12/05/2019

Wisata Hutan dan Alam Bukit Pendape

Kalau selama ini kita habiskan waktu bekerja, olah raga, libur yang membosankan, waktu habis di sekolah atau kampus. Suasana kota bising atau pemukiman yang itu-itu saja. Membuat pikiran kusut dan tubuh menjadi lesuh, tarik selimut lalu tidur. Untuk melepaskan adrenalin sebagai orang muda, manusia aktif. Tentu kita membutuhkan suatu kegiatan ekstra. Ada sedikit saran bagi kalian yang ingin melakukan hal-hal baru.
    Dalam bentuk hiburan, wisata alam, penjelajahan hutan tropis, dan liburan. Apa itu, yaitu mengunjungi atau mendaki Bukit Pendape. Sebua bukit yang memiliki panorama alam yang indah. Apalagi kalau anda seorang pencinta alam. Aktivis lingkungan hidup, mahasiswa, pelajar atau anak muda (bujangan). Sangat cocok mendaki Bukit Pendape. Bukit Pendape terletak di Dusun Jebang, Desa Keramat Jaya, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Dengan ketinggian diperkirakan 1.760 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut). Penduduknya beretnis Melayu dan beragama Islam.
    Ada apa saja di atas Bukit Pendape. Pertama ada spot foto yang sangat indah. Berbeda-beda posisi dalam sisi keindahan pemandangan lembah bukit. Ada gua batu yang memiliki banyak mitos. Kemudian batu-batu purba yang aneh. Konon menurut legenda asal usul Bukit Pendape. Batu-batu tersebut peninggalan bekas pertarungan Puyang Pendape dengan Puyang Rajo Batu.
    Namun, hal ini tidak perlu dipercaya seratus persen. Karena itu hanya legenda yang belum tentu ada kebenarannya. Jangan lupa bawak bekal bersama teman-teman, atau keluarga. Sebab akan ada sensasi makan bersama diatas bukit. Makan siang dengan menikmati pemandangan lembah bukit, suasana tenang dan damai, juga hembusan angin yang menyejukkan. Membuat paru-paru menjadi sehat sebab aktivitas yang berkeringat dan menghirup oksigen segar. Boleh juga bakar-bakar ayam, jagung dan ikan. Tapi ingat harus padamkan api jangan sampai kebakaran hutan, dosa masuk neraka dan masuk penjara. Seandainya pasilitas sudah cukup. Saya rasa dilakukan kemping juga oke di Bukit Pendape.
Bebatuan purba yang menurut Legenda Asal-Usul Bukit Pendape bekas pertarungan Puyang Pendape dengan Puyang Rajo Batu. Puyang Rajo Batu adalah orang sakti yang mampu menggerakkan bebatuan dengan kekuatan saktinya. Jangan menjadi perdebatan sebab legenda banyak versi juga. Karean ini adalah sastra milik rakyat zaman dahulu.
Bagian dalam gua di Bukit Pendape. Konon menurut legenda juga. Gua ini tempat bertapa Puyang Pendape sebelum dia bertarung dengan Puyang Rajo Batu.
Beberapa tempat spot foto yang keren di atas Bukit Pendape. Bagi yang ingin berpetualang, mendaki bukit, berwisata menghabiskan akhir pekan, atau waktu libur mari datang ke tempat wisata alam, Bukit Pendape.
Bagi pencinta alam, Mahasiswa Pencita Alam (MAPALA), Aktivis lingkungan hidup,  Pramuka, dan semua masyarakat di dunia ini. Dapat menjelajah hutan tropis yang lebat. Hutan Lindung Bukit Pendape.

    Ada nasihat orang tua. Dahulu waktu masih kecil. Kakek saya pernah bercerita kalau di wilayah kita ada sejenis mahkluk halus, Suban Tanah. Kata suban berarti siluman. Kadang ada juga orang tua menyebutnya Jin Penunggu Tanah. Kalau kamu lahir ditahun delapan puluhan, mungkin kamu pernah saat menanam padi (nugal) di ladang. Orang tua-tua kita memasang jajekat, dan membakar kemenyan. Sebagai ritual untuk meminta izin dari Suban Tanah yang menunggu tanah-tani. Agar tidak mengganggu saat menanam sesuatu, atau menggali tanah. Karena menanam tanaman menggali tanah. Misalnya menanam pisang, keladi dan sebagainya. Sehingga perlu minta izin pada Suban Tanah.
    Kakek bercerita, orang tua bilang kalau kita berbuat dosa diatas tanah di suatu kawasan yang di diami oleh Suban Tanah. Suban Tanah akan marah, karena mengotori kediamannya. Mengotori disini maksudnya berbuat buruk atau dosa. Jangan sampai kita bebuat dosa, seperti berzinah, pacaran tidak senono. Mengotori lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Mabuk-mabukan atau mengkonsumsi narkoba. Dari semua dosah tersebut kita akan diganggu oleh Suban Tanah.
    Dengan kekuatan sihirnya Suban Tanah dapat berbuat sesuatu pada seseorang yang telah berbuat dosa. Misalnya, hubungan pacaran akan putus dijalan. Mendapat musibah seperti kecelakaan sepeda motor. Terkenah penyakait yang parah. Dengan demikian jangalah sampai berbuat dosa dan hal-hal yang buruk di tempat wisata alam Bukit Pendape.
    Agar tidak di ganggu Suban Tanah. Bacalah basmalah saat memulai mendaki bukit. Niatkan hanya untuk berwisata dan berlibur. Bawaklah plastik besar untuk wadah sampah kita. Kalau kita baik Suban Tanah akan baik juga. Bahkan dia akan membantu manusia yang baik tersebut. Menurut mitos Suban Tanah adalah jin Islam. Kerajaan Suban Tanah terdapat di gunung-gunung dan bukit-bukit. Hanya cerita orang tua, mau percaya atau tidak terserah. Toh yang menanggung akibatnya yang berbuat.
#Yuk, berwisata alam di Bukit Pendape. Bukit Indah penuh legenda orang Melayu.

Oleh. Joni Apero
Palembang, 5 Desember 2019.
Sumber dan Sumber foto. @aemSoden. Desa Keramat Jaya.


By. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment