9/08/2022

Car Free Night Pengganti Sudirman

APERO FUBLIC.- Kota Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Kota ini dikenal pula dengan Bumi Sriwijaya karena pada zaman dahulu merupakan tempat Kerajaan Sriwijaya berada. Pada tahun 2018, Kota Palembang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN GAMES, selain di Kota Jakarta.

Adanya gelaran ASEAN GAMES di Kota Palembang disambut dengan suka cita oleh penduduk Palembang karena dengan adanya acara tersebut maka Palembang akan menjadi lebih dikenal dan dapat menjadi objek wisata yang nantinya akan menambah pundi-pundi rupiah bagi masyarakatnya.

Kota Palembang dikenal dengan makanan khasnya, yaitu pempek. Selain itu terdapat pula salah destinasi wisata di Palembang, yaitu Jembatan Ampera. Jembatan Ampera merupakan ikon Kota Palembang yang sudah ada sejak akhir 1950-an.

Jembatan tersebut menghubungkan dua daerah yang terpisah dan disebut dengan Daerah Ulu dan Ilir. Jembatan itu dibangun di atas sungai yang sangat terkenal di Sumatera Selatan, yaitu Sungai Musi. Sumatera Selatan memang banyak memiliki sungai-sungai yang mengalir di daerahnya dan menjadi salah satu objek wisata yang terkenal.

Sungai Musi sebagai Sungai terbesar di Palembang banyak menyuguhkan wisata, yaitu dengan adanya jembatan ampera di atasnya, dan terdapat pula kapal-kapal yang bisa dipakai untuk berkeliling menyusuri sungai atau sekadar untuk berjalan-jalan.

Pariwisata adalah salah satu aspek yang dapat menumbuhkan ekonomi untuk masyarakat, terutama kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Adanya penumbuhan ekonomi melalui pariwisata akan meningkatkan taraf hidup kepada masyarakat sehingga dapat menjadi sumber penghasilan yang dapat membuat kehidupan masyarakat menjadi semakin maju.

Kemajuan ekonomi di kalangan masyarakat ini akan membuat negara juga akan memperoleh keuntungan dan juga suatu kebanggaan karena setiap orang memiliki penghasilan yang layak sehingga dapat memajukan negara pada masa kedepannya. Kota Palembang sebagai salah satu kota di Indonesia memiliki berberapa objek wisata yang terkenal seperti Benteng Kuto Besak, Pulau Kemaro, Al-Quran Al-Akbar dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2022 ini, terdapat tempat wisata baru yang belum lama ini diresmikan yaitu Car Free Night yang diadakan setiap Malam Sabtu dan Malam Minggu yang dimulai sejak 2 September 2022 lalu. Acara Car Free Night ini diadakan di Taman Lambodaro, Jalan Radial, Sekanak Lambidaro, Palembang.

Sebelum adanya acara Car Free Night ini, dulu sempat ada gelaran yang sama yang diadakan di Jalan Jendral Sudirman, di Palembang. Namun, semenjak adanya pandemic COVID-19, acara tersebut tak lagi diadakan karena menghindari tersebarnya penyakit yang lebih meluas. Namun, setelah keadaan mereda, acara itu kini ada lagi, namun lokasinya berpindah di Taman Lambidaro.

Taman Lambidaro sendiri merupakan salah satu tempat wisata di Palembang. Taman itu memiliki sungai di sisi sampingnya sehingga menjadi lebih menarik baik bagi masyarakat Palembang maupun para pengunjung.

Tentu saja adanya kegiatan Car Free Night ini diadakan untuk menambah objek wisata di Palembang sekaligus menjadi salah satu sumber ekonomi masyarakat Palembang.

Hal ini dikarenakan pada acara tersebut banyak terdapat aneka makanan minuman khas Palembang. Terdapat hiburan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung dimana para pelaku hiburan tersebut tidak mematok biaya sehingga para pengunjung dapat memberi upah semampu mereka.

Meski terbilang baru, kegiatan Car Free Night ini pada pembukaannya telah terdapat banyak pengunjung yang menghadiri acara tersebut. Adanya objek wisata Car Free Night yang diadakan di Taman Lambidaro diharapkan dapat menjadi salah satu daya tarik ekonomi kreatif masyarakat sehingga menjadi sumber penghasilan yang dapat menumbuhkan perekonomian yang ada di Kota Palembang. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat diharapkan dapat menaikkan taraf hidup masyarakat Kota Palembang.

Oleh. Yuci Yunita
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Fakultas Adab dan Humaniora. Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment