6/15/2019

Ade Rahmadahnia. Misteri Kehidupan


Kehidupan merupakan kesempatan kita mencurahkan potensi pada diri kita untuk orang yang kita cintai. Dari orang tua, saudara-saudara kita, kerabat, sahabat, masyarakat dan tentu seseorang spesial. Pada merekalah kita berbagi suka maupun duka dalam kehidupan ini. Kehidupan juga anugrah tuhan yang paling berharga untuk kita sebagai manusia. Maka kita manfaatkan sebaik-baiknya, terutama untuk menjadi manusia baik, bermanfaat bagi masyarakat dan membanggakan keluarga. Oleh sebab itu, tentu adanya kesempatan untuk berbuat sesuatu, jangan pernah kita sia-siakan oleh perbuatan tidak baik kita. Apalagi kita sebagai seorang yang memiliki pendidikan cukup. Tentu dapat memilah dan memilih jalan kebaikan dan terbaik.
    Hidup seperti misteri yang perlu kita kuak kerahasiaannya. Harus kita hadapi bukan kita hindari. Misteri bukan hal yang menakutkan tetapi hal yang menenangkan. Sehingga darinya kita dapat menemukan pelajaran dan pengalaman kehidupan. Aku tidak banyak bermimpi dengan kehidupan ini. Aku hanya ingin memiliki sedikit kebahagiaan dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang. Menurutku hidup tidak perlu menjadi sangat hebat. Cukup memnjadi manusia yang menyenangkan dan memberi kebaikan pada orang-orang. Hidup bukan juga tentang cinta saja, suami dan anak-anak. Tetapi lebih dari itu, ada ibadah, ada cobaan, ada derita, ada kewajiban, ada agama yang harus di taati, dan aturan-aturan. Kalau kita hanya memikirkan tentang cinta saja, alangkah egoisnya kita sebagai manusia. Misteri yang tidak berkahir selagi kita masih hidup. Jadi jangan takut, hadapilah dan terus berjuang.

KEHIDUPAN

Kehidupan itu bagai misteri
Sulit diprediksi, atau dikira
Rencana, keinginan dan harapan
Indah kita atur, Sedemikian rupa
Sempurnalah kita rancang,
Kita desain bagai tatakan arsitektur
Namun berantakan bagai diterpa badai petaka

Kemudian cacat, kadang hancur bagai kepingan kaca, jatuh.
Disanalah kelelahan kita.
Namun, kehidupan butuh mimpi
Mimpi di mana kita berada di langit
Merabah bulan, memetik bintang-bintang
Karena mimpi akan menuntun kehidupan
Walau kadang kita terlalu cepat terbangun

Kehidupan
Memulai langkah dari mimpi
Kadang menghancurkan logika.
Logika kita, logika orang-orang
Namun, selagi mimpi sempurna, baik
Bermimpilah kawan
Orang bilang, setinggi langit.
Kita bilang di atas langit

Jangan ragu dengan kenyataan mimpi
Sebab doa-doa dan usahamu menyatu
Menghantar mimpi menjadi nyata
Perjuangan mu, air matamu
Ibarat bunga menjadi buah, dan terasa manis nanti

Disanalah adah alur, bagai metamorfosis
Dalam mimpi itu, ada proses yang sulit
Bersabarlah, tawakallah
Pada masanya, matamu bercahaya
Berkelip bagai bintang
Berbinar dalam kebahagian
Diantara orang-orang yang kau sayang

Sekilas tentang penyair, Nama lengkapnya Ade Rahmadahnia. Lahir di Kota Palembang pada 6 Februari 1998. Warna kesukaannya adalah warna pink, hobi membaca dan travelling. Sedangkan untuk makanan pavorit adalah menyukai mie ayam bakso. Setelah selesai kulia dia bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha. Terutama di dunia pakaian atau fashions. Moto hidupnya Ade "Walau beribu rintangan akan ia hadapi, dan terus berjuang, berjuang, dan berjuang. Dia akrab dipanggil dengan Ade saja. Kadang ada juga yang memanggil dengan Rahma. Ade mahasiswa smester akhir di  Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, di Fakultas Syariah. Dia mengambil bidang studi Perbandingan Mahzab. Kalau mau tau lebih lanjut follow IG-nya: aderahmadahnia2663.

Oleh: Ade Rahmadahnia
Palembang, 28 Oktober 2018.
Sumber foto. Adeh Rahmadahnia
Editor: Joni Apero.
Catatan:
Yang mau belajar menulis: mari belajar bersama-sama:
Bagi teman-teman yang ingin mengirim atau menyumbangkan karya tulis seperti puisi, pantun, cerpen, cerita pengalaman hidup seperti cerita cinta, catatan mantera, biografi diri sendiri, resep obat tradisional,  quote, artikel, kata-kata mutiara dan sebagainya. Kirim saja ke Apero Fublic. Dengan syarat karya kirimannya hasil tulisan sendiri, dan belum di publikasi di media lain. Seandainya sudah dipublikasikan diharapkan menyebut sumber. Jangan khawatir hak cipta akan ditulis sesuai nama pengirim. Sertakan nama lengkap, tempat menulis, tanggal dan waktu penulisan, alamat penulis. Jumlah karya tulis tidak terbatas, bebas. Kirimkan lewat email: joni_apero@yahoo.com. idline: Apero FublicwhatsApp: 081367739872. Messenger. Apero fublic. Karya kiriman tanggung jawab sepenuhnya dari pengirim.

By. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment