12/05/2019

Wacana Pembangunan Kawasan Wisata Hutan dan Alam Bukit Pendape

Apero Fublic.- Wacana adalah perbincangan mengenai suatu permasalahan yang melibatkan semua komponen masyarakat. Mencakup saran-saran, musyawara, usulan, ide-ide, atau sudut pandang. Kita membahas wacana pembangunan kawasan wisata.

Maka yang kita bahas adalah hal-hal yang berkaitan dalam membangun kawasan wisata tersebut. Dengan demikian, wacana ini mengajak masyarakat dan pemerintah untuk mewacanakan pembangunan kawasan wisata. Mengingat di Musi Banyuasin tidak ada kawasan wisata alam. Berbeda dengan Pagaralam yang banyak air terjun dan batu megalitik.

Sebuah kawasan dengan nama tradisional Dataran Negeri Bukit Pendape. Sekarang kawasan ini sudah menjadi beberapa kecamatan. Kecamatan Sungai Keruh sebagai induk kebudayaan. Kecamatan Jirak Jaya, Kecamatan Plakat Tinggi. Sebagian kecamatan lain seperti sebagian Kecamatan Sekayu, sebagian Kecamatan Lawang Wetan, sebagian Kecamatan Babat Toman, dan lainnya. Atau lebih mudahnya wilayah Kabupaten Musi Banyuasin seberang. Berpenduduk Suku Melayu dan beragama Islam.

Mengapa dinamakan Dataran Negeri Bukit Pendape. Karena wilayah ini terdapat sebuah bukit cukup tinggi, bernama Bukit Pendape. Bahasa nenek moyang atau bahasa Melayu lama (Sekayu tok), Pematang Bomi Bokit Pendape. Lalu nama tersebut di Indonesiakan menjadi Dataran Negeri Bukit Pendape. Aliran turunan bukit mengalir ke seluru kawasan dan sampai ke tebing Sungai Musi.

Bukit Pendape terletak di antara tiga kecamatan. Kecamatan Sungai Keruh, Plakat Tinggi dan Jirak Jaya. Bukit Pendape menjadi suatu tempat yang populer di Musi Banyuasin. Ketinggian diperkirakan 1.760 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut). Terletak di Dusun Jebang, Desa Keramat Jaya, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Bukit Pendape dapat dikembangkan menjadi tempat destinasi wisata alam, moderen. Hal pertama adalah sensasi pendakian ke puncak bukit. Layaknya berolah raga yang membuat sehat paru-paru. Kamu seakan ditantang untuk belajar mendaki gunung. Sensasi pendakian akan memberikan sensasi petualangan.

Seakan-akan kita sedang berada di dalam dunia film-film. Kedua, berfoto-foto dengan pemandangan lembah bukit. Baik dari bibir bukit secara langsung atau melalui spot foto yang sudah dibangun para pemuda dari Desa Keramat Jaya. Ketiga, berinteraksi dengan gua batu.


Saat berfoto di gua batu kamu akan merasa seorang petualang yang sesungguhnya. Keempat, menjelajah bebatuan yang tersebar di kawasan puncak bukit. Selain sebagai spot foto, sekaligus memberikan kesan kalau anda sedang berada di hutan pada zaman purba.

Kelima, bersantai dengan tenang sambil menikmati segarnya udara dan melimpahnya oksigen. Anda disarankan membawa bekal keluarga untuk bersantap di atas bukit. Menyenangkan bukan, menghabiskan waktu libur, akhir pekan, saat lebaran, tahun baru, berwisata, start your pelajar dan mahasisw. Tapi sambil memajukan daerah.
Kawasan Bukit Pendape yang juga bagian dari kawasan hutan lindung. Dapat dijadikan tempat edukasi mengenal tetumbuhan. Yang sangat baik untuk kampanye pelestarian lingkungan hidup. Kawasan Bukit Pendape dapat dijadikan Bumi Perkemahan Pramuka. Tempat wisata jelajah hutan dan praktek ilmu biologi, ilmu bumi. Namun semua ini diperlukan dukungan dari pihak terkait, PEMDA, PEMDES, DISBUDPAR dan Masyarakat sekitar.

Hal yang diperlukan adalah sarana dan prasarana. Jalan yang bagus, keamanan, pasilitas umum, petugas resmi, pemetaan dan sebagainya. Sangat dibutuhkan dalam pengembangan sebuah lokasi wisata. Karena wisata bagian dari kebutuhan manusia dimasa-masa damai seperti ini. Agar manusia dapat menjaga psikologi dengan baik. Hal tidak kalah penting adalah promosi berkelanjutan. Baik dari media cetak, seperti koran. Media online seperti websitefacebook dan lain-lain.

Bagi masyarakat di tiga kecamatan, Sungai Keruh, Jirak Jaya, Plakat Tinggi dapat mendukung kemajuan pariwisata daerah. Hal paling utama adalah dengan berkunjung atau mengadakan tour secara berkalah dengan kelompok-kelompok. Walaupun sudah sering mengunjungi Bukit Pendape. Tapi tetap berkunjung lagi dilain waktu berkelanjutan. Agar tetap hidup pariwisata alam Bukit Pendape.

Bentuk dukungan nyata seperti itulah yang dibutuhkan sekarang. Untuk menarik wisatawan lokal, dan nasional. Sebab pariwisata dapat membangkitkan geliat ekonomi di suatu tempat. Dampak ekonomi seperti kerajinan sebagai bentuk oleh-oleh, kuliner, tenaga pemandu wisata (guide), perdagangan, transportasi, perbengkelan atau mungkin penginapan. Begitupun instansi PEMDA, Swasta, BUMN. Juga mendukung dengan menganjurkan stap untuk berkunjung. Sebagai bentuk dukungan pada pariwisata lokal.

Beberapa tugas besar masyarakat setempat dalam memajukan pariwisata di Kawasan Bukit Pendape. Pertama adalah keamanan dan kenyamanan pengunjung. Kalau masyarakat setempat tidak memperhatikan dan menjaga keamanan tentu pengunjung tidak mau datang. Kedua, agar masyarakat jangan menipu. Baik itu menipu harga transportasi, harga barang, dan jasa. Ketiga, masyarakat harus menjaga nama baik tempat wisata.

Misalnya, jangan sampai terjadi hal-hal tidak baik (berdosa). Misalnya perzinahan individu pengunjung. Pacaran (basindo) yang melampau batas. Kemudian jauhkan dari orang-orang mengkonsumsi minuman keras dan narkoba. Orang-orang akan takut, sebab dalam pemikiran masyarakat.

Tempat tersebut menjadi tempat orang tidak benar. Apabila sudah rusak nama demikian. Maka orang-orang tua akan melarang anak-anak mereka berkunjung. Kemudian gadis atau bujang yang baik-baik (bermoral) tidak mau datang. Karena mereka takut rusak nama, takut juga terpengaruh.

Maka dari tiga pokok hal tersebut adalah tugas bersama masyarakat, jangan sampai terjadi. Masyarakat juga harus terus menerus berkampanye dan membenahi kawasan. Jangan kendor dan putus asah. Tetap semangat dan kreatif dalam membangun kawasan Wisata Alam Bukit Pandape.

Batu-batu di atas Bukit Pendape menjadi spot foto yang keren dan alami. Apabila ditata dengan baik. Tentu akan menjadi kawasan wisata alam yang menarik. Bebatuan tersebut juga menjadi tanda tanya??. Mengingat di kawasan ini adalah kawasan yang jauh dari pegunungan.
#YUK MENDAKI BUKIT PENDAPE.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 5 Desember 2019.
Sumber dan sumber foto. Pemuda Desa Kramat Jaya.

By. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment