8/28/2020

Mengenal Wisata Bukit Mangkol Bangka Belitung

Apero Fublic.- Bangka Belitung. Mengenal wisata alam di Bukit Mangkol. Kawasan Bukit Mangkol terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Tengah, Kecamatan Simpang Katis, Desa Terak. Dari google map jarak Bukit Mangkol dengan Kota Pangkal Pinang hanya sepuluh kilometer dengan lama perjalanan kurang lebih 20-30 menit.

Dikutif dari wowbabel.com kawasan wisata Bukit Mangkol pernah mengalami kerusakan parah. Dimana air terjun sempat menjadi keruh dan banyak sampah dialiran air. Selain itu, perburuan satwa dan perambah flora hutan juga terjadi.

Membuat kondisi alam menjadi rusak dan satwa ada yang terancam puna, mentilin. Beruntung hadir kelompok pemuda peduli lingkungan Bukit Mangkol, "Bujang Squad" yang peduli terhadap konservasi alam.

Rusaknya hutan akan mengancam ketersediaan air bersih. Sebab tidak ada lagi kawasan resapan air. Apabila terjadi hujan, air akan langsung mengalir sekaligus ke hilir. Terkadang menyebabkan bencana banjir atau banjir bandang. Maka dari itu, mari kita jaga alam dan hutan dikawasan konservasi, hutan lindung, dan kawasan lahan gambut.

Bukit Mangkol atau juga disebut Gunung Mangkol diperkirakan memiliki luas area kurang lebih 6.009,51 hektar. Terdiri dari jajaran perbukitan yang meliputi, Bukit Pau, Bukit Tengkorak, Bukit Kelambu, Bukit Anyir, Bukit Berambai, Bukit Gadong, Bukit Mata Ayam dan terakhir Bukit Tanyas.

Ada hewan endemik Indonesia di pulau Bangka, yaitu Mentilin. Semoga kawasan konsevasi alam Bukit Mangkol terjaga dan satwa mentilin tidak punah. Mentilin memiliki nama ilmia tarsius bancanus yang merupakan hewan endemik Indonesia yang juga terdapat di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Mentilin juga ditetapkan sebagai fauna identitas Provinsi Bangka Belitung.

Bukit Mangkol berstatus sebagai hutan lindung. Sehingga memiliki berbagai aturan-aturan dan hukum. Namun ada sedikit hambatan untuk kelestarian hutan. Misalnya perambahan hutan, pencurian kayu, dan perburuan satwa.

Sebagai saran, agar pemerintah melakukan edukasi dan pemberdayaan masyarakat setempat. Misanya mereka dipekerjakan sebagai penjaga hutan dan sebagai karyawan konservasi. Sehingga mata pencaharian mereka beralih tidak lagi bergantung pada sistem ladang dan perkebunan.

Air terjun di Bukit Mangkol terdapat tiga lokasi yang sering dikunjungi warga. Di hari libur pengunjung akan banyak datang untuk berlibur. Transportasi: untuk saat ini menuju lokasi air terjun baik dengan sepeda atau sepeda motor.

Sedangkan kendaraan jenis mobil sebaikanya dengan sopir handal. Pada pemandian kedua yang paling banyak dikunjungi. Ada terdapat gazebo yang bisa disewa pengunjung dengan harga terjangkau.

Saat Anda berkunjung ke Bukit Mangkol dan ke lokasi air terjun. Agar jangan membuang sampah plastik sembarangan, bawak kembali turun sampahnya. Hati-hati dengan penggunaan api, terutama musim kemarau.

Jangan berbuat mesum dan amoral lainnya. Jangan membawa minuman keras, jangan membawa semua jenis narkoba. Hindari sifat berlebihan dan jaga keselamatan. Selamat menjelajah alam dan cintai alam.

Oleh. Padli. S.Pd.
Editor. Selita. S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Musi Banyuasin, 29 Agustus 2020.
Foto. Doc. Ali Akbar. Bukit Mangkol, Bangka Belitung.


Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment