7/13/2020

Tanggung Jawab Seorang Wartawan

Apero Fublic.- Menjadi seorang wartawan bukan hanya berpikir membuat berita dan mencari makan. Tetapi profesi sebagai seorang wartawan atau jurnalis lebih besar dari itu. Seorang wartawan memiliki tanggung jawab-tanggung jawab di tengah masyarakatnya. Sehingga memerlukan kejelian dan kebijakan dalam menerbitkan berita atau informasi.

Tanggung jawab pertama adalah tanggung jawab moral. Tanggung jawab moral dalam profesi sebagai wartawan adalah memperhatikan dampak buruk atas yang akan diberitakan pada masyarakat. Sehingga jangan sampai berita menjadi kegaduhan ssosial pada masyarakat. Baik itu kegaduhan secara pisik atau kegaduhan secara non fisik. Dari berita yang dibuat dengan tujuan mempengaruhi orang lain atau individu, kelompok untuk berbuat buruk pada kelompok yang lain.

Tanggung jawab akan akibat sastra yang dia terbitkan. Apabila memunculkan konten yang merusak moral akibar konten maka sebaiknya konten tersebut tidak perlu diberitakan. Seperti misalnya promo perdagangan manusia, dan sastra yang buruk merusak norma-normasusilah yang baik.

Tanggung jawab secara pribadi pada media dimana dia berkerja. Seorang wartawan harus memiliki tanggung jawab menjaga nama baik media dimana dia bekerja. Apabila sebuah nama dirusak maka akan merugikan perusahaan dimana dia menjadi wartawan.

Tanggung jawab atas kebenaran konten berita atau informasi. Tidak melanggar hak cipta orang lain. Jujur dalam penyampaian dan dokumentasi. Jujur pada sumber dimana menggali dia informasi. Sehingga terjadi transparansi literasi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Tanggung jawab pada demokrasi dan HAM setiap individu. Seumpama tidak boleh menghakimi sepihak dan berita harus berimbang. Misalnya kalau memberitakan rusaknya jalan kemudian lambannya pemerintahmenanggani. Maka, harus di cari tahu mengapa lamban menanggani dan juga harapan dari rakyat. Atau disebut dengan posisi netral. Wartawan juga harus independen tanpa ada pihak ketiga.

Selamat bertugas rekan-rekan wartawan Apero Fublic. Semoga jalan yang baik menanti perjuangan media kita dalam menyuarakan keadilan dan kebenaran. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan dan kebersihan dalam kondisi wabah virus corona ini. Semua lelah kalian akan menjadi berkah di masa yang akan datang. Memetik buah dari perjuangan yang keras dan keiklasan kalian.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang. 13 Juli 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment