6/20/2019

e-Antologi Pantun Jenaka

Apero Fublic.- Pantun adalah sastra rakyat yang tidak memiliki pengarang, maka di kelompokkan bagian dari sastra lisan. Sedangkan arti jenaka dalam bahasa Indonesia adalah membangkitkan tawa, kocak, lucu, atau menggelikan. Pantun jenaka dapat di artikan pantun yang lucu, atau pantun yang dapat membangkitkan kelucuan, baik dari lirik dan maknanya.

Selain itu, pantun jenaka adalah pantun yang sangat menyenangkan, dan menghibur. Pantun ini bercerita keanehan dan yang mustahil tetapi memenuhi syarat sebagai sastra pantun. Pantun jenaka adalah pantun untuk anak-anak walaupun begitu pantun ini juga disukai oleh orang dewasa. Sifat pantun yang menghibur dan memberikan lelucon membuat pendengar menjadi tertawa.

Pantun jenaka sangat baik untuk mengajarkan kebudayaan pada anak-anak. Selain menghibur pantun ini dapat mengasah kemampuan berpikir yang lain, tidak monoton dengan keadaan yang ada. Kadar nilai manusia bukan dari penampilan fisik, tetapi pada polapikir yang bergerak. Sehingga dapat menumbuhkan para pemikir-pemikir kehidupan yang hebat.

Pantun Jenaka

Jual bayam membeli tali
Tali hilang di atas atap
Sejak ayam menjadi polisi
Banyak elang yang tertangkap.

Di sini kosong di sana kosong
Tak ada pohon tembakau
Bukan saya berkata Bohong
Ada Katak memikul kerbau.

Artikel dalam perkembangan.

Oleh. Tim Apero Fublic.
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra
Palembang, 15 Desember 2019.
Sumber foto. Kiriman dari Sri Yanti.
Catatan: Yang mau belajar menulis: mari belajar bersama-sama: Bagi teman-teman yang ingin mengirim atau menyumbangkan karya tulis seperti puisi, pantun, cerpen, cerita pengalaman hidup seperti cerita cinta, catatan mantera, biografi diri sendiri, resep obat tradisional, quote, artikel, kata-kata mutiara dan sebagainya.

Kirim saja ke Apero Fublic. Dengan syarat karya kirimannya hasil tulisan sendiri, dan belum di publikasi di media lain. Seandainya sudah dipublikasikan diharapkan menyebut sumber. Jangan khawatir hak cipta akan ditulis sesuai nama pengirim.

Sertakan nama lengkap, tempat menulis, tanggal dan waktu penulisan, alamat penulis. Jumlah karya tulis tidak terbatas, bebas. Kirimkan lewat email: fublicapero@gmail.com. idline: Apero Fublic. Messenger. Apero fublic. Karya kiriman tanggung jawab sepenuhnya dari pengirim.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment