dokter

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 14 November 2019.

Sy. Apero Fublic

11/14/2019

Obat Penghilang Bekas Luka. Diabetes. Jantung.

Apero Fublic.- Lecith adalah olahan yang berasal dari kacang kedelai berupa minyak. Kacang kedelai memiliki kadar protein sangat besar dan yang paling memiliki kandungan lecithin.

Lecithin memiliki beberapa fungsi alami, pertama: merupakan unsur dasar penyusun jaringan sel organ tubuh manusia, berperan dalam pembentukan dan aktifitas berbagai hormon dalam tubuh, serta pembentukan membran sel.

Kedua, Apabila kekurangan lecithin dalam tubuh dapat menyebabkan penurunan fungsi organ-organ vital manusia yang kemudian diikuti timbulnya berbagai penyakit degeneratif.

Ketiga, lecithin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Membantu penyembuhan diabetes. Secara empiris penggunaan lecithin dapat bermanfaat membantu metabolisme hati dan membantu penyembuhan berbagai penyakit degeneratif lainnya. Lecithin juga dapat digunakan (dioleskan) untuk membantu memperbaiki kondisi kulit bekas luka (air panas, luka bakar, keloid, tersayat, dan lain-lain).

Keempat, beberapa kandungan yang ada pada biji kedelai (glycine max) yakni kaya protein dan lemak serta beberapa bahan gizi penting lain, misalnya vitamin (asam fitat) dan lesitin. Kelima, kacang hijau: memiliki kandungan protei yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor.

Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenu. Saran konsumsi, sebaiknya dikonsumsi tiga kali sehari, setiap konsumsi satu sendok makan. Dapat dicampur kedalam makanan atau minuman.

Netto. 250 ml.
No. Registrasi. PIRT 207 340 201 2228.22.
Bagi anda yang berminat dapat menghubungi HP/WA. 089607544565. Pastikan anda membeli pada agen resmi PT. Natural Nusantara. Sebagai bentuk jaminan kualitas.

Oleh. Rita Puspita Sari.
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 14 November 2019.
Sumber. Katalog Produk-Produk PT. Natural Nusantara.

Sy. Apero Fublic

Beberapa Cara Proses Menikah Adat Melayu


1. Adat Menikah Sunnah
Adat menikah sunnah adalah bentuk pernikahan yang berlandaskan syariat dan adat. Adat menikah sunnah bentuk kesepakatan menikah dengan cara sederhana. Misalnya seorang laki-laki dan seorang perempuan datang menghadap wali perempuan meminta untuk dinikahkan. Karena keduanya sudah sepakat atau sudah ta'aruf, atau memang saling mengenal sebelumnya.

Namun dalam proses pernikahan tersebut tidak dirayakan berlebihan mengikuti terlalu banyak syarat adat dan tradisi setempat. Kedua pasangan tersebut ingin segerah berumah tangga dan tidak perlu bermewah-mewah. Biasanya adat menikah sunnah ini dilaksanakan oleh orang-orang yang mengerti kebaikan-kebaikan dalam berumah tangga. Adat menikah sunnah bukan berarti, saat menghadap wali wanita langsung dinikahkan. Tapi adanya musyawarah sederhana antara kedua belah pihak keluarga.

Dari menetapkan hari aktivitas pernikahan dan waktu dan tempat akad nikah dilangsungkan. Menetapkan mahar dan bersiap-siap menyediakan keperluan hari pernikahan. Kalau zaman sekarang tentu mengurus surat-surat ke KUA. Biayah pernikahan secukupnya, memberitahu keluarga kedua belah pihak. Mengundang sahabat-sahabat sekolah, teman kulia dan lainnya.

Kalau zaman sekarang menikah sunnah memerlukan biayah antara lima sampai sepuluh juta rupia. Baju pernikahan tidak perlu dengan baju adat yang sewanya mahal-mahal. Cukup dengan busana muslim atau busana adat setempat. Misalnya pengantin laki-laki cukup memakai celana panjang, lalu memakai baju teluk belanga, dan ada kain yang dililitkan di pinggang seperti adat Melayu. Memakai kopia atau tanjak. Tanjak adalah ikat kepala tradisional orang Melayu.

Adat menikah sunnah di Indonesia masih berlangsung dibawah tahun 1990-an. Memasuki tahun 2000-an pengaruh budaya barat yang memamerkan pernikahan mewah kemudian dicontoh orang Indonesia. Pernikahan yang sederhana kemudian berkembang sesuai keinginan masyarakat Indonesia yang feodalisme.

Adat menikah sunnah sudah dimulai sejak zaman Rasulullah SAW. Di kisahkan, suatu ketika Rasulullah menghadiri pernikahan seorang pemuda pada masa itu. Sehingga Rasulullah menyarankan untuk menyembeli beberapa ekor kambing untuk hidangan. Pernikahan itu sederhana saja tidak berlebihan. Tetangga dan keluarga datang menyaksikan pernikahan lalu makan bersama. Setelah itu pulang dan kedua mempelai memulai kehidupan baru.

Adat menikah sunnah hannya di Asia Tenggara dan di Indonesia yang tidak populer. Kalau di Timur Tengah, Afrika, Turki, Rusia, Eropa, Amerika, Asia Tengah, adalah hal biasa. Masyarakat Muslim disana melakukan pernikahan mereka sesuai dengan sunnah. Memang ada yang melakukan acara pernikahan yang besar dan mewah.

Tapi itu dilakukan oleh orang-orang yang memang benar-benar sudah sangat kaya raya. Kalau masyarakat yang biasa-biasa saja, misalnya hanya seorang sekelas bupati, walikota atau Prajurit, PNS, apalagi rakyat biasa. Mereka menikah selalu dengan Adat Menikah Sunnah.

Karena menurut mereka ketahanan rumah tangga bukan dari seberapa mewah saat prosesi pernikahan. Tapi dari kesungguhan diri dalam mencintai ikatan keluarga yang suci. Adanya kesetiaan dan kasih sayang yang besar dari kedua belah pihak. Adanya komitmen yang bersungguh-sungguh untuk berkeluarga. Bukan Pernikahan yang ikut-ikutan.

Pernikahan di Indonesia dari tahun 1990-an kebawa kebanyakan menikah secara sunna. Bahkan mahar hanya uang sepuluh ribu atau seperangkat alat shalat. Namun ketahanan keluarga mereka sangat kuat.  Jarang sekali terjadi perceraian. Pernikahan di atas tahu 2000-an sangat rentan dengan perceraian. Walau pernikahan mereka dilaksanakan dengan mewah. Dari sepuluh pernikahan empat diantaranya bercerai muda.

Di Indonesia menikah sunnah adalah hal yang memalukan bagi para wanita atau gadis. Sebab wanita Indonesia merasa dirinya dibeli saat menjadi istri orang. Padahal di dalam rumah tangga tidak ada yang membeli atau dibeli. Standar wanita Indonesia masih diukur dengan materi dan tampilan-tampilan.

Bukti cinta di Indonesia ditunjukkan dengan materi dan simbol-simbol. Tidak diukur dengan nilai-nilai luhur dan kebersamaan. Tidak diukur dengan kesetaraan mereka dengan laki-laki. Rumah tangga adalah tanggung jawab bersama-sama antara pria dan wanita. Sesungguhnya satu milyar dollar untuk harga seorang wanita itu masih sangat  murah. Harga wanita tidak diukur dengan materi. Oke, misalnya wanita melayani seks suami.

Bukankah saat itu wanita juga merasakan kenikmatan. Justru wanitalah yang paling ingin mendapatkan seks. Tidak ada yang dirugikan dalam berumah tangga. Tidak ada yang untung dan tidak ada yang rugi. Justru wanitalah yang beruntung apabila dia menikah dan bersuami. Karena dia mendapat tempat bergantung dan hidupnya menjadi berarti. Kehidupan ini sesungguhnya milik wanita bukan milik laki-laki.

Di Indonesia menikah sunnah sudah didukung pemerintah. Seperti diwajibakan menikah di kantor KUA dan mendapat buku nikah gratis. Menikah sunnah memiliki syarat sah secara Islam. Pertama adanya wali perempuan. Kedua, pembayaran mahar atau mas kawin. Ketiga, adanya dua orang saksi.

Setelah itu, bolehlah dilakukan perayaan kecil. Misalnya makan bersama dengan tetangga, keluarga dari kedua belah pihak, sahabat-sahabat yang diudang. Guna dari perayaan kecil tersebut untuk mempublikasikan pada masyarakat. Kalau yang bersangkutan telah menikah. Jadi jangan di ganggu lagi.

Menikah sunnah di Indonesia rusak labelnya. Karena sering ada pasangan yang menikah mendadak, karena hamil diluar nikah. Sehingga sering ada anggapan yang tidak baik. Lalu, sekarang apakah muslimah Indonesia siap menikah secara sunnah?.

2. Menikah Secara Adat
Adat menikah secara adat ini adalah hal yang lumarah di Indonesai dan Asia Tenggara. Pernikahan yang menghambur-hamburkan uang untuk acara pernikahan. Bermacam-macam syarat dan gaya yang dilakukan. Sesungguhnya pada zaman dahulu dibawah tahun 1990-an menikah secara adat tidak jauh berbeda dengan cara menikah sunnah.

Hanya saja menikah secara adat ditambah dengan syarat-syarat adat. Misalnya pelangkah, genti duduk, punjung, dan jojoh. Tapi syarat adat itu tidak berlebihan dan tidak memberatkan. Hanya saja di zaman sekarang masyarakat banyak menambah-nambahkan sesuatu sesuai keinginan mereka. Semakin banyak model dan pernak-pernik yang dibuat-buat.

Mengikuti hal-hal yang sedang trend atau mengikuti hal-hal yang megah-megah. Sehingga banyak yang memaksakan diri. Lalu membuat membebani ekonomi keluarga baru tersebut dalam waktu lama. Kalau yang mampu tidak mengapa, malahan dianjurkan. Yang tidak baik itu adalah yang memaksakan diri.

3. Adat Marasan
Adat marasan adalah istilah melamar anak gadis seseorang dalam tradisi masyarakat Indonesia khususnya orang Melayu. Marasan dalam bahasa Melayu Sumatera Selatan bermakna menginginkan atau meminta milik orang dengan cara baik-baik serta mengikuti tatacara yang baik.

Dengan artian meminta tapi tidak memberatkan yang dipinta. Yang dipinta juga harus memberi dengan ikhlas atau menolak dengan baik-baik. Dalam bahasa Indonesia adat marasan sama makna dengan melamar atau taaruf. Namun melamar atau lamaran pastilah sudah dalam perencanaan atau sudah ada persetujuan antara laki-laki dan si perempuan yang dilamar.

Kalau adat marasan ada persetujuan atau tidak ada dapat dilangsungkan. Karena jawaban tergantung keputusan nanti. Keputusan gadis juga tidak boleh dicampuri. Haruslah keputusan yang ikhlas dari hatinya.

Adat marasan adalah gabungan antara taaruf dan melamar. Karena dalam adat marasan, boleh orang yang tidak mengenal secara pribadi. Misalnya si laki-laki tinggal di tempat yang jauh. Kemudian ada keluarga yang memberitahu ada gadis yang baik. Kemudian si laki-laki tertarik untuk menikahinya.

Maka dengan cara adat marasan inilah dia mendekati si gadis. Adat marasan juga boleh dua orang yang saling mengenal atau perjodohan, orang yang bersahabat, berteman atau keluarga yang sudah tidak sedarah lagi, misalnya sepupu dari pihak keluarga perempuan. Kalau zaman sekarang mungkin sudah pacaran.

Adat marasan berjalan selama tiga bulan. Dalam kurun waktu tiga bulan tersebut si gadis yang di dalam adat marasan diberikan waktu untuk berpikir. Dia boleh menerima dan boleh menolak lamaran si laki-laki. Apabila ditolak maka si laki-laki tidak berhak kecewa atau merasa sakit hati. Sebab adat marasan adalah tanggungan si laki-laki yang melamar.

Dia yang memulai dan harus siap menerima resikonya. Kalau si wanita menerima kemudian laki-laki mengingkari dan tidak mau bertanggung jawab. Maka si laki-laki harus membayar denda adat sesuai yang disepakati. Kalau tidak dia harus berurusan dengan hukum, kalau sekarang ke polisi.

Kedua belah pihak boleh memutuskan secara sepihak, misalnya si laki-laki cacat hukum atau menipu. Begitupun pihak laki-laki boleh memutuskan secara sepihak ketika si wanita misalnya hamil diluar nika oleh laki-laki lain. Atau ketahuan berbuat tidak senono. Adat marasan tidak boleh menipu status, misalnya sudah punya istri tapi mengaku bujangan. Walau sudah punya istri harus jujur pada si wanita yang dilamar.

Pelaksanaan adat marasan pertama dimulai dengan musyawarah bersama tetua setempat, pemerintah setempat, dan keluarga inti laki-laki. Barang yang wajib di bawak adalah tepak siri sebagai tanda adat yang bersimbol persaudaraan dan musyawarah. Bermacam kue, seperti kue tradisonal setempat, gula, kopi dan teh.

Nantinya kue-kue dan gula kopi dan teh di hidangkan setelah acara adat marasan selesai. Maksud membawa kue-kue dan gula kopi dan teh tersebut supaya tidak memberatkan pihak perempuan dalam menjamu tamu yang melaksanakan adat marasan.

Apabila ternyata lamaran diterimah. Maka pernikahan boleh dilaksankan sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Adat marasan terdiri dua cara. Pertama, adat marasan dengan cara datang langsung diketahui oleh umum. Semuanya memakai busana adat dan langsung membawa tepak siri.

Kedua, adat marasan yang tersembunyi atau diam-diam. Misalnya sejumlah keluarga inti pihak laki-laki datang secara diam-diam kerumah keluarga perempuan. Kemudian memberitahu kalau mereka ingin menjadikan anak gadis mereka sebagai menantu mereka.

Lalu dalam waktu tiga bulan mendapat jawaban. Apabila diterimah maka akan langsung dengan tahap melamar. Sebab sudah ada kesepakatan dalam adat marasan tersembunyi sebelumnya, diterimah. Biasanya yang melakukan adat marasan tersembunyi ini laki-lakinya kurang satria.

Merasa malu kalau ditolak. Setelah musyawarah keluarga dilaksanakan prosesi pernikahan. Boleh mengikut menikah secara sunnah, yang sederhana. Atau melaksanakan pernikahan secara  adat yang banyak syarat dan banyak permintaan materinya.

4. Adat Malarai
Adat Malarai adalah jalan menuju pernikahan. Kata ma menjelaskan melakukan sesuatu. Sedangkan kata larai berarti berlari. Namun berlari disini memiliki makna pergi atau pindah ke tempat yang baru. Malarai dalam artian fhilosofis adalah menuju kehidupan baru atau awal yang baru.

Malarai dapat juga diartikan seorang membawa sesuatu yang bukan miliknya dengan maksud mendapatkannya (melarikan). Sehingga laki-laki yang membawa anak gadis orang ke rumah pemerintahan setempat di sebut malaraike anak si A. (malaraike berarti melarikan).

Adat malarai terdiri dua jenis. Pertama, adat malarai biasa dimana seorang laki-laki (single) membawa atau mengajak seorang wanita (single) ke rumah pemerintahan setempat (RT. RW. Kepala Desa, P3N), dengan tujuan meminta dinikahkan. Alasan suka sama suka dan tidak ada pemaksaan dari si laki-laki.

Setelah keduanya di tempat pemerintahan setempat dan selesai membuat surat pernyataan melaksanakan adat malarai. Wanita yang melaksanakan adat malarai akan dititipkan ditempat mereka melaksanakan adat malarai. Terkadang ada juga keluarga meminta agar segerah di jemput dan dibawak kerumah laki-laki.

Namun dengan pengawasan pihak keluarga tersebut agar tidak terjadi perzinahan.Kemudian keluarga pihak laki-laki akan mendatangi pihak keluarga perempuan. Lalu memberi tahu kalau kedua anak mereka sudah melaksanakan adat malarai. Yang diistilahkan masyarakat dengan ngilim.

Adat malarai biasanya selalu dinikahkan tanpa harus banyak hal yang dipenuhi.Karena seorang gadis yang melaksanakan adat malarai dianggap masyarakat tidak suci lagi. Karena dikhawatirkan mereka sudah berzinah. Membuat para pemuda tidak mau lagi mendekatinya. Maka orang tua si perempuan terpaksa menikahkan anak mereka walau syarat-syarat tidak dipenuhi semuanya oleh pihak laki-laki. Kedua, adat malarai terang.

Adat malarai terang adalah tata cara pelaksanaannya lebih lunak dari adat malarai biasa. Kalau adat malarai biasa si wanita dititipkan di pemerintah setempat (RT. RW. Kepala Desa, Kadus, P3N). Baru dijemput ketika sudah ada kesepakatan kedua belah pihak keluarga. Sedangkan untuk adat malarai terang si wanita yang sudah melapor ke pemerintahan setempat dalam melaksanakan adat malarai.

Pulang kembali kerumah orang tuanya. Barulah kemudian dilakukan musyawarah keluarga dari kedua belah pihak. Adat malarai terang agak lebih lunak dalam berurusan. Tidak terlalu menekan pihak wanita dan tidak terburu-buru untuk segerah dinikahkan.

Setelah musyawarah keluarag, maka dilaksanakan prosesi pernikahan. Boleh mengikut adat menikah sunnah yang sederhana. Atau melaksanakan pernikahan secara  adat yang banyak syarat dan banyak permintaan materinya.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang,   November 2019.

Sy. Apero Fublic

11/11/2019

Herbal Enbepe. Pencerdas Otak Super


Apero Fublic.- Enbepe Natural Brain Power, yang bermanfaat secara tradisional digunakan untuk membantu sirkulasi darah dan membantu kesehatan tubuh. Komposisi tiap kapsul mengandung Centella Asiatica HerbTectona Grandis Folium, dan Phaseolus Radiatus. Enbepe sangat berguna untuk perkembangan otak anak-anak dalam usia pertumbuhan. Atau anda yang ingin memelihara kinerja otak dan mencegah kepikunan dini dapat mengkonsumsi Enbepe.

Centella Herba, dalam berbagai penelitian membuktikan khasiat centella herba sebagai panasea. Salah satu khasiat yang paling banyak diteliti adalah menyangkut kecerdasan. Dalam pengobatan ayurveda, meminum ekstrak daun centela herba dianggap sebagai tonik otak sehingga digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi gangguan saraf.

Epilepsi, kepikunan, dan penuaan dini. Mengandung zat asiaticosida yaitu senyawa golongan triterpenoid yang mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan. Cara kerjanya dengan melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi sel ke otak. Selain itu, centella herba juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energi bagi otak.

Tectonae Follum, memiliki golongan senyawa-senyawa seperti flavonoid, saponin, tanin galat, tanin katekat, kuinon dan steroid, alkoloid, isolat B, yang berpotensi sebagai antiinflamasi. Phaseolus Radiatus, mengandung tinggi zat besi yang berguna membuat sel darah merah. Sel darah merah sangat diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh organ di dalam tubuh termasuk otak.

Jika pasokan oksigen ke otak lancar, maka akan mambuat kita lebih mudah berkonsentrasi. Phaseolus Radiatus juga dapat mengontrol kadar gula darah, mengurangi resiko kanker, mengeluarkan kolesterol, meringankan hipertensi, tinggi antioksidan serta baik untuk wanita hamil. Saran konsumsi, diminum empat kali sehari dan setiap kali minum satu kapsul. Minum di pagi hari, siang hari, sebelum makan malam, dan saat menjelang tidur malam.

Isi. 30 kapsul.
Badan POM TR 063365141.
Apabila anda tertarik berminat untuk mengkonsumsi obat herbal enbepe untuk diri sendiri atau untuk keluarga anda. Dapat menghubungi distributor resmi yang memiliki idcare yang sah dari PT. Natural Nusantara. Agar terhindar dari penipuan dan pemalsuan produk. Info pemesanan. WA/HP. 089607544565.

Oleh. Asdi Merka. S.Hum.
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 12 November 2019.
Sumber: Katalog Informasi Produk PT. Natural Nusantara.

Sy. Apero Fublic

Animsek. Penyakit Sosial Pengidap Seks Cara Hewan


Apero Fublic.- Kehidupan manusia berkembang terus menerus. Perkembangan bukan hanya disektor teknologi dan ilmu pengetahuan. Namun perkembangan juga terjadi di bidang penyakit sosial. Perkembangan ini dampak negatif dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

Bahasan berikut adalah bentuk perkembangan penyakit sosial, yaitu penyakit animsek. Istilah animsek diambil dari kata dalam bahasa Inggris, animal dan sex. Animal  berarti hewan atau binatang. Sex berarti jenis kelamin atau kelamin. Diserap kedalam bahasa Indonesia seks. Penyakit animsek bermakna orang-orang yang menganut seks atau suka melakukan seks seperti binatang atau hewan.


Mengapa demikian? Hal ini dapat kita amati di sekitar kita. Sering kita menemui hewan-hewan kawin atau berhubungan seks di tempat terbuka. Seperti ayam, anjing, burung, nyamuk, itik, sapi, kambing, kerbau, kuda. Hewan-hewan ini selalu melakukan hubungan seks di tempat terbuka. Di saksikan oleh para hewan dan manusia.

Tapi karena dia hewan tidak jadi mengapa. Tidak ada rasa malu dan tidak ada rasa bersalah. Tidak ada tanggung jawab moral dan adad, serta adat istiadat, apalagi ajaran agama. Memang mereka hewan yang tidak mengerti. Ketika seks yang di saksikan oleh masyarakat luas, maka orang tersebut masuk dalam kategori pengidap penyakit animsek atau penyakit seks binatang.


Penyakit animsek didepenisikan suatu penyakit sosial yang di idap seorang individu manusia baik laki-laki atau perempuan yang suka atau menyukai berbuat mesum atau melakukan hubungan intim di tempat umum atau ditonton masyarakat luas.

Orang-orang pengidap penyakit animsek ini, mereka merasa bangga dan merasa puas kalau perbuatan mesum mereka diketahui dan di lihat orang banyak. Mengapa mereka menjadi pengidap penyakit animsek. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jalan pemikiran mereka para pengidap penyakit tersebut.


1. Korban Tontonan dan Bacaan.
Korban tontonan dan bacaan adalah karena mereka ikut-ikutan apa yang mereka tonton atau yang mereka baca. Misalnya menonton film forno atau membaca novel genre seks atau cerpen seks yang banyak di internet. Mereka ini menerjemahkan semua itu kedalam kehidupan mereka yang nyata.


2. Tidak Memiliki Jalan Hidup.
Tidak memiliki jalan hidup adalah suatu pemikiran seorang manusia yang liar. Tidak memiliki adat istiadat yang dia hormati. Tidak memiliki iman pada agama yang dia anut. Tidak memiliki panutan hidup dan tidak mendapat pendidikan norma-norma hidup.

Sehingga orang-orang ini akhirnya mengikuti apa yang dia tonton dan dia baca. Hal yang paling suka di tonton manusia adalah yang berbau seks dan cerita cinta yang di ikuti seks dan mesum.


3. Kebanggan Hitam (Olokan).
Apa yang dimaksud dengan kebanggaan hitam. Kebanggaan hitam adalah suatu kebangga manusia terhadap hal-hal buruk. Manusia ini merasa sangat bangga dengan hal-hal negatif. Karena hidupnya tidak memiliki sesuatu yang dapat ditonjolkan dan dibanggakan.

Maka dia ingin berbuat sesuatu yang dapat di tonjolkan. Dengan demikian, hal yang paling mudah adalah menonjolkan keburukan. Misalnya minum-minuman, merokok, balap-balapan motor, berkelahi, berzinah, pacaran lalu melecehkan wanita. Kalau wanita biasanya menyukai berpakaian mini.

Kalau pacaran diumbar di media sosial sambil berciuman atau berpelukan. Pokoknya mereka bangga dengan hal-hal negatif. Kalau istilah orang Melayu Sekayu, orang olokan atau makan olokan. Orang olokan ini suka pamer-pamer hal negatif.

Ciri-Ciri Pengidap Penyakit Animsek.
Pertama, suka berbuat mesum di tempat umum. Paling sering di tempat-tempat wisata. Mereka berpelukan, duduk dempet-dempet menempel, berciuman, dan kadang kalau sepi mereka bezinah.

Kedua, suka berbicara tentang seks di tempat umum atau di media sosial. Kirim pesan ke wanita oleh laki-laki, atau wanita ke laki-laki foto forno. Bisa jadi sesama jenis juga sering. Jenisnya bisa berupa perkataan, percakapan, foto pribadi, kartun forno, atau film forno.


Ketiga, suka mengupload foto-foto mesum di media sosial miliknya. Misalnya di akun facebook, instagram atau twitter dan media sosial lainnya. Foto ciuman, foto telanjang atau setenga telanjang. Video ciuman, atau video telanjang, film forno. Atau video forno dirinya dan pasangannya yang diupload ke media sosial.

Keempat, suka berbuat mesum yang direkam. Kemudian dia sebar di teman-temannya sebagai bentuk kebanggaan. Ada yang paling ekstrim lagi, melakukan perzinahan dengan cara life dari media sosial. Telponan sambil telanjang atau melakukan onani. Istilah sekarang VCS (Video Call Sex).


Secara biologis orang-orang ini normal. Sehat akan jiwa raganya, dan tidak cacat mental atau fisik. Kadang mereka juga orang-orang yang berpendidikan. Ekonomi cukup dan hidup mapan. Namun yang sakit itu adalah cara berpikir mereka.

Hanya didorong sensasi dan merasa hebat, merasa bangga dengan perbuatan mereka. Sehingga dia melakukan hal demikian atau menjadi pengidap penyakit animsek atau pengidap penyakit seks binatang. Apakah kamu termasuk pengidap penyakit sosial, animsek.


Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 12 November 2019.

Sy. Apero Fublic