9/01/2020

Aturan dan Etika Saat Mendaki Atau Berkunjung Ke Bukit Pendape

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Dimana bumi diinjak di situ langitu dijunjung. Pepata ini memberi nasihat untuk kita semua dalam bersosial masyarakat dimana kita datangai atau kita kunjungi. Setiap tempat memiliki aturan dan norma-norma yang berlaku.

Sehingga kita sebagai manusia yang berpikir dan berahlak. Patut untuk mentaati norma-norma tersebut. Sekarang kita berbicara tentang norma berkunjung ke sebuah kawasan wisata alam. Tentu saja, aturan menyesuaikan dengan kondisi alam setempat.

Aturan bukan mempersulit tapi justru memperbaiki agar kebaikan kita nikmati bersama-sama. Berikut ini adalah tata cara atau aturan berkunjung dan mendaki ke kawasan Wisata Alam Bukit Pendape.

ATURAN PENDAKIAN BUKIT PENDAPE.

1.Setiap pengunjung atau pendaki Bukit Pendape harus memiliki kesadaran untuk bersikap; sopan. Sopan dalam bertingkalaku atau perbuatan. Sopan cara berpakaian, dan sopan dalam berkata-kata.

2.Setiap pengunjung dilarang membawa tisu basa.

3.Setiap pendaki diwajibkan melapor saat hendak mendaki atau pulang mendaki pada anggota basecame atau pos pendakian Bukit Pendape.

4.Untuk pengunjung yang memiliki riwayat penyakit fatal, misalnya penyakit jantung akut, dan gangguan pernafasan aku diharapkan tidak mendaki.

5.Setiap pengunjung atau pendaki wajib mendaftarkan barang-barang yang dibawa saat mendaki.

6.Setiap pendaki dilarang berbuat yang amoral; seperti mesum, bermesraan dengan pasanga. Dilarang berkata kotor dan berbuat kurang ajar pada wanita.

7.Ikut menjaga dan mewaspadai kebakaran hutan atau penyebab kebakaran hutan. Seperti jangan membuang puntung rokok sebelum apinya dimatikan. Jangan membuat api atau perapian.

8.Dilarang membawa: Setiap pendaki dilarang membawa senjata tajam, senjata api dan sejenisnya. Dilarang membawa atau mengkonsumsi semua jenis NARKOBA dan MIRAS.

9.Setiap pendaki harus menjaga kebersihan lokasi sekitar keramaan kunjungan. Jangan melakukan BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang Air Kecil) sembarangan.

10.Di larangan mengambil tetumbuhan dan satwa liar di Bukit Pendape. Kecuali mengambil foto dan video saat mendaki dan berkunjung. Dilarang meninggalkan apa pun kecuali meninggalkan jejak. Jangan membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik. Bawak kembali turun sampah plastik Anda.

ETIKA DALAM PENDAKIAN ATAU BERKUNJUNG

1.Menghormati dan Bersikap Sopan Pada Pengunjung Lainnya.
Diharapkan pada semua pendaki atau pengunjung Bukit Pendape berlaku baik pada satu sama lain sesama pendaki. Berbuatlah hal baik serta saling membantu apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Menjaga kesopanan dan saling menghormati sesama pengunjung.

2.Menghormati Kehidupan Alam Liar
Di harapkan semua pengunjung menghormati kehidupan alam liar. Seperti jangan merusak semak atau tumbuh-tumbuhan bagaimana pun caranya. Apabila menemukan sarang satwa liar, seperti sarang burung, sarang tupai. Semua pendaki atau pengunjung dilarang merusak dan mengganggu apalagi sampai mengambil.

3.Biarkan Saja Apa Yang di Lihat dan di Temukan.
Setiap pengunjung dilarang mengubah atau merusak serta mencoret: papan nama petunjuk atau nama pohon. Dilarang mencoret batu-batuan. Dilarang mencabut atau mengambil flora dan fauna saat berkunjung.

Jangan melukai batang pohon dan jangan menyentuh hewan terutama telur burung dan anak burung. Sebagai peringatan: Kawasan wisata alam Bukit Pendape adalah kawasan konsevasi hutan dan hutan lindung. Sehingga pelaku dapat dikenakan tuntutan hukum sesuai hukum yang berlaku.

4.Menjunjung Tinggi Adat Istiadat
Dalam berkunjung kita diharapkan menjunjung tinggi adat istiadat agar tercipta iklim pariwisata yang sehat. Tidak merusak citra tempat wisata. Tidak menimbulkan prasangka negatif dalam masyarakat terhadap Wisata Alam Bukit Pendape Lestari. Dengan demikian adat istiadat kita jaga dan diterapakan. “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.”
 
Demikianlah aturan-aturan berkunjung atau mendaki ke atas Bukit Pendape. Diharapkan semua pengunjung mengerti dan menghormati. Agar tercipta kenyamanan bersama kita dalam menjaga kasawan wisata alam Bukit Pendape. Selamat berkunjung dan nikmati hari libur Anda dengan bahagia. Salam lestari.
 
Oleh. Padli. S.Pd.
Editor. Desti. S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Sekayu, 02 September 2020.
Sumber: Bukit Pendape. Kelompok Wisata Hutan Bukit Pendape Lestari. Ketua Pelaksana; Aprianto.
 
Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment