9/30/2020

Julia Anggraini: Cinta Rahasia

Apero Fublic.- Sastra Kita. Kehidupan anak manusia tidak akan lepas dari rasa cinta. Mencintai dan menyayangi seseorang adalah hal yang lumrah atau wajar. Cinta hadir di dalam hati setiap insan tanpa konfromi. Datang pada siapa saja dan untuk siapa saja. Umur, kedudukan, jabatan, strata sosial, jarak, persahabatan dan sebagainya tidak menjadi halangan untuk hadirnya cinta.

Namun perkara cinta tidak semudah kehadirannya. Cinta yang paling sering adalah cinta yang tersimpan di hati seseorang. Untuk mengungkap perasaannya, tentang cinta sunggu berat sekali. Sejujurnya cinta yang memang tulus itu, selalu berada di sisi yang sulit. Sisi dimana cinta itu terjepit diantara kekurangan, kerendahan diri, status, keadaan, ekonomi, semua seakan menindas rasa cinta itu.

Kemudian beberapa rintangan yang berat membuat jiwa tertekan dan berujung air mata. Cinta milik siapa saja, tetapi tidak dapat memiliki semua cinta. Sebab, kita tidak ditakdirkan menulis takdir kita sendiri. Kita hanya dapat berusaha dan berdoa. Orang berkata, sekuat apa kita bertahan, menggenggam, kalau memang bukan jodoh kita akan terlepas jua.

Ketika cinta hadir sebab perkenalan dan pertemanan, kemudian berinteraksi dan saling mengenal lebih jauh. Disinilah sering tumbu benih-benih cinta yang tulus. Disanalah itu cinta muncul dalam keterasingan, namun selalu menuntut untuk kebersamaan. Cinta rahasia bermain diantara hati-hati yang tulus, hati yang lembut, hati yang masih polos.

Cinta rahasia mengintip dari balik sukma-sukma seseorang. Bukan hanya seorang gadis yang menunggu sering memendam cinta rahasia, tetapi begitu juga dengan para perjaka. Maka, ketika semua belum mendapat jawaban, maka doa dan harapanlah yang di panjatkan pada sang pemilik hati, yaitu Allah SWT.

Cinta rahasia tetap di hati, biarlah kemana terbawa arus mimpi. Sampai aku sadar dari mimpi ini, suatu saat nanti. Entah ia yang aku harap, mungkin yang lain sudah Allah persiapkan. Sebab, keikhlasan bersama hati yang mencintai karena Allah, kan selalu menanti.

CINTA RAHASIA

Karna dikau ku ada.
Disaat menulis ini, aku tak tahu apa yang harus kumulai.
Saat membicarakan tentangmu.
 
Tentang dikau yang selalu menghantui setiap langkahku,
Nafasku, fikiranku yang entah tak menentu karnamu.
 
Apakah benar rasa ini yang engkau ciptakan ya rabb,
Disaat ku tak kuasa melihat wajahnya.
Walaupun dikejauhan mata memandang.
Dengan berbatas kaca.
Sungguh aku tak kuasa.
 
Duhai dikau seseorang yang ku kagumi dalam diam,
Apakah engkau rasakan sama dikala ku ada.
Ataukah hanya sekedar semu yang hilang begitu saja.
Aku tak tau.
 
Yang pasti karna dikau ku ada.
Walaupun ku sadar,
Bahwa emas tak setara dengan loyang.
Cukup doa dan mengikhlasnya.
Semuanya kepada yang telah menciptakanmu,
Itu saja sudah buatku tenang.
Teruntuk kamu yang saat ini ku kagumi.
Yang membenam di hati.

Sekilas tentang penyair, dia bernama Julia Anggraini, bole dipanggil Juli atau Angraini. Sekarang penyair sedang kulia di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, dengan bidang studi jurusan Ilmu Al-Quran dan tafsir. Penyair cantik ini lahir di Kota Palembang pada tanggal 22 Juli 1996.

Warna kesukaannya adalah warna pink, putih, ungu. Sedangkan boneka kesukaannya, yaitu boneka Marsha. Dia menyukai boneka Marsa sebab boneka Marsha itu lucu, cantik dan indah, dan lincah. Untuk pesan-pesannya, tetaplah bersemangat dalam menjalani hidup, jangan menyerah dan berputus asa, ingatlah bahwa setiap lelahmu akan menjadi lillah, keep happy and smiling.

Kalau moto hidup, dia bilanga “be you're self.  Berbicara tentang makanan, Juli menyukai  masakan ibu. Maka apa yang dimasak oleh ibu itulah makanan favoritnya. Dahulu waktu kecil dia punya cita cita, ingin menjadi dokter, bahkan keinginan itu pun timbul sampai ke jenjang Madrasah Aliyah.

Maka dia suka sekali pelajaran IPA, seperti biologi, matematika, fisika dan kimia. Walaupun itu ribet tapi ia tetap semangat. Namun saat dia menginjak masuk dunia perkuliahan ternyata saya menyadari bahwa agama lah yg paling penting dari segalanya.

Oleh. Julia Anggraini
Editor. Selita, S.Pd
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 24 Desember 2018.


Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment