Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

5/22/2020

POSELA. Peduli Bencana Banjir Bandang dan Virus Corona.

Apero Fublic.- Ogan Komering Ulu Selatan. Keadaan Indonesia memang tidak jauh dari bencana alam. Di tambah lagi sekarang keadaan bertambah sulit karena adanya pandemi virus corona atau covid 19. Sehingga kesulitan pemerintah dan masyarakat bertambah-tambah. Kita sebagai anak bangsa negara ini, tentu jangan berpangku tangan melihat situasi. Dari itulah, Organisasi Kepemudaan POSELA (Pemuda OKU Selatan) melakukan gerakan peduli memberikan bantuan pada masyarakat yang membutuhkan.
Sumbangan terdiri dari sembako dan alat pelindung diri. Untuk sumbangan sembako dalam satu paket terdiri dari 5 kg beras, 1 kg minyak sayur, 1 kaleng susu, satu pack garam (isi 10 bungkus). Empat bungkus mie instan, dan 1 lembar masker. Paket sembako dibagikan dibeberapa tempat. Diantaranya, Negeri Agung, Sukabanjar, Kampung Masjid dan Talang Bandung Bawah.

Untuk sumbangan APD (Alat Pelindung Diri) seperti Alat Pelindung Wajah, handsanisizer, baju layak pakai, masker sensi dibagikan ke RSUD Muaradua, Gugus Tugas, dan PMI Kabupaten OKU Selatan.

Sekjen PC POSELA Kota Palembang Adhi Marza berharap bantuan kecil tersebut dapat meringankan beban masyarakat setempat yang terkena bencana banjir bandang sekaligus terdampak pandemi virus corona ini. M. Imam Nopriansya menjelaskan kepedulian tersebut adalah bentuk panggilan jiwa dan tanggung jawab sebagai anak bangsa.

Di konfirmasi bahwa Pengurus Besar POSELA Bapak Batransyah. SE. MM. Berharap sumbangan APD dapat membantu tim kesehatan dalam perjuangan melawan virus corona di Kabupaten OKU Selatan.

Oleh. Julia Anggraini. S. Ag.
Editor. Selita. S.Pd.
OKU Selatan, 14 Mei 2020.
Fotografer. Dadang Saputra. 
Catatan: Buat semua masyarakat yang ingin mempublikasikan suatu kegiatan, mempromosikan dunia pariwisata, kebudayaan, berita, keadaan sosial, bencana alam dan sebagainya. Kirim ke Apero Fublic dan jadilah bagian dari penyebar kebaikan.

Apero Fublic membuka halaman Jurnalisme Kita dimana masyarakat dapat berperan langsung dalam menyampaikan berita. Dengan syarat: Tidak membuat informasi hoax, memfitnah, memanipulasi data, atau merugikan pihak lain, bukan penipuan.

Tidak boleh melanggar UU IT Republik Indonesia serta tidak melanggar Hak Cipta orang lain. Kami atas nama PT. Media Apero Fublic tidak bertanggung jawab atas kesalahan isi, data dari informasi yang Anda kirimkan dengan alasan apa pun. Kirimkan berita Anda atau karya tulis Anda melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com.

Sy. Apero Fublic.

Barisan Organisasi NU OKU Selatan. Bersatu Melawan Virus Corona.


Apero Fublic.- Ogan Komering Ulu Selatan. Pandemi virus corona menerpa dunia. Bermacam-macam spekulasi tentang virus corona atau covid -19 ini. Seperti spekulasi atau opini-opini konspirasi, serta hal yang disengaja oleh suatu kekuatan global.

Namun, apa pun pendapat dan opini-opini tersebut. Tetaplah virus ini ada dan membuat  kesulitan bagi semua manusia di dunia saat ini. Tidak terkecuali di Indonesia. Dalam menanggulangi penyebaran virus corona bukan hanya dilakukan oleh pihak pemerintah saja. Tetapi, masyarakat juga turut bahu membahu membantu pemerintah.

Salah satu bentuk nyata dari gerakan masyarakat membantu menanggulangi penyebaran virus corona. Adalah dengan menyumbangkan materi, uang, dan alat pelindung diri misalnya masker. Pada Kamis (14/05/2020) organisasi masyarakat IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama), IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) dan GP ANSOR NU OKU Selatan. Melakukan pembagian 2000 masker pada masyarakat OKU Selatan. Penyerahan secara simbolik masker diserahkan langsung oleh ketua DPC NU OKU Selatan Bapak Solihien Abuasyer. Beliau juga pejabat Wakil Bupati OKU Selatan bertempat di Rumah Dinas Wakil Bupati.

Dalam acara tersebut hadir Ketua GP Ansor Irzal Effendi, Wakil Ketua Muhaimin S.PD.I. K.H. Imam Sarbini selaku Ketua Suriah PC NU, Drs. H. Zakwani. Ekki Prima Desta sebagai ketua IPNU OKU Selatan beserta jajarannya.

Menurut bapak Irzal pembagian masker kali ini adalah kegiatan yang kedua kalinya. Sebab sebelumnya telah ada kegiatan serupa. Dimana pembagian masker berlokasi di Banding Agung sekitar Danau Ranau. Untuk pembagian masker kali ini berlokasi di depan Gedung Kesenian, Simpang Tiga Bumi Agung, dan Simpang Martapura.

Kegiatan pembagian masker ini adalah bentuk aksi nyata membantu pemerintah serta kepedulian akan keadaan bangsa dan negara yang sedang dalam keadaan darurat corono. Semoga dengan kegiatan kecil tersebut memberikan dampak yang besar serta terkendalinya penyebaran virus corona terkhusus di wilayah Kabupaten OKU Selatan.

Oleh. Julia Anggraini. S. Ag.
Editor. Desti. S. Sos.
OKU Selatan, 14 Mei 2020.
Fotografer: Dadang Saputra.
Catatan: Buat semua masyarakat yang ingin mempublikasikan suatu kegiatan, mempromosikan dunia pariwisata, kebudayaan, berita, keadaan sosial, bencana alam dan sebagainya. Boleh juga berupa karya tulis lainnya. Kirim ke Apero Fublic atau Jurnal Sastra Apero Fublic.

Apero Fublic membuka halaman Jurnalisme Kita dimana masyarakat dapat berperan langsung dalam menyampaikan berita. Dengan syarat: Tidak membuat informasi hoax, memfitnah, memanipulasi data, atau merugikan pihak lain, serta bukan penipuan.

Tidak boleh melanggar UU IT Republik Indonesia serta tidak melanggar Hak Cipta orang lain. Kami atas nama PT. Media Apero Fublic tidak bertanggung jawab atas kesalahan isi dan data dari informasi yang Anda kirimkan dengan alasan apa pun. Kirimkan berita atau tulisan Anda melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com.

Sy. Apero Fublic.

5/19/2020

Teh Kesehatan. Hu Whang Tea

Apero Fublic.- Hu Whang Tea adalah teh kesehatan merupakan teh gunung pilihan dipadu rempah berkhasiat, memiliki aroma dan kandungan flafanoid serta cetechin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Di formulasikan dari pucuk daun teh dan rempah alami. Manfaat untuk membantu memelihara kesehatan, membantu mengurangi frekuensi buang air besar dan memadatkan tinja.

Camelia Sinensis Folium, merupakan spesies tanaman yang daun dan pucuk daunnya digunakan untuk membuat teh. Mengandung kafein, tanin, protein, gula dan minyak atsiri yang terbentuk setelah fermentasi dan menghasilkan aroma.

Daun teh mengandung beberapa zat kimia yang dapat digolongkan menjadi empat golongan. Keempat golongan tersebut adalah substansi fenol (katekin, flavanol), bukan fenol (karbohidrat, pektin, alkaloid, protein, asam amino, klorofil dan asam organik), senyawa aromatis dan enzim (Johnson dan Paterson, 1974).

Memiliki manfaat antara lain mengurangi risiko kanker (kanker perut, kanker payudara, kanker kandungan, kanker prostat, kanker rongga mulut).

Menurunkan kadar kolesterol darah, mencegah tekanan darah tinggi, membunuh bakteri, menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, hingga mencegah nafas tidak sedap. Teh juga digunakan untuk berbagai produk kecantikan. Sehingga dapat memberikan efek terhadap kulit dan kesehatan wajah.

Tectonia Grandis Folium, mengandung zat berkhasiat antara lain tanin, musilago yang bermanfaat untuk mencegah diare, mengontrol kolesterol dan juga bisa untuk menurunkan berat badan.

Tanin yang terkandung pada tectonia grandis folium dapat membantu penyerapan makanan pada tubuh dan menghindari pengendapan mukosa protein pada permukaan usus. Sedangkan kandungan musilago berfungsi sebagai pengurangan absorbs usus terhadap makanan.

Jasminum Sambac Flos, mengandung zat berkhasiat antara lain linalool, terpenoid, kumarin, fenolik, flavonoid, saponin, steroid, benzil aseta, caryopphyllene, farnesol dan minyak esensial. Bermanfaat sebagai antioksidan, sebagai obat anti kanker payudara, obat anti virus, antimikroba, mengurangi rasa depresi pada diri seseorang, mengobati mata merah dan demam, sesak nafas atau asma serta mampu mengobati infertilitas baik bagi pria maupun wanita.

Saran konsumsi, minum tiga kali sehari dengan satu saset sekali sedu. Gunakan air panas 200 cc. Kemudian tutup rapat dan diamkan 6 sampai 10 menit. Kemudian tambahkan air hangat 300 cc. Setelah itu saring dan siap untuk diminum.

Isi. 20 sachet.
Badan POM TR 063265131.
Tertarik dengan produk unggulan ini. Kontak. HP/WA. 089607544565.

Oleh. Rama Saputra.
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 20 Mei 2020.
Sumber. Katalog produk-produk PT. Natural Nusantara Indonesia. (NASA).

Sy. Apero Fublic.

Mengenal Pengaruh Konferensi 19 Bangsa-Bangsa Asia Terhadap Kemerdekaan Indonesia.

Apero Fublic.- Dengan membaca sejarah singkat ini. Kamu akan tahu kalau perjuangan politik sangat menentukan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kecerdasan dalam politik sangat luar biasa maknanya. Jangan berpikir hanya dengan senjata saja kita dapat mencapai kemerdekaan.

Dengan demikian, dalam membangun sebuah bangsa berarti tidak dapat dibangun hanya dengan otot. Tapi dengan akal, ilmu, kebijaksanaan, dan moral. Senjata hanyalah pendukung dari sebuah tatanan pemerintahan.

Mengenang Konferensi Sembilan Belas Bangsa-bangsa Asia di New Delhi. Dimana peristiwa diadakanya konferensi atas aksi Kolonial Belanda yang melakukan Agresi Militer Belanda II. Terjadi pada tanggal 19 Desember 1948. Dalam agresi ini militer Belanda menduduki wilayah yang dikuasai oleh Pemerintahan Indonesia. Yogyakarta yang waktu itu menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia juga di rebut Belanda.

Presiden Soekarno, wakil presiden Mohammad Hatta, beserta kabinet mereka ditangkap dan dibuang ke Pulau Bangka. Sebelum ditangkap presiden mengirim telegram ke sumatera kepada Syafruddin Prawiranegara untuk membentuk pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) berdiri antara 22 Desember 1948-13 Juli 1949. Apabila, PDRI juga ditangkap oleh Belanda. Maka Pemerintahan Darurat di Padang juga mengirim perintah ke India agar tokoh Indonesia di India membentuk pemerintahan darurat lagi.

Atas perbuatan Belanda itu, Presiden Soekarno berunding dengan tokoh pergerakan dan anggota kabinet. Untuk meminta pada tokoh-tokoh Asia untuk mengadakan suatu konferensi untuk mendukung Indonesia. Sehingga timbul suatu gerakan baru oleh tokoh-tokoh dunia waktu itu, terutama di Asia.

Konferensi itu, diadakan atas permintaan Perdana Mentri Birma Thnkin Nu. Beliau menyatakan bahwa, sebagai Perdana Mentri India, Nehru seharsunya mengundang negara-negara Asia untuk memikirkan masak-masak Agresi Kedua Belanda terhadap Republik Indonesia.

Delapan belas bangsa diundang untuk mengikuti konferensi. Yaitu, Afganistan, Australia, Birma, Sri Lanka, Cina, Mesir, Etiopia, Iran, Irak, Libanon, Pakistan, Filipina, Arab Saudi, Muang Thai, Suriah, Yaman, Nepal, dan Selandia Baru. Turki juga di undang tapi tidak bersedia hadir. Sedangkan Cina, Nepal, Selandia Baru, dan Muang Thai diwakili oleh pengamat. Untuk negara lainnya mengirim delegasi yang diketuai oleh Kuasa Penuhnya masing-masing.[1]

Semua negara yang ikut konferensi dengan secara bulat mengutuk agresi militer Belanda terhadap Republik Indonesia yang berdaulat. Dalam resolusi berisi anjuran-anjuran kepada Dewan Keamanan PBB. Pertama, supaya Pemerintah Republik Indonesia dan pemimpin-pemimpin republik lainnya, juga tahanan politik lainnya segera dibebaskan.

Lalu adanya pemulihan Pemerintahan Republik Indonesia di Keresidenan Yogyakarta beserta semua fasilitas untuk komunikasi dan kebebasan berkonsultasi.

Kedua, Pengembalian kepada Pemerintahan Republik paling lambat pada tanggal 15 Maret 1949 wilayah-wilayah yang dikuasai pada tanggal 18 Desember 1948. Pasukan Belanda yang berada di Keresidenan Yogyakarta ditarik berangsur-angsur begitu pun di wilayah-wilayah lainnya di seluruh Indonesia.

Ketiga, menghapus dengan segera pembatasan-pembatasan yang diadakan oleh Belanda kepada perdagangan Republik Indonesia dan segerah menantikan terbentuknya Pemerintahan Sementara pada tanggal 15 Maret 1949. Republik juga harus diberikan semua fasilitas untuk berkomunikasi dengan dunia.

Keempat, Pemerintahan Sementara harus memegang kekuasaan penuh termasuk kendali pada angkatan bersenjata. Menyelesaikan pemilihan Majelis Permusawaratan Rakyat pada tanggal 1 Oktober 1949.  Lalu menyerahkan kedaulatan sepenuhnya ke tangan Negara Indonesia Serikat pada tanggal 1 Januari 1950.[2]

Dari itu, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi untuk kemerdekaan Indonesia. Dalam situasi itu juga, Amerika Serikat juga akhirnya menekan Pemerintahan Belanda. Pada tanggal 30 Maret, menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Dean Acheson memberi tahu Menteri Luar Negeri Belanda, Stikkker di Washington, bahwa Departemen Luar Negeri Amerika Serikat terpaksa menghentikan alokasi EAC kepada Belanda kalau Pemerintah Belanda tidak mematuhi Resolusi Dewan Keamanan PBB.

Selain itu, tekanan para pengusaha Belanda juga mengikuti. Mereka mulai menyadari kepentingan jangka panjang mereka tidak lagi terjamin di Indonesia.
Dari konferensi sembilanbelas bangsa-bangsa Asia tersebut telah memberikan dampak yang sangat berarti bagi kemerdekaan Indonesia. Indonesia walau terdesak dalam bidang militer, namun menang di kanca politik dunia.

Sehingga Belanda terpaksa mengikuti resoslusi Dewan Keamanan PBB. Belanda tidak lagi memiliki alasan apa pun seperti selama ini. Bahkan Belanda menyatakan kalau PBB tidak berhak mencampuri urusan dalam negeri Belanda. Padahal, belanda telah melakukan kejahatan besar yaitu menginvasi sebuah negara yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Setelah selesai melakukan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag pada tanggal 4 November 1949. Perdana Mentri Mohammad Hatta kembali ke Belanda pada tanggal 27 Desember 1949 untuk menerima langsung dari Ratu Belanda Juliana, penyerahan Kedaulatan Negara Indonesia Serikat dari Belanda.

Sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia merdeka secara penuh. Demikianlah bentuk pengaruh dari konferensi sembilan belas bangsa-bangsa Asia terhadap kemerdekaan Bangsa Indonesia. Sehingga, penjajahan di Asia akhirnya berakhir.[3]

Dalam konferensi tersebut tentu ada peran dari wartawan Shri Mani (wartawan India) dalam memberitakan peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi Asia waktu itu. Dia koresponden Free Press Journal of Bombay. Seperti penyiaran tawaran diplomatik beras Syarir sebanyak setengah juta ton kepada India.

Begitu pun saat Konferensi Sembilan Belas Bangsa-Bangsa Asia terjadi. PRS. Mani juga yang menyiarkan di Indonesia. Dalam upaya mendukung Indonesia di dunia internasional. Suatu bukti kekuatan media pers yang besar.
Thnkin Nu. Tokoh penggagas Konferensi Sembilan Belas Bangsa-Bangsa Asia atas terjadi Agresi Militer Belanda II.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 20 Mei 2020.
Sumber dan Sumber foto: P.R.S Mani. Jejak Revolusi 1945 Sebuah Kesaksian Sejarah. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1988.



[1]P.R.S Mani. Jejak Revolusi 1945 Sebuah Kesaksian Sejarah. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1988. h. 165.
[2]P.R.S Mani. Jejak Revolusi 1945 Sebuah Kesaksian Sejarah.h.  169.
[3]P.R.S Mani. Jejak Revolusi 1945 Sebuah Kesaksian Sejarah, h. 179.

Sy. Apero Fublic.

Kopi Pracampuran Assyafi. Kopi Anti Diabetes dan Asam Lambung.

Apero Fublic.- Kopi Pracampuran Assyafi Premix Coffe, adalah kopi yang mengandung beberapa unsur dari kopi, krimer nabati, dan gula aren. Kandungan kopi memiliki antioksidan yang baik daripada sumber lain, seperti buah dan sayuran. Dalam sebuah penelitian, manfaat kopi yang diminum dengan sedikit gula bisa memberikan efek positif lebih banyak daripada efek negatif.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin sering anda meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2. Hal itu diperkuat dengan sebuah survei yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Hasil survei mengatakan, apabila wanita monopause meminum 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

Kopi dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh, serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Penelitian lain mengatakan kalau minum kopi dapat melawan resiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan.

Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, diantara senyawa antiinflamasi dan anti oksidan yang sangat aktif. Seperti methylpyridinium. Selain itu kopi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko demensia (pikun). Melindungi tubuh dari penyakit parkinson, dan mencegah depresi.

Gula Aren, memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Gula aren mampu mencegah terjadinya anemia, sebagai penambah tenaga, memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kadar kolesterol tubuh, sebagai campuran pada ramuan obat tradisional kerena mampu memaksimalkan khasiat dari ramuan-ramuan herbal dan jamu yang akan dikonsumsi dan sebagai pemanis rendah kalori.

Saran konsumsi, sehari minum cukup satu atau dua sachet di pagi hari dan sore hari. Sebaiknya diminum dalam keadaan perut kosong atau satu jam sebelum makan.

Isi. 5 sachet
No. Registrasi. PIRT 5103471021310-19.
Tertarik dengan produk unggulan ini. Kontak. 089607544565.

Oleh. Rita Puspita Sari.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 20 Mei 2020.

Sy. Apero Fublic.

Rindu Hujan Diwaktu Kecil.

Apero Fublic.- Kita mengenal hujan sejak masa kecil. Sering kali diam-diam mandi air hujan. Sebab, apabila meminta izin untuk mandi air hujan. Pasti ibu, ayah, kakak tidak akan mengizinkan kita. Sewaktu kecil kita menganggap hujan adalah permainan.

Ibu kita khawatir kita akan sakit. Kalau sakit tentu akan ada akibatnya, seperti tidak dapat ke sekolah. Begitulah cara pikir mereka yang dewasa yang nantinya kita juga akan mengerti. Namun, masa itulah masah yang sangat indah bagi kita.

RINDU HUJAN DIWAKTU KECIL

Waktu hujan deras
Di hari-hari ini.
Di sepanjang jalan waktu.
Kita, berlari dalam riang.
Sebab hujan telah datang.
Doa kita terkabulkan, siang ini.
Kita bermain hujan lagi.

Hujan telah datang
Aku tahu ibu akan marah.
Aku berusaha tidak untuk mandi hujan.
Tidak berlari diantara hujan.
Tapi hasratku, menjadi gagal.
Sebab kalian selalu memanggilku.
Berlari, menari, dan bermain air.

Kita melompat digenangan.
Berteriak dilengkingan perang.
Tertawa bersama, berlari bersama, jatuh bersama.
Dunia milik kita, mempesona.

Sekarang sudah dewasa.
Saat hujan berdiri di teras rumah.
Menatap sedih dan rindu, menyapa hujan.
Dengan tangan menggapai air hujan.
Yang jatuh di teratak rumah.

Kita tidak perna bermain hujan lagi.
Berbeda dari dahulu.
Kita bermohon agar tak kehujanan di jalan.
sekarang waktu berbeda.
Dulu dunia mimpi.
Sekarang dunia nyata.

Hujan pun telah berpinda.
Pindah ke hati kita.
Lalu hujan menetes, di mata kita.
Itulah hujan kita sekarang.

Oleh. Sadaria.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Indralaya, 20 Mei 2020.
Buat semua yang mau mengirim karya tulis seperti puisi, cerpen, artikel, dongeng dan karya tulis lainnya. Kirim saja ke Apero Fublic melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com.

Sy. Apero Fublic.

Surat Kita: Kepada Kamu Yang Suka Bertanya.

Apero Fublic.- Kepada kamu yang suka bertanya-tanya pada sarjanah muda. Kamu bertanya kapan kerja? Sudah bekerja atau belum? Bekerja dimana?. Kapan kamu menikah?. Lalu kalian berkata, kalau tidak bekerja lantas untuk apa kuliah. Lebih baik, tidak usa kulia.

Untuk kamu yang suka bertanya, tanpa ilmu dan tanpa pemahaman. Kamu perlu tahu kamu telah bertanya sangat tidak sopan dan sangat mengeri. Jangan kamu merasa dirimu lebih baik lataran kamu sudah tua atau kamu tidak kuliah tapi sudah bekerja.

Jangan kamu pikir kuliah akan menjadikan manusia yang super dan serba bisa. Di bangku kulia banyak yang dipelajari. Dari tarap berpikir dan dari pola pikir. Di bangku kulia kami tidak dipersiapkan untuk bekerja.

Tapi kami belajar mata kuliah sama layaknya sewaktu sekolah. Kami sibuk dengan tugas-tugas kulia. Di smester akhir kami sibuk dengan skripsi. Kami tidak diajarkan menjadi kaya. Kami hanya diajarkan bagaimana menjadi manusia. Salah satu ciri manusia adalah hidup tidak hanya berpikir makan dan kawin.

Saat setelah lulus kami sarjanah muda mencari pekerjaan. Meingirim lamaran kerja kemana-mana. Terkadang tidak menghiraukan apa kelelahan dari perjuangan panjang kami selama ini. Sudah selesai kulia harus berperang dengan perasaan dan merendahkan diri menemui seseorang untuk bekerja. Amplok lamaran kami kadang hanya dilempar kedalam keranjang sampah tanpa dilihat sedikit pun.

Kadang saat melamar orang bertanya pengalam kerja. Bagaimana kami bisa berpengalam padahal kami baru beberapa bulan lulus kulia. Setelah itu, kami juga harus berkopetensi satu sama lain dengan sesama sarjana muda lainnya. Lalu nasib dan takdir menentukan kami.

Lalu kalian bertanya, kenapa belum bekerja?. Mengapa tidak bekerja, mengapa tidak mencari kerja?. Lalu kalian berkata-kata untuk apa kulia!. Lebih baik tidak kulia!. Sungguh pertanyaan kamu yang seperti peduli.

Adalah pertanyaan yang sangat menyedihkan hati sarjanah muda. Ketika kata-kata kalian untuk apa kulia adalah perkataan yang sangat jahat melukai hati. Mengapa kalian tidak mau berkata yang menguatkan hati dan jiwa. Mengapa kalian tidak memberikan solusi dan tidak perlu merasa lebih baik dari kami.

Kepada kamu yang suka bertanya dan suka berkata-kata. Kalau kamu tidak mengerti lebih baik diam dan berdoa untuk kami. Hidup yang keras dan perjuangan yang keras. Kami akan terus berusaha dan berusaha walau sulit. Berjuang mencari jalan kehidupan kami yang semakin sulit.

Oleh. Ade Rahmadahnia.
Palembang, 20 Mei 2020.
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Sudah tahu belum apa itu Surat Kita. Surat Kita adalah surat yang ditulis oleh seseorang secara abstrak. Kemudian dia kirim ke secara publikasi dan dibaca oleh orang banyak. Surat kita sama seperti surat pada umumnya.

Namun dia harus dipublikasikan melalui media massa, seperti koran, majalah, tabloid, buku, media elektronik seperti media siber, media sosial dan lainnya. Surat Kita tidak memiliki alamat dan tujuan yang pasti. Tidak juga menjelaskan secara rinci siapa yang menerimanya.

Surat Kita boleh dibaca siapa saja. Fungsi Surat Kita adalah untuk mengasa kemampuan menulis, menyampaikan kritikan sosial, ungkapan perasaan, hiburan, dan karya tulis sastra. Penulis surat kita juga boleh menggunakan nama pena atau nama samaran.

Buat semuanya, bagi yang ingin menulis Surat Kita. Dapat mengirimkan Surat Kita ke Apero Fublic sebagai perusahaan yang meluncurkan program Surat Kita. Kirimkan karya Surat Kita melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com. Jangan plagiat dan melanggar UU IT Republik Indonesia.

Sy. Apero Fublic.

5/18/2020

Puisi Kenangan Buat Chairil Anwar.

Apero Fublic.- Berikut ini puisi kenangan dari Djamil Soeherman sebagi penyair angkatan tahun 50-an. Penyair ini memiliki corak puisi yang berkata makna dan simbol. Jenis syairnya syair melankolis dimana akan sulit di mengerti oleh orang-orang awam sastra.

Namun inilah kenyataan dunia sastra yang penuh misteri dan tanda tanya. Namun, khazana karya tulis tetap dalam koridor sastra yang tinggi. Memberikan sumber pada generasi sekarang untuk berpikir dan cerdas.

Itulah syair yang sesungguhnya. Sebab memberikan tantangan yang luar biasa. Sisi sastra bukan hanya sebagai hiburan tapi juga memberikan pesan pendidikan dan pesan kemanusiaan. Sehingga pembaca dituntut untuk cerdas.


KEMBANG TELASIH BUAT CHAIRIL ANWAR

Diendapkan oleh.
kabut malam April.

Dalam dengking malam hening.
di atas palang bumi bisu.
bergelut rintih dan kasih.
bertaburkan kenang dan doa.

Malam ini mengendap tenang.
dan seisi rimba hanyut dalam semadi.
menggelepar semua yang mati dari abad-abad silam.
menokok bayang-bayang menari tanpa wujud.
dengan ada kisah lalu dari himpitan bumi hitam.
mengisahkan lagu buruan dari lembaran yang belum tamat.
dibawakan jin perayangan bertanduk gading.
dari gading impian dengan api kemenangan di tangan.
mereka yang datang beserta kami berhamburkan airmata.
atas tekanan hati luka ingin lupa dari duka.
biar kami kisahkan pada kau seribu kisah.
tentang kehidupan hantu berkeliaran malam.
biar kami lupakan cinta kami seribu lupa.
tentang gadis pembeli cinta maduan.
kami datang dengan pintu condong ke muka.
kami sudah berjanji kepada angin yang selamanya bertiup.
        dari lembah mati.
kamilah kini penyambung buluh.
saluran seni yang mengalir dari kau punya aku.

Kau yang kini tak lagi bisa dendang.
dengarlah dendang kami pada ombak arus memutih.
dan pada wangi tanjung bersebar pagi.
kau mati dalam riba seni.
jiwamu bertukar pada lapis udara yang kami hirup.
dan pada titis nyala pelita serta degup pembakar cita.
kau ada di hitam ada di putih.
ada di daging dara jadi satu.
bicaralah pada kami pada angin lepas daratan.
jika bintang beralih rupa jadi impian.
nanti kami bisa lepaskan kisah lagi seribu peri.
kami jagakan kau di tiap pagi puja.
kau dikenang.
kami menggenang antara kau.
dan kami Cuma imbauan angin malam pembawa wewangian.

Kau sekarang api.
api dari semua yang nyala.
dari semua jiwa yang kami reguk bersama dengan degub mati hidup.
berilah kami pengertian tentang ini kisah yang tidak
        akan punya akhir.

Oleh. Djamil Soeherman.
28 April 1949-28 April 1953.
Rewrite. Apero Fublic.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 18 Mei 2020.
Sumber: Djamil Soeherman dan Muhammad Diponegoro. Kabar Dari Langit. Bandung: Pustaka, 1988.
Buat semuanya bagi anda yang ingin mempublikasikan hasil karya puisi atau karya tulis lainnya. Dapat mengirimkan karya tulis anda ke Apero Fublic. Melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com.

Sy. Apero Fublic.