9/03/2021

Perpustakaan dan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi Covid 19.

APERO FUBLIC.- Sumber informasi menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa, bahkan orang tua. keinginan akan hal membuat orang ingin mencari tau berita atau informasi. sumber yang dapat digunakan dalam mencari informasi salah satunya ialah perpustakaan.

Perpustakaan menjadi gudangnya sumber berita maupun informasi yang dapat dimanfaatkan sebagian orang. menjadi pusat informasi tentunya perpustakaan harus tau betul tugasnya dalam memberikan informasi kepada penggunanya, dengan selalu melihat apakah kebutuhannya.

Pada masa pandemi covid 19 sekarang ini semua kegiatan aktivitas dibatasi, baik perkantoran, sekolah, universitas, pusat perbelajaan, bahkan tak terkecualii perpustakaan. perpustakaan menjadi hal yang sangat dipentingkan mengingat perpustakaan sendiri sebagai wadahnya informasi, namun di tengah pandemi covid 19 ini aktivitas layanan di perpustakaan dibatasi melihat anjuran dari pemerintah untuk membatasi jam layanan.

Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang memberikan layanan langsung ketempat untuk mencari sendiri infomasi apa yang ingin dicari. namun, apabila jika kondisi  WFH (work from home) perpustakaan ditutup dan tidak memberikan layanan. Di tengah situasi sekarang ini lah teknologi sangat dibutuh melihat teknologi yang sekarang berkembang cukup pesat, tentunya membuat perpuatakaan dituntut untuk menyediakan perpuatakaan digital.

Teknologi informasi sekarang sangat dimanfaatkan oleh semua orang dalam memcari informasi, sebagaian orang mencari dan menemukan berita bahkan informasi, bisa melalui seperti tv, radio, media sosial dan lain-lain yg dapat dimanfaatkan berbentuk digital.

Perpustakaan di tengah pandemi covid 19 ini, membuat perpustakaan harus cekatan untuk menemukan solusi dalam memberikan layanan kepada penggunanya. Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang memiliki layanan berupa jurnal ilmiah online, e-book, OPAC, yang tentunya dapat diakses melalui rumah, mengingat situasi pandemi covid19 sekarang ini yang membatasi kegiatan tentunya sangat membantu pengguna dalam mencari informasi.

Oleh: Fitri Indriyani
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 3 September 2021.
MahasiswI UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, Prodi Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment