7/13/2020

Idealisme, Akurasi dan Seni Seorang Wartawan

Apero Fublic.- Menjadi seorang jurnalis atau seorang wartawan tidak semudah yang dibayangkan. Tidak cukup hanya berbekal data dan wawancara saja. Namun seorang wartawan harus memiliki tiga pokok dalam mengembangkan sebuah tulisan yang baik, bermanfaat, dan menyenangkan.

Idealisme akan sangat menonjol dalam tulisan seorang jurnalis. Dimana ilmu pengetahuan, kejujuran, adalah yang harus dikalaborasikan sehingga mampu menghadirkan informasi yang bermakna. Apabila pada bidang berita akan memberikan kejelasan tulisan, makna dan maksud sehingga pembaca akan mengerti maksud dari isi tulisan dan berita. Kejujuran akan memberikan nilai tersendiri dan wibawa ditengah masyarakat.

Akurasi adalah suatu nilai dasar yang harus selalu diterapkan tanpa syarat, baik oleh wartawan atau editor berita dan tulis. Akurat yang dimaksud harus mendapat informasi yang pasti sehingga tidak dapat dibantah. Wartawan atau seorang jurnalis harus menghindari perbuatan menduga, mengira, atau berspekulasi tanpa dasar.

Apabila hal tersebut dilakukan dia akan dianggap pembohong atau pembual dan berdampak pada keberlangsungan karirnya sendiri. Usahakan mendapat sumber dari sumber utama dan disertai dokumentasi data, baik tertulis, foto, rekam suara, dan video.

Sedangkan seni adalah teori dalam merangkai dan menyusun naska tulisan. Tulisan tidak terlalu panjang dan tidak pendek. Wartawan harus hemat kata-kata tapi harus panjang makna. Tulisan singkat dan padat. Pencarian judul yang menarik dan tidak terlalu lebay. Sehingga nilai berita menjadi baik dan benar. Seni dalam dunia jurnalis dan wartawan sangat dibutuhkan. Seni dunia jurnalis akan berkembang seiring waktu wartawan tersebut berkarir.

Sekian dari saya, dan semangat terus untuk tim Apero Fublic. Walau bekerja secara daring dan melalui zoom dalam berinteraksi. Semoga usaha kita tetap berjalan terus. Tiada henti sampai kita mencapai puncak mimpi. Selamat berjuang, dan salam kompak selalu.

Oleh. Totong Mahipal.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang. 13 Juli 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment