6/20/2019

e-Antologi Pantun Religi


Apero Fublic.- Pantun religi adalah pantun yang bernafaskan ajaran agama. Pantun religi sangat baik di budayakan di pesantren, madrasah, selain sebagai media belajar dan hiburan, pantun religi juga memiliki nilai dakwa. Seni pantun religi memberikan memori ingatan yang santai dan tidak tegang.

Saat anak-anak mengingat pantun, ia akan mengingat ajaran agama. Dalam metode dakwa ulama menggunakan media seni sastra dalam berdakwa bukanlah hal baru. Kita sebut saja dengan cara dakwa Sunan Bonang yang menggunakan media dakwa dengan sastra yaitu suluk atau tembang tamsil.

Kemudian dengan media pewayangan bersama dengan Sunan Kalijaga. Pada masa sekarang, kita dapat juga menggunakan media sastra untuk berdakwa. Dakwa sastra sesunggunya sangat kuat, dan melekat di hati masyarakat. Sastra akan menjadi cerminan dalam masyarakatnya.

Jika sastra yang dijadikan media dakwa tentu akan membudaya di tengah masyarakat. Bayangkan penyampaian pesan iman melalui media sastra, akan memberikan banyak manfaat, seperti hiburan, pengajaran agama, dan mengembangkan sastra Islam. Tentu juga mendapat pahalah bagi yang menjalankannya. Ditunggu bagi yang ingin menyumbangkan pantun yang bernafaskan Islam atau pantun dakwa.

Pantun Religi.


Halaman dalam rintisan

Oleh. Joni Apero.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 15 Desember 2018.
Lokasi wista danau Singkarak, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Indonesia.
Catatan: Yang mau belajar menulis: mari belajar bersama-sama: Bagi teman-teman yang ingin mengirim atau menyumbangkan karya tulis seperti puisi, pantun, cerpen, cerita pengalaman hidup seperti cerita cinta, catatan mantera, biografi diri sendiri, resep obat tradisional,  quote, artikel, kata-kata mutiara dan sebagainya.


Kirim saja ke Apero Fublic. Dengan syarat karya kirimannya hasil tulisan sendiri, dan belum di publikasi di media lain. Seandainya sudah dipublikasikan diharapkan menyebut sumber. Jangan khawatir hak cipta akan ditulis sesuai nama pengirim.

Sertakan nama lengkap, tempat menulis, tanggal dan waktu penulisan, alamat penulis. Jumlah karya tulis tidak terbatas, bebas. Kirimkan lewat email: fublicapero@gmail.com. idline: Apero Fublic. Messenger. Apero fublic. Karya kiriman tanggung jawab sepenuhnya dari pengirim.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment